Thursday, April 14, 2016



cara mudah perbaiki klakson
Assalamualaikum Wr.Wb
Klakson pada sepeda motor merupakan suatu piranti kenyamanan berkendara , pengendara bijak tentu mengerti akan hal ini . Walau mungkin bagi beberapa orang klakson dianggap hal sepele .
Klakson memang bukan perangkat fast moving dalam sepeda motor , tapi setelah melewati waktu tertentu atau tidak melakukan perawatan  tentu klakson akan mengalami kerusakan juga . Seperti klakson mati total , atau hidup tapi suara yang dihasillkan cempreng atau suara kecil .
Maka dari itu , pada kesempatan ini Admin akan mengupas tentang cara mengatasi klakson yang rusak sebagai berikut ;
1. Periksa tegangan listrik dari aki ( accu )
Tegangan arus yang lemah atau bahkan mati total menyebabkan klakson tidak dapat berbunyi . Tentu saja ,karna klakson membutuhkan arus yang cukup agar dapat berbunyi .
Caranya mudah , cukup dengan mencoba piranti kelistrikan lain dari sepeda motor tersebut . Misalnya dengan menyalakan Starter , jika Starter dapat menyala sudah tentu kondisi aki dalam kondisi prima .
2. Perikasa konektor pada saklar
Konektor pada saklar berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus menuju klakson .
Konektor terdiri dari tiga bagian penting , selain dua logam yang menempel dan terhubung pada saklar juga terdapat per pembalik . Jika dua logam tersebut kotor atau berkarat , otomatis arus tidak dapat mengalir sehingga menyebabkan klakson tidak hidup . Cara mengatasinya yakni dengan membersihkan kotoran atau kerak pada logam tersebut . Dan jika per pembalik berkarat , maka saklar tidak mau balik sehingga klakson pun tidak hidup . Cukup membersihkan kerak tersebut untuk mengatasinya .
3. Stelan pada klakson
Jika baudnya kendur , bunyi nya akan pelan atau gember . Stel meenggunakan obeng kembang sembari mencari nada tertinggi .
Sekian , Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum Wr.Wb

Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments