BORE UP TAPI TETAP IRIT
Assalamualaikum Wr.Wb
Kemajuan zaman memang , sepeda motor saat ini semakin
canggih , mulai dari teknoligi full
injection , hingga transmisi otomatis alias
matic . By The Way , membahas
soal motor ompong alias matic ,
banyak orang yang mengeluh tentang bahan
bakar yang bisa dibilang boros , padahal yah
bisa dibilang wajar boros , karena kebanyakan pengguna sepeda motor matic membetot grip gas lebih dalam untuk
mencapai top speed yang di inginkan , sehingga bahan bakar yang dibutuhkan pun
lebih dari biasanya dan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros .
Nah , kali ini admin akan memberikan tips mengenai cara irit
matic dengan bore up , atau lebih
beken disebut borit alias bore up irit . Buat yang belum mengetahui apa itu bore up , nih admin kasih sedikit
penjelasan .
Bore up adalah
upaya memperbesarkapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter piston .
Misalnya piston standar 50mm dengan langkah 55mm = 108 cc , jika diganti dengan
piston berukuran 58mm dan langkah tetap 55mm , maka menjadi 145cc , Itulah bore
up .
Lalu bagaimana cara membuat bore up irit ? Simak tips berikut ;
1. Setting Kompresi
Kunci kesuksesan bore up irit terletak pada seting rasio
kompresi ,. Sebab dengan pembesaran piston, mesin cenderung over compression .
Mesin teriak , akselerasi bertambah tapi top speed biasanya mandeg . Untuk
menghindaringya Rasio kompresi mesti dikembalikan mendekati standar . Caranya
dengan memperbesar ruang bakar .
2. Noken As
Ini juga salah satu syarat borit , Noken As mesti diatur
ulang durasi dan liftnya . Jika tidak mengerti cara atur ulangnya Anda bisa
datang ke bengkel NUANSA MOTOR yang beralamat di Jalan Teuku Umar arah RSUD
Hanafie Bungo untuk membuat Noken As borit , atau bahkan belajar membuat
Noken As itu sendiri .
3. Knalpot Boleh Standar
Borit itu asyik !!
Mengapa demikian ?? Karena meskipun cc naik , knalpot standar pun masih oke
dipakai . Jadi gimana ? Mau Borit ?
Semoga Bermanfaat .
Wassalam .
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete