Sunday, February 17, 2019
no image


Pengetahuan tentang  reng piston 

Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi guys !
Ngomog-ngomong soal ring piston , pada umumnya tersusun dari dua bagian . Yakni ring kompresi dan rig oli . Dimana ring kompresi berfungsi sebagai perapat kompresi alias pencegah kebocoran kompresi , dan ring oli berfungsi sebagai untuk menahan dan mengikis oli agar oli tidak ikut masuk keruang bakar pada saat piston begerak naik turun .
Oke , setelah mengetahui fungsinya , tidak ada salahnya kita mengetahui juga cara pasangnya . Karna pemasangan yang salah dapat menyebabkan ring bisa patah !
Sebelumnya ring piston motor 2 tak dan 4 tak memiliki perbedaan . Yakni peda piston 2 tak hanya terapat 2 buah ring . Keduanya merupakan ring kompresi .
Ingat , tebal 2 ring tersebut berbeda . Ring atas lebih tipis . Pada piston 2 tak , perhatikan nok penahan alur ring . Nok berfungsi menahan agar ring tidak bergeser . Ketika memasang ring , perlu juga perhatukan cekungan pada ring . Cekungan menghadap keatas ( muka piston ) . Kalo terbalik ring ga bisa dipasang . Bahkan bisa patah . Pada ring piston 4 tak , terdapat ring pembilas oli . Jadi pada piston 4 tak terdapat 5 buah ring . Yakni 2 ring kompresi , 2 ring penahan tipis , dan 1 buah ring spacer alias ring oli atau bisa juga disebut ring cacing . Cara pasangnya , pasang ring oli , lalu ring tipis pada bagian atas dan bawah ring oli . Lalu ring ompresi kedua setelah itu ring kompresi pertama .
Oh ya , pada piston 4 tak tidak terdapat nok penahan . Tapi arahcelah tiga ring haram sejajar . Paling gampang acak celah ring membentuk 60 derajat .
Setelah itu pasang pen piston diikuti spi pen piston . Lumuri piston dengan oli mesin untuk pelumasan pertama . Jangan lupa perhatikan tanda pada piton . Tanda panah menghadap luang buang .
Jangan terbalik ya !
Wassalam
Read more
Monday, February 11, 2019
no image


BORE UP TAPI TETAP IRIT

Assalamualaikum Wr.Wb
Kemajuan zaman memang , sepeda motor saat ini semakin canggih , mulai dari teknoligi full injection , hingga transmisi otomatis alias matic . By The Way , membahas soal motor ompong alias matic , banyak orang yang mengeluh tentang  bahan bakar yang bisa dibilang boros , padahal yah bisa dibilang wajar boros , karena kebanyakan pengguna sepeda motor matic membetot grip gas lebih dalam untuk mencapai top speed yang di inginkan , sehingga bahan bakar yang dibutuhkan pun lebih dari biasanya dan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros .
Nah , kali ini admin akan memberikan tips mengenai cara irit matic dengan bore up , atau lebih beken disebut borit alias bore up irit  . Buat yang belum mengetahui apa itu bore up , nih admin kasih sedikit penjelasan .
Bore up adalah upaya memperbesarkapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter piston . Misalnya piston standar 50mm dengan langkah 55mm = 108 cc , jika diganti dengan piston berukuran 58mm dan langkah tetap 55mm , maka menjadi 145cc  , Itulah bore up .
Lalu bagaimana cara membuat bore up irit ? Simak tips berikut ;
1. Setting Kompresi
Kunci kesuksesan bore up irit terletak pada seting rasio kompresi ,. Sebab dengan pembesaran piston, mesin cenderung over compression . Mesin teriak , akselerasi bertambah tapi top speed biasanya mandeg . Untuk menghindaringya Rasio kompresi mesti dikembalikan mendekati standar . Caranya dengan memperbesar ruang bakar .
2. Noken As
Ini juga salah satu syarat borit , Noken As mesti diatur ulang durasi dan liftnya . Jika tidak mengerti cara atur ulangnya Anda bisa datang ke bengkel NUANSA MOTOR yang beralamat di Jalan Teuku Umar arah RSUD Hanafie  Bungo untuk membuat Noken As borit , atau bahkan belajar membuat Noken As itu sendiri .
3. Knalpot Boleh Standar
Borit itu asyik !! Mengapa demikian ?? Karena meskipun cc naik , knalpot standar pun masih oke dipakai . Jadi gimana ? Mau Borit ?
Semoga Bermanfaat .
Wassalam .
Read more
Wednesday, February 6, 2019
no image


PENERIMAAN SISWA KURSUS MEKANIK   TAHUN 2019.

Alhamdulillah Nuansa Motor Engineering School Kursus Mekanik  Sepeda Motor adalah lembaga Pelatihan Keterampilan Swasta di Provinsi Jambi yang kegiatannya memberikan pelatihan mekanik sepeda motor, Sudah sampai pada angkatan 29, Semoga tetap memberikan manfaat, mencerdaskan dan mencerahkan serta dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Syarat Pendaftaran
 1. Mengisi Formulir Pendaftaran
2. Pas Fhoto 4x6 Warna 4 Lembar
3. Foto Copy Ijazah terakhir atau Identitas diri seperti KTP / KK/ SIM,
4. Laki - Laki

Fasilitas yang didapatkan
1. Penginapan GRATIS bagi siswa yang berasal dari luar daerah
2. Kemeja / Jersey Team Balap
3. Waktu Belajar Boleh Pilih Pagi atau Siang
4. Perlengkapan Belajar dan Alat Tulis GRATIS
5. Siswa Terbaik Langsung Kerja.

Jurusan :
1. Mekanik Profesional
2. Modifikasi Mesin Motor Balap
3. Las dan Bubut


Lama Belajar ;
 Belajar Reguler sampai Bisa rata rata 3 Bulan

Total Biaya Belajar Sampai bisa Mandiri (buka usaha sendiri)  Rp. 4.000.000 ( empat Juta Rupiah )
untuk fakir miskin/ tidak mampu Gratis.. dengan menunjukkan rekomendasi dari Panti Asuhan atau Badan Sosial.

info :
hp/Wa ; 085266010191
fb. Sutarman Nuansa.

Read more