Sunday, December 9, 2018
no image

bismillah...
setelah sekian lama tidak berjumpa... kali ini saya teringat banyaknya pertanyaan dari alumni kursus mekanik nuansa motor engineering school tentang masalah pengapian..
Pertanyaan kira2 seperti ini..
kami ganti aki dengan yang baru tapi hanya bertahan 1 minggu setelah itu elektrik stater tidak nyala dan bahkan 1 minggu kemudian motornya juga tidak nyala / hidup...dan jika di ganti aki yang baru seperti itu lagi..
jaawaban :
sebelum jawab mari srupuut kopinya dulu biar mata terang,,... he...he...he..
jika kasus seperti itu ada beberapa sebab
1. kiprok atau regulatornya rusak
kiprok yang rusak tdak dapat menyalurkan arus menuju aki, karena fungsi kiprok adalah merubah arus AC menjadi DC ( sepul pengisian ber arus ac) sedangkan input ke CDI untuk motor berpengapian sistem CDI DC adalah arus DC... fungsi berikutnya adalah untuk CAS AKI, oleh karena kalau kiprok rusak atau jebol mka aki akan tidak mengisi yang akhirnya aki kehabisan daya..
2. spil pengisian rusak atau terbakar
Spull adalah sumber utama arus di semua motor, ( spull berarus AC) Maka apabila spul rusak tentu tidak menghasilkan arus padahal motor butuh arus.
3. bisa juga Kabel putus..
oleh karena itu lebih telitiu lagi kita cek kabel kabel untuk memastikan arus dapat mengalir dengan sempurna..
seklamat mencoba..
agar lebih jelas buka link YOUTUBE Nuansa motor di sana banyak pelajaran dan lebih gampang untuk memahami...
NUANSA MOTOR BUNGO
Read more
Wednesday, November 7, 2018
no image

bismillah..
alhamdulillah kita jumpa lagi dalam blog NUANSA MOTOR untuk belajar seputar motor.
kali ini kita coba bahas tentang keluhan konsumen yang menyatakan sering mengganti noken as atau camshaft, tidak sampai 1 tahun noken as habis gunungannya padahal olinya naik..
setelah di bongkar dan di teliti, semuanya jalur oli bagus, usut punya usut ternyata klahar noken yang 6003 itu tidak pakai tutup ( kode z) kenapa bisa demikian,?
begini... yang dihadapannya ada kopi silahkan sruput dulu ya...tapi tidak usah merokok ya biar lebih sehat karena mekanik itu sudah kenyang dengan asap kenalpot..he..he..he
siaappp ya,...
klahar atau bearing bagian dalam noken as apabila tidak pakai tutup maka oli tidak fokus memberikan pelumasan ke gunungan noken as yang tersentuh oleh piano klep, oli akan memancar serta menerobos sela sela pelor klahar dan lari keluar noken as, sehingga gesekan yang terus menerus menyebabkan panas dan struktur logam dari noken as berubah jadi lunak sehingga gunungan noken as dan sepatu piano klep (roker arm) aus atau habis al hasil suara motor jika di gas akan terdengar kasar... tapi jika klaharnya menggunakan tutup atau tipe Z maka oli lebih fokus ke noken as..

lihat gambar di bawah ini...

Read more
Sunday, November 4, 2018
no image

bismillah..
alhamdulillah pagi ini dapat kembali menulis blog saya, meskipun hari ini masih sederhana semoga besok bisa menampilkan informasi yang mewah dan bermanfaat.
saudaraku para mekanik dan pecinta otomotif, banyak diantara kita yang masih bingung tentang PENGAPIAN motor baik pengapian untuk motor karnurator maupun motor injeksi.
orang masih belum paham tentang pengapian karena berhubungan dengan kabel kabel, nah,.. kabel inilah yang membuat banyak orang bingung karena kabel yang di gunakan cukup banyak..
sebagaimana juga pada kelistrikan sepeda motor..
hari ini kita bahas ya tentang koil pada motor
koil berfungsi untuk melipat gandakan arus sehingga arus yang di hasilkan mencapai 20.000 volt yang di harapkan akan terjadi lompatan bunga api pada busi untuk menghidupkan mesin
nah... ada perbedaan antara koil motor karbu dan motor injeksi...
dimana letak bedanya..? letaknya adalah pada sumber arus atau input koil..
koil ini sama sama punya 2 arus yaitu positif dan negatif..
di motor karburator katub negatip langsung tersambung ke bodi motor dan katub positif adalah yang berasal dari CDI yang merupakan arus yang putus putus ( ingat ya arus yang putus putus adalah yg positif).. berbeda dengan koil motor injeksi..di koil motor injeksi   arus positif adalah arus langsung berasal dari kontak ( 12 V) maka ketika kontak di hidupkan maka otomatis arus positif 12 v akan langsung masuk ke koil dan untuk mengetahui apakah arus 12 v sudah masuk apa belum bisa kita tes dengan bolam lampu ( katup + disambungkan dengan kabel 12 v yg ke koil dan katup - negatif tempelkan ke bodi maka jika bolam hidup berarti arus positif telah masuk ) gampang kan...? nah...katup satu lagi yaitu katup negatif ke  kooil adalah arus negatif putus putus yang berasal dari ECM / ECU pemutusan arus ini di tentukan ole pulser....gampang kan..../?
selamat mencoba,, kurang jelas boleh kursus..

Read more
Wednesday, April 11, 2018
no image

PENERIMAAN SISWA BARU KURSUS MEKANIK  ANGKATAN  28 TAHUN 2018.

Alhamdulillah Nuansa Motor Engineering School Kursus Mekanik  Sepeda Motor adalah lembaga Pelatihan Keterampilan Swasta di Provinsi Jambi yang kegiatannya memberikan pelatihan mekanik sepeda motor, Sudah sampai pada angkatan 28, Semoga tetap memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia yg tercinta, untuk pendaftaran paling lambat pada tanggal 9 Juli 2018

Syarat Pendaftaran
 1. Mengisi Formulir Pendaftaran
2. Pas Fhoto 4x6 Warna 4 Lembar
3. Foto Copy Ijazah terakhir atau Identitas diri seperti KTP / KK/ SIM,
4. Laki - Laki

Fasilitas yang didapatkan
1. Penginapan GRATIS bagi siswa yang berasal dari luar daerah
2. Kemeja / Jersey Team Balap
3. Waktu Belajar Boleh Pilih Pagi atau Siang
4. Perlengkapan Belajar dan Alat Tulis GRATIS
5. Siswa Terbaik Langsung Kerja.

Jurusan :
1. Mekanik Profesional
2. Modifikasi Mesin Motor Balap
3. Las dan Bubut


Lama Belajar ;
 Belajar Reguler sampai Bisa rata rata 3 Bulan

Biaya Belajar Rp. 4.000.000 ( empat Juta Rupiah )
untuk fakir miskin/ tidak mampu Gratis.. dengan menunjukkan rekomendasi dari Panti Asuhan atau Badan Sosial.

info :
hp/Wa ; 085266010191
fb. Sutarman Nuansa.
Read more