Monday, March 18, 2019
no image


DAFTAR KODE RANTAI MOTOR

Assalamualaikum  Wr.Wb...semangaattt pagi ...salam kuku hitam....
Rantai, merupakan suatu komponen vital pada sepeda motor . Berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda belakang . Namun tahukah anda , bahwasanya rantai memiliki spesifikasi khusus , sehingga tidak semua rantai dapat digunakan pada sepeda motor tertentu . Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut .
Sepeda motor pada umumnya memiliki spesifikasi , bentuk , dan fungsi yang berbeda beda . Maka dari itu , spesifikasi dari rantai itu sendiri tentu berbeda  . Lihat saja ditoko onderdil misalnya , ada rantai berkode 415 , 420 , 428 , dan 520 .  Angka tersebut merupakan kode di rantai .
 Angka pertama menunjukkan jarak antara pitch atau pin mata rantai .  Contoh rantai 428 jarak antar pitch nya 0,5 inci atau 12,7mm . Ini berlaku sama pada rantai 415 dan 420 .
Agka berikutnya menunjukkan lebar sisi dalam pelat rantai . Misal di rantai 415 elebar 4,77 , dan rantai 420 menunjukkan 6,33 . Makin besar angka rantai pasti tambah lebar .
Jika dibelakang kode terdapat huruf , hal tersebut merupakan informasi tambahan atau type produk .  ontoh rantai dengan kode 428H , huruf H berarti rantai tersebut telah direinforced  atau telah diperkuat dengan proses khusus . Umumnya rantai terebut dipakai motor sport .
Soal aplikasi juga dibedain macam kode O yang berarti ada tambahan sil O-ring , MX untuk mototcross , atau ER untuk motor jalanan . Type 420 biasanya untuk motor 80 cc , 428 untuk 100 cc keatas , dan 520 untuk 200 cc keatas .
Satu lagi , warna rantai nggak berpengaruh kepada daya tahan atau kemampuan nya ya !  Karna itu hanyalah pemanis saja . Jadi saat finishing itu diproses coloring untuk warna enas atau perak .
So , jangan salah beli rantai ya !!! 

Read more
Friday, March 8, 2019
no image


Mengatasi tangki bocor

Assalamualaikum wr.wb
Happy weekend bro !!
Tanki motor bocor bikin isi dompet ikut bocor ! Yupz , karena sudah pasti tanki bocor bikin bensin merembes . Akibatnya bensin ada yang terbuang sis-sia . Nah loh , puyeng kan ?
Ganti tanki , jelas kudu pake duit ! Ya iyalah masa pake daun !!
Buat yang ogah ngeluarin duit banyak , mending ikutin tips berikut aja ya !
Oke , kita mulai . Pertama sediakan pelat setebal 1 mm . Monggo dipotong selebar 1 cm , dan panjangnya menyesuaikan ukuran tanki yang bocor .  Nantinya pelat ini berfungsi untuk mempertebal bagian tanki yang rawan bocor .  Bagi yang udah bocor , sekalian bocornya ditambal dengan pelat ini .
Kemudian tarik garis lurus pada tanki yang bocor seukuran pelat yang dibikin tadi , lalu belah atau robek bagian tanki pada bagian yang diberi garis tadi . Sekarang tanki pun berlubang . Loh kok ?
Tenang , setelah itu las pelat tadi pada  bagian yang bolong tersebut .  Gunakan las kuningan , karena las kuningan memiliki titik lebur rendah tapi tetap kuat dan aman menjaga pelat tangki yang tipis agar tetap sip .
Oh ya ! Sebelumnya cuci dulu tanki supaya ngga meledak . Kan bahaya kalo ngelas tapi didalam tanki masih ada bensinya . Bisa kebakaran tuh !   Hehe . .
Semoga bermanfaat
Wassalam
Read more