FUNGSI BAGIAN-BAGIAN CARBURATOR
a.
AIR SCREW
Scrup udara
atau airscrew berfungsi untuk mengatur suplai udara dari lubang kecil di
moncong karburator ke pilot jet.oleh karena itu,saluran langsung menuju ke
rumah pilot jet,jadi udara masuk pada saat mesi stasioner melalui bay pass
langsung kerumah pilot jet(tenaga isapnya tetap memanfaatkan gaya facum)lubang
khusu ini dilengkapi pengatur jumlah udara(disebut scrub stelan udara)
Kesimpulan
Jika
anda menganti pilot jet dengan angka yang lebih besar,anda juga harus
mengikutinya dengan memperbesar stelan udara.hal ini mengacu pada standar
stoikiometri,yaitu campuran bahan bakar dengan udara idealnya adalah 1:14,7
yang artinya 1 molekul bensin bercampur dengan 14,7 molekul udara agar
pembakaran yang terjadi benar-benar sempurna.makanya campuran yang terlalu kaya
bahan bakar mengakibatkan motor mbrebet.namun jika kekurangan bensin,mesin akan
cepat panas.oleh sebab iti agar tenaga yang dihasilkan optimal,campuran bensin
dan udara harus tepat.
Umumnya motor 4 tak irit dalm pemakaian
bahan bakar,karena stelan scrub udaranya 1,5 putaran.sedangkan motor 2 tak agak
boros(sebab sesuai dengan kinerja dengan motor 2 tak dimana permintaan campuran
bensin dan udara 2 kali lebi cepat dari pada 4 tak).umumnya putaran scrubnya menganut
2,5 putaran.
Catatan:
Semakin boros bahan bakar,bukaan stelan
udara mesti lebih besar.
b.
PILOT JET
Pilot jet
adalah pemicu mesin motor saat pertama kali mesin dihidupkan(awal sempritan
bahan bakar dan bekerja pada putaran stasioner dan putaran rendah)
c.
MAIN JET
Main jet
bekerja setelah putaran mesin melewati 5000-6000 RPM(round per minute),pilot
jet akan dibantu main jet.main jet tidak mengandalkan udara dari stelan scrub
udara,tetapi langsung dari box saringan udara melalui scape piston,dari pelintiran
gas di tangan,scape bergerak keatas sihingga udara luar masuk terisab
piston.akibat adanya aliran udara,dalam venture terjadi kevakuman.maka,bensin
yang ada dalam mangkok karburator tersedot ke venture.
Gambar isi
karburator
Catatan:
Ke dua spuyer atau jet di atas
berrupa saluran kecil,fungsinya untuk memecah bensin jadi molekul halus
sehingga bensin mudah tercampur denagn udara.
d.
VENTURI
Venture
terletak di bagian ats karburator(makin ke tengah maka makin sempit),disini
tekanan udaranya lebih rendah,sehingga kecepatan udara semakin kencang atau
deras alirannya.maka,meski bahan bakar dalam mangkok karburator posisinya lebih
rendah,ia bisa terisap ke fenturi lewat main jet.fungsi fenturi adalah agar
aliran udara focus dan cepat.sesuai hokum BERNOULLI yang menyatakan bahwa
semakin besar kecepatan udara semakin kecil tekanannya.
Catatan:
1.
diameter venture ukurannya tergantung
kapasitas silinder(cc)dan putaran mesin(rpm)
2.
yang jelas,motor yang telah
dimodifikasi(naik kapasitas cc dan putaran mesinnya)membutuhkan venture lebih
besar,karena suplai bensin dan udara bertambah banyak.
e.
PELAMPUNG DAN JARUM PELAMPUNG
1.
pelampung,
fungsi
pelampung adalah menjaga ketinggian bensin dalam mangkokj karburator agar
selalu dalam kondisi terisi.jika bensin berklebihan,hal ini akan menyebabkan
pembakaran lebih basah,sehingga boros bensin,sedangkan kalau kekurangan bensin
berakibat terlau kering(temperature panas)dan motor kekurangan tenaga.(nafas
pendek)
2.
jatum pelampung
jarum
pelampung atau valve needle adlah standar utama takaran bahan bakar dalam
mangkok karburator.jaru pelampung akan menutup saluran jika bensin dalam
mangkok sudah mencukupi.bila terjadi kebocoran bensin akan melimpah
keluar(bocor)melewati saluran pembuangan(hal ini trjadi jika jarun aus atau
rumah jarum aus)
catatan:
1.
tinggi pelampung tergantung permintaan mesin
atau sesuai besar kecilnya diameter karburator(venturi)
2.
semakin besar angka ukuran tinggi
pelampung,volume bensin dalam mangkok karburator justru menyusut.
3.
melimpah dan minimnya bensin dalm karburator
memberikan cirri yang sama yaitu,lari motor
jadi tersendat-sendat.
4.
cara mendeteksi secara visual tentang
kelebihan dan kekurangan bensin dalam mangkok(tanpa bongkar dalaman
karburator)yaitu dengan mengamati permukaan luar karburator.jika dinding karburator
berembun itu tandanya kelebian bensin,sebaliknya jika bensin dalam mangkok
kurang karburator akan sangat kering dan cenderung panas.
5.
jika terdengar suara serak-serak
basah,pelampung harus dinaikkan,sebaliknya jika terdengar kering maka pelampung
harus dipendekkan(direndahkan)atau angka ukuran pelampung diturunkan.
f.
JARUM SCAPE
Jarum scape bekerja sama dengan needle jet mengatur semburan bensin yang
masuk ke dalam ruang bakar atau membuka dan menutup lubang menuju saluran isap yang di semorotkan
pilot jet dan main jet pada putaran menengah ke atas.bila aus campuran bensin
dan udara tidak ideal sehingga gas pembakaran cenderung menjadi lebih
kaya,cirinya adalah asap knalpot berwarna hitam serta mbrebet di putaran
atas(tentu saja pemakaian menjadi bensin boros.
Standar teknis dalam memilih jarum
scape,semakin seret berarti semakin sempit,dan iti lebih bagus karena semprotan
lebih deras.untuk tarikan menengah atas supaya akselerasi lebih cepat,pilihlah
jarum scape yang lebih gendut.satu hal yang paling menentukan jarum scape
adalah ketirusan jarum,karena hal itu mempengaruhi aliran bahan bakar
bensin.umtuk trek pendek atau patah-patah lebih baik menggunakan jarum scape
yang berdesain gendut atau gemuk,sedangkan untuk trek lurus dan
panjang,pilihlah jarum scape yang lancip.jarum scape berujung lancip campuran
gas bakarnya cenderung basah(gas di plintir sedikit saja maka campuran gas
bajar sudah melimpah)
Catatan:
Jarum scape menentukan besar kecilnya
putaran mesin,sedangkan fungsi katup gas adalah untuk menutup dan membuka
venture agar aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak berlebihan.
g.
SISTEM CHOKE
Choke berfungsi untuk memperkaya campuran bensin dengan mengurangi udara yang di salurkan ke
dalam ruang bakar agar mesin cepat hidup chke digunakan apabila suhu
dingin.khusus model kabel,jaga jangan sampai pisto lepas dari rumahnya?karena
jika itu terjadi udara palsu akan menerobos masuk yang menyebabkan mesin tidak
langsam.
Kesimpulan:
Dengan memahaami fungsi bagian-bagian karburator,anda bisa mengoptimalkan
kinerja karburator,atau setidaknya mengetahui aturan seting(stelan)karburato
untuk mendukung performa mesin,baik untuk akselerasi maupun top speed.stelan
karburator ditentukan oleh gaya/kebiasaan berkendara(riiding style)
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
0 comments