mengapa motor tidak ada apinya...01
bismillah...
setelah sekian lama tidak berjumpa... kali ini saya teringat banyaknya pertanyaan dari alumni kursus mekanik nuansa motor engineering school tentang masalah pengapian..
Pertanyaan kira2 seperti ini..
kami ganti aki dengan yang baru tapi hanya bertahan 1 minggu setelah itu elektrik stater tidak nyala dan bahkan 1 minggu kemudian motornya juga tidak nyala / hidup...dan jika di ganti aki yang baru seperti itu lagi..
jaawaban :
sebelum jawab mari srupuut kopinya dulu biar mata terang,,... he...he...he..
jika kasus seperti itu ada beberapa sebab
1. kiprok atau regulatornya rusak
kiprok yang rusak tdak dapat menyalurkan arus menuju aki, karena fungsi kiprok adalah merubah arus AC menjadi DC ( sepul pengisian ber arus ac) sedangkan input ke CDI untuk motor berpengapian sistem CDI DC adalah arus DC... fungsi berikutnya adalah untuk CAS AKI, oleh karena kalau kiprok rusak atau jebol mka aki akan tidak mengisi yang akhirnya aki kehabisan daya..
2. spil pengisian rusak atau terbakar
Spull adalah sumber utama arus di semua motor, ( spull berarus AC) Maka apabila spul rusak tentu tidak menghasilkan arus padahal motor butuh arus.
3. bisa juga Kabel putus..
oleh karena itu lebih telitiu lagi kita cek kabel kabel untuk memastikan arus dapat mengalir dengan sempurna..
seklamat mencoba..
agar lebih jelas buka link YOUTUBE Nuansa motor di sana banyak pelajaran dan lebih gampang untuk memahami...
NUANSA MOTOR BUNGO
setelah sekian lama tidak berjumpa... kali ini saya teringat banyaknya pertanyaan dari alumni kursus mekanik nuansa motor engineering school tentang masalah pengapian..
Pertanyaan kira2 seperti ini..
kami ganti aki dengan yang baru tapi hanya bertahan 1 minggu setelah itu elektrik stater tidak nyala dan bahkan 1 minggu kemudian motornya juga tidak nyala / hidup...dan jika di ganti aki yang baru seperti itu lagi..
jaawaban :
sebelum jawab mari srupuut kopinya dulu biar mata terang,,... he...he...he..
jika kasus seperti itu ada beberapa sebab
1. kiprok atau regulatornya rusak
kiprok yang rusak tdak dapat menyalurkan arus menuju aki, karena fungsi kiprok adalah merubah arus AC menjadi DC ( sepul pengisian ber arus ac) sedangkan input ke CDI untuk motor berpengapian sistem CDI DC adalah arus DC... fungsi berikutnya adalah untuk CAS AKI, oleh karena kalau kiprok rusak atau jebol mka aki akan tidak mengisi yang akhirnya aki kehabisan daya..
2. spil pengisian rusak atau terbakar
Spull adalah sumber utama arus di semua motor, ( spull berarus AC) Maka apabila spul rusak tentu tidak menghasilkan arus padahal motor butuh arus.
3. bisa juga Kabel putus..
oleh karena itu lebih telitiu lagi kita cek kabel kabel untuk memastikan arus dapat mengalir dengan sempurna..
seklamat mencoba..
agar lebih jelas buka link YOUTUBE Nuansa motor di sana banyak pelajaran dan lebih gampang untuk memahami...
NUANSA MOTOR BUNGO