JENIS-JENIS
SISTEM KATUP
1.
SOHC(single over head chamshaft) adalh jenis system
katup yang menggunakan 1 buah nocken as yang terpasang di kepala silinder dan
kedua katupnya juga terpasang di kepala silinder,seperti sepeda motor GL
pro,TIGER,Supra,Jupiter,Shogun,smash,dll
2.
DOHC(Double Over Head Chamshaft) adalah system katup
yang menggunakan 2 buah nocken as yang terpasang di kepala silinder dan katupnya jga dipasang di kepala silinder
seperti sepeda motor satria fu, cbr
3.
OHV(Oveer Head Valve) adalah system katup dimana 2 buah
klep berada di kepala silinder,tetapi nocken asnya di bagian crankcase,seperti
sepeda motor CG,Happy,dll.
4.
SV(Said Valve)adalh system katup dimana poros nocken as
dan katupnya tidak berada di kepala silinder,melainkan di samping kepala
silinder,seperti mesin robin dll. K
Keuntungan
dari system OHC(DOHC dan SOHC) bila dibandingkan dengan OHV adalah konstruksi
katup dan kelengkapannya lebih sederhana,karena katup langsung berhubungan
dengan nocken as yang di hubungkan melalui piano klep,pembukaan katup lebih
stabil dan kesalahn timing kecil sekali. Poros nock berputar dengan mengambil
putaran poros engkol,yang dihubungkan dengan rantai penghubung(chaint
belt)tetapi kelemahan menggunakan chaint belt adalah,apabila rantai kendur
mengakibatkan kesalahan timing,oleh karena itu,pabrik mengatasinya dengan vibration
damper dan tensioner.
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191