PENGETAHUAN TENTANG GIGI RASIO
PENGETAHUAN TENTANG GIGI RASIO
Assalamualaikum wr.wb
Gigi rasio .. hmm . Ya ! Salah satu piranti penting yang
sering diganti oleh para mekanik balap , tentu dengan tujuan bikin motor tambah
oke punya. Namun , dalam penggantian gigi rasio tentu ada hitung-hiungan nya
agar tidak salah pilih mengganti gigi rasio . Salah beli fatal akibatnya !
Motor yang harusnya kuenceng
kayak kilat , jadi lemot kayak
kura-kura . haha !
So , dalam
kesempatan ini Admin akan berbagi mengenai tips memilih gigi rasio berdasakan
peruntukkan nya , yakni road race , dragbike dan korek harian . Yuk kita intip
satu-persatu !
ROAD RACE
Banyak mekanik bilang , untuk balap road race perbandingan
gigi harus lebih ringan .
Biasanya buka-tutup gas sering terjadi . Rpm mesin dipaksa
buat main putaran bawah juga . Akhirnya tenaga mesin butuh ditopang rasio
enteng .supaya rpm lebih cepat naik . Larinya juga tak ngedrop saat pindah
persneling . Mengakalinya mekanik banyak yang hanya bermain di gigi rasio 2 dan
3 saja . artinya gigi 2 makin dekat dengan gigi 1 dan gigi 4 lebih dekat dengan
gigi 3 .
DRAG RACE
Buat drag race , justru rasio dibuat lebih berat . Itu
karena dibutuhkan rpm yang tinggi . Selain itu kmpresi juga dibuat lebih tinggi
dari road race . Nah pakai rasio berat nafas lebih panjang . Tinggal akali
komposisi final gear .
KOREK HARIAN
Bisa dibilang ini merupakan paduan dari dua karakter road
race dan drag bike . Karena motor kohar ( korek harian ) ada juga yang biasa
main di lintasan 800 meter lebih . Akibatnya motor butuh nafas panjang
ketimbang road race dan drag . Biasanya gigi 2 dan 3 main di rasio standarnya .
Begitu …
Semoga Bermanfaat
Wassalam