cara buat mesin balap korek harian part 8
Cara Buat Mesin Balap Korek Harian Part 8
Alhamdulillahirobil 'alamin...setelah sekian lama terhenti karena kesibukan, hari ini Rabu tanggal 11 Oktober 2017, saya Owner KURSUS MEKANIK NUANSA MOTOR Muara Bungo Jambi, kembali meneruskan serial cara membuat motor balap korek harian, pada kesempatan ini kita membahas tentang cara menentukan Panjang Batang Klep,
Banyak diantara mekanik pemula yang tidak menyadari bahwa setelah membuat atau memodifikasi noken as yang berarti menaikan tinggi angkatan klep, efek yang di timbulkan adalah terjadi penambahan gerak antara ujung bos klep dengan tatakan dasar topi klep dimana kuku klep berada sehingga pada saat terjadi puncak angkatan klep, maka topi klep akan menekan bos klep yang terjadi adalah ;
1. karet sil klep pecah di tandai dengan keluarnya asap putig pada motor balap kita
2. mentok yang berlebihan menimbulkan noken as tidak bisa berputar ( lift extreme)
3. noken as akan cepat habis bubungannya karena terjadi penekanan yang luar biasa
4. motor balap menjadi berat tarikan atasnya karena ada beban putar yang berlebihan.
lalu bagaimana caranya...?
sebagai mekanik balap yang cerdas maka kita wajib mengetahui dan sadar akan apa yang kita modifikasi..bagaimana rumusnya....?
S = R + 2
S = jarak bos klep setelah di pasang karet sil klep dengan topi klep setelah terpasang kuku klep
R= tinggi Angkatan klep / lift klep
sedangkan R itu sendiri adalah ( tinggi bubungan klep di kurangi lingkar pinggang di kalikan rasio roker arm / R = x-y X RRA )
contoh mudah jika kita memodifikasi noken as jupiter sehinnga di dapat :
Tinggi Bubungan kem 24
Diameter lingkar pinggang 17
Rasio Roker Arm jupiter standar 1: 1,25
maka
S = ( 24-17) X 1.25 + 2
S = 7X1.25 + 2
S = 10.75
Maka jarak antar bos klep dan topi klep adalah 10,75mm
Bagaimana ....? jelas tidak....?
kalau belum jelas datang langsung untuk ikut kursus mekanik
PUSAT PELATIHAN MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO - JAMBI
hubungi hp / wa 085266010191
selamat menikmati suara deruman knalpot..
SUARA KNALPOT LEBIH INDAH DARI KICAUAN BURUNG BURUNG
Alhamdulillahirobil 'alamin...setelah sekian lama terhenti karena kesibukan, hari ini Rabu tanggal 11 Oktober 2017, saya Owner KURSUS MEKANIK NUANSA MOTOR Muara Bungo Jambi, kembali meneruskan serial cara membuat motor balap korek harian, pada kesempatan ini kita membahas tentang cara menentukan Panjang Batang Klep,
Banyak diantara mekanik pemula yang tidak menyadari bahwa setelah membuat atau memodifikasi noken as yang berarti menaikan tinggi angkatan klep, efek yang di timbulkan adalah terjadi penambahan gerak antara ujung bos klep dengan tatakan dasar topi klep dimana kuku klep berada sehingga pada saat terjadi puncak angkatan klep, maka topi klep akan menekan bos klep yang terjadi adalah ;
1. karet sil klep pecah di tandai dengan keluarnya asap putig pada motor balap kita
2. mentok yang berlebihan menimbulkan noken as tidak bisa berputar ( lift extreme)
3. noken as akan cepat habis bubungannya karena terjadi penekanan yang luar biasa
4. motor balap menjadi berat tarikan atasnya karena ada beban putar yang berlebihan.
lalu bagaimana caranya...?
sebagai mekanik balap yang cerdas maka kita wajib mengetahui dan sadar akan apa yang kita modifikasi..bagaimana rumusnya....?
S = R + 2
S = jarak bos klep setelah di pasang karet sil klep dengan topi klep setelah terpasang kuku klep
R= tinggi Angkatan klep / lift klep
sedangkan R itu sendiri adalah ( tinggi bubungan klep di kurangi lingkar pinggang di kalikan rasio roker arm / R = x-y X RRA )
contoh mudah jika kita memodifikasi noken as jupiter sehinnga di dapat :
Tinggi Bubungan kem 24
Diameter lingkar pinggang 17
Rasio Roker Arm jupiter standar 1: 1,25
maka
S = ( 24-17) X 1.25 + 2
S = 7X1.25 + 2
S = 10.75
Maka jarak antar bos klep dan topi klep adalah 10,75mm
Bagaimana ....? jelas tidak....?
kalau belum jelas datang langsung untuk ikut kursus mekanik
PUSAT PELATIHAN MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO - JAMBI
hubungi hp / wa 085266010191
selamat menikmati suara deruman knalpot..
SUARA KNALPOT LEBIH INDAH DARI KICAUAN BURUNG BURUNG