Thursday, March 19, 2020
no image


PENGETAHUAN TENTANG GIGI RASIO

Assalamualaikum wr.wb
Gigi rasio .. hmm . Ya ! Salah satu piranti penting yang sering diganti oleh para mekanik balap , tentu dengan tujuan bikin motor tambah oke punya. Namun , dalam penggantian gigi rasio tentu ada hitung-hiungan nya agar tidak salah pilih mengganti gigi rasio . Salah beli fatal akibatnya !
Motor yang harusnya kuenceng kayak kilat , jadi lemot kayak kura-kura . haha !
So , dalam kesempatan ini Admin akan berbagi mengenai tips memilih gigi rasio berdasakan peruntukkan nya , yakni road race , dragbike dan korek harian . Yuk kita intip satu-persatu !
ROAD RACE
Banyak mekanik bilang , untuk balap road race perbandingan gigi harus lebih ringan .
Biasanya buka-tutup gas sering terjadi . Rpm mesin dipaksa buat main putaran bawah juga . Akhirnya tenaga mesin butuh ditopang rasio enteng .supaya rpm lebih cepat naik . Larinya juga tak ngedrop saat pindah persneling . Mengakalinya mekanik banyak yang hanya bermain di gigi rasio 2 dan 3 saja . artinya gigi 2 makin dekat dengan gigi 1 dan gigi 4 lebih dekat dengan gigi 3 .
DRAG RACE
Buat drag race , justru rasio dibuat lebih berat . Itu karena dibutuhkan rpm yang tinggi . Selain itu kmpresi juga dibuat lebih tinggi dari road race . Nah pakai rasio berat nafas lebih panjang . Tinggal akali komposisi final gear .
KOREK HARIAN
Bisa dibilang ini merupakan paduan dari dua karakter road race dan drag bike . Karena motor kohar ( korek harian ) ada juga yang biasa main di lintasan 800 meter lebih . Akibatnya motor butuh nafas panjang ketimbang road race dan drag . Biasanya gigi 2 dan 3 main di rasio standarnya . Begitu …
Semoga Bermanfaat
Wassalam

Read more
Saturday, February 29, 2020
no image


MENGAPA MOTOR NGEBUL DI PAGI HARI...?
Asalamualaikum wr.wb
Pagi-pagi hidupkan motor , tiba-tiba ngebul . Keluar asap putih dari knalpot !
Tapi ngebulnya hanya disaat mesin awal dihidupkan , tidak terus menerus !!
Jangan bingung atau panik , apalagi sampe nelpon pemadam kebakaran , lebay deh !! hehe
Maka dari itu , coba deh simak tulisan admin kali ini . Semoga bermanfaat !
Asap putih pada sepeda motor 4 Tak terjadi karena adanya oli pelumas yang ikut terbakar diruang bakar .
Nah seharusnya pada sepedamotor 4 tak yang dibakar hanya bahan bakar murni . Tidak seperti mesin 2 tak . Dimana piston dilumasi oli bersamaan dengan bahan bakar .
Kembali ke topik ,penyebab dari motor ngebul pada saat dihidupkan antara lain sebagai berikut ;
1 . Keretakan pada dinding piston  . Tepatnya di bagian got ring piston .
Dengan begitu , kompresi sedikit bocor . Oli yang bertugas melicinkan kinerja piston ikut naik ke permukaan peston dan terbakar . Karena hanya sedikit yang terbawa , maka ngebul hanya terjadi pada saat awal dihidupkan.
2 . Ring oli , atau biasa disebut ring cacing . Disebut demikian karena bentuknya seperti spiral atau  cacing merayap . hiii .
 Jika piranti ini tak berfungsi dengan baik , maka oli akan naik ke kepala silinder dan ikut terbakar . Ngebul deh ..
3 . Bosh klep , bosh yang dimaksud tentunya bukan bos alias orang berduit . Tapi bosh dudukan batang klep . Jika bosh sudah longgar atau oblak , otomatis oli masok keruang bakar . Begitu …
4. SIL KLEP yang sudah aus atau mengeras.. silahkan ganti ya..
Semoga Bermanfaat
Wassalam

Read more
Monday, February 24, 2020
no image


Bore x Stroke Penentu Karakter Mesin
Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Dahsyat !
Pagi yang dingin . . .
 Cuaca yang sangat bersahabat untuk memulai aktifitas harian kita semua , oke sip !!
Pagi ini admin akan berbagi pengetahuan mengenai pengaruh bore dan stroke terhadap karakter mesin .
Bagi yang belum mengetahui apa itu bore dan stroke , begini penjelasannya ;
Stroke , disebut langkah atau gerakan naik turun piston dari TMA ( Titik Mati Atas ) sampai TMB ( Titik Mati Bawah ) , atau 180 derajat putaran as kruk .
Bore ,  yakni diameter piston . Contoh pada brosur sepeda motor terdapat tulisan
bore x stroke : 50 x 55 , hal tersebut berarti diameter ( bore ) piston motor tersebut adalah 50mm dan langkah ( stroke ) adalah mm . Gitu . . .
Nah , dari rasio antara diameter ( bore ) dan langkah ( stroke ) , ketahuan karakter mesin . Yakni ;
Oversquare , jika bore dibagi stroke angkanya lebih dari satu
Contoh ; Sepeda Motor dengan bore 63,5 dan stroke 50 , maka 63,5 : 50 = 1,27
Karakteristik dari oversquare yakni power lebih terasa pada RPM menengah keatas                                             
Undersquare , jika bore dibagi stroke kurang dari satu
Contoh ; Sepeda Motor dengan ukuran bore 50 dan stroke 55 , maka 50 : 55 = 0,90
Karakteristik undersquare yakni power terbaik berada pada RPM bawah hingga menengah
Square , jika ukuran bore dan stroke sama , karakteristiknya power yang stabil dari RPM bawah hingga RPM atas .
Jadi , dari karakteristrik tersebut anda dapat memilih karakteristik sepeda motor mana yang dibutuhkan .
Sekian ,
Selamat Pagi , Salam Dahsyat !
Wassalamualaikum Wr.Wb


Read more