Monday, March 18, 2019

DAFTAR KODE RANTAI MOTOR


DAFTAR KODE RANTAI MOTOR

Assalamualaikum  Wr.Wb...semangaattt pagi ...salam kuku hitam....
Rantai, merupakan suatu komponen vital pada sepeda motor . Berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda belakang . Namun tahukah anda , bahwasanya rantai memiliki spesifikasi khusus , sehingga tidak semua rantai dapat digunakan pada sepeda motor tertentu . Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut .
Sepeda motor pada umumnya memiliki spesifikasi , bentuk , dan fungsi yang berbeda beda . Maka dari itu , spesifikasi dari rantai itu sendiri tentu berbeda  . Lihat saja ditoko onderdil misalnya , ada rantai berkode 415 , 420 , 428 , dan 520 .  Angka tersebut merupakan kode di rantai .
 Angka pertama menunjukkan jarak antara pitch atau pin mata rantai .  Contoh rantai 428 jarak antar pitch nya 0,5 inci atau 12,7mm . Ini berlaku sama pada rantai 415 dan 420 .
Agka berikutnya menunjukkan lebar sisi dalam pelat rantai . Misal di rantai 415 elebar 4,77 , dan rantai 420 menunjukkan 6,33 . Makin besar angka rantai pasti tambah lebar .
Jika dibelakang kode terdapat huruf , hal tersebut merupakan informasi tambahan atau type produk .  ontoh rantai dengan kode 428H , huruf H berarti rantai tersebut telah direinforced  atau telah diperkuat dengan proses khusus . Umumnya rantai terebut dipakai motor sport .
Soal aplikasi juga dibedain macam kode O yang berarti ada tambahan sil O-ring , MX untuk mototcross , atau ER untuk motor jalanan . Type 420 biasanya untuk motor 80 cc , 428 untuk 100 cc keatas , dan 520 untuk 200 cc keatas .
Satu lagi , warna rantai nggak berpengaruh kepada daya tahan atau kemampuan nya ya !  Karna itu hanyalah pemanis saja . Jadi saat finishing itu diproses coloring untuk warna enas atau perak .
So , jangan salah beli rantai ya !!! 

Friday, March 8, 2019

mengatasi tangki bocor


Mengatasi tangki bocor

Assalamualaikum wr.wb
Happy weekend bro !!
Tanki motor bocor bikin isi dompet ikut bocor ! Yupz , karena sudah pasti tanki bocor bikin bensin merembes . Akibatnya bensin ada yang terbuang sis-sia . Nah loh , puyeng kan ?
Ganti tanki , jelas kudu pake duit ! Ya iyalah masa pake daun !!
Buat yang ogah ngeluarin duit banyak , mending ikutin tips berikut aja ya !
Oke , kita mulai . Pertama sediakan pelat setebal 1 mm . Monggo dipotong selebar 1 cm , dan panjangnya menyesuaikan ukuran tanki yang bocor .  Nantinya pelat ini berfungsi untuk mempertebal bagian tanki yang rawan bocor .  Bagi yang udah bocor , sekalian bocornya ditambal dengan pelat ini .
Kemudian tarik garis lurus pada tanki yang bocor seukuran pelat yang dibikin tadi , lalu belah atau robek bagian tanki pada bagian yang diberi garis tadi . Sekarang tanki pun berlubang . Loh kok ?
Tenang , setelah itu las pelat tadi pada  bagian yang bolong tersebut .  Gunakan las kuningan , karena las kuningan memiliki titik lebur rendah tapi tetap kuat dan aman menjaga pelat tangki yang tipis agar tetap sip .
Oh ya ! Sebelumnya cuci dulu tanki supaya ngga meledak . Kan bahaya kalo ngelas tapi didalam tanki masih ada bensinya . Bisa kebakaran tuh !   Hehe . .
Semoga bermanfaat
Wassalam