Pengetahuan tentang reng piston
Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi guys !
Ngomog-ngomong soal ring piston , pada umumnya tersusun dari
dua bagian . Yakni ring kompresi dan rig oli . Dimana ring kompresi berfungsi
sebagai perapat kompresi alias pencegah kebocoran kompresi , dan ring oli berfungsi
sebagai untuk menahan dan mengikis oli agar oli tidak ikut masuk keruang bakar
pada saat piston begerak naik turun .
Oke , setelah mengetahui fungsinya , tidak ada salahnya kita
mengetahui juga cara pasangnya . Karna pemasangan yang salah dapat menyebabkan
ring bisa patah !
Sebelumnya ring piston motor 2 tak dan 4 tak memiliki
perbedaan . Yakni peda piston 2 tak hanya terapat 2 buah ring . Keduanya
merupakan ring kompresi .
Ingat , tebal 2 ring tersebut berbeda . Ring atas lebih
tipis . Pada piston 2 tak , perhatikan nok penahan alur ring . Nok berfungsi
menahan agar ring tidak bergeser . Ketika memasang ring , perlu juga perhatukan
cekungan pada ring . Cekungan menghadap keatas ( muka piston ) . Kalo terbalik
ring ga bisa dipasang . Bahkan bisa patah . Pada ring piston 4 tak , terdapat
ring pembilas oli . Jadi pada piston 4 tak terdapat 5 buah ring . Yakni 2 ring
kompresi , 2 ring penahan tipis , dan 1 buah ring spacer alias ring oli atau
bisa juga disebut ring cacing . Cara pasangnya , pasang ring oli , lalu ring
tipis pada bagian atas dan bawah ring oli . Lalu ring ompresi kedua setelah itu
ring kompresi pertama .
Oh ya , pada piston 4 tak tidak terdapat nok penahan . Tapi
arahcelah tiga ring haram sejajar . Paling gampang acak celah ring membentuk 60
derajat .
Setelah itu pasang pen piston diikuti spi pen piston .
Lumuri piston dengan oli mesin untuk pelumasan pertama . Jangan lupa perhatikan
tanda pada piton . Tanda panah menghadap luang buang .
Jangan terbalik ya !
Wassalam