Thursday, April 14, 2016



cara klasik meningkatkan oktan bahan bakar.

Membuat Bensin Setara Pertamax
Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat Siang Sahabat Nuansa . Sesuai judul diatas , kali ini Admin akan membagikan sebuah tips yang berhubungan dengan Oktan bahan bakar , yakni cara membuat bensin setara dengan pertamax . wah kok bisa ?? Ya bisa lah , tidak ada yang tidak mungkin didunia ini , hehe  .
 Gimana caranya ? begini , monggo diperhatikan ;
Untuk motor standar , campurkan Etanol sebanyak 10% dari volume bensin , jadi misalnya bensin 3000ml , maka etanolnya 300ml . Tapi Angka Spuyer perlu dinaikkan karna angka oksigen dalam mesin akan berlebihan dan menyebabkan busi terlalu kering . Mudah bukan ?? tapi mungkin ada yang belum tahu apa itu etanol ? etanol itu sejenis cairan etil-alkohol ,  kandungan alkoholnya mancapai 99,9%  .
Rumusnya begini ;
Premium memiliki oktan 88 , cukup dacampur etanol yang punya angka oktan 118 ,. Dengan pebandingan 10% dan 90% , Maka ( 10%x118) + ( 90%x88) = 91 , jadi setelah bensin dicampur etanol oktan nya menjadi 91 , sedikit diatas pertamax ang beroktan 90 . kalau mau oktanya lebih, berarti tinggal memperbanyak campuran etanolnya...
Etanol pun mudah dibuat . Rumus kimianya C2H6O . Proses pembuatannya sama seperti bikin tape , atau bahasa sunda na mah peuyeum, hehe . Gampang kan ?
 Etanol untuk bahan bakar biasanya dibuat dari tumbuhan hidup seperti tebu atau singkong  , tapi jika tidak mau ribet , kita tidak perlu membuat tape atau peuyeum untuk mendapatkan etanol , bisa belanja langsung kok ke toko kimia . Mudah Bukan ?
Sekian ,
Tetap Semangat , Salam Dahsyat
Wasalamualaikum Wr.Wb
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments