Friday, April 1, 2016

CARA KLASIK MEMAJUKAN PENGAPIAN MOTOR

untuk mekanik dan pecinta kecepatan yang dananya cekak, jangan kuatir...!!!!! untuk mendapatkan tarikan awal lebih mantap dengan cdi standar ...!!!
kali ini mekanik nuansa motor berbagi pengetahuan praktis mudah dan menyenangkan tentang cara memajukan pengapian, sebenarnya hal ini sudah banyak yang menerapkan terutama mekanik yang sudah senior akan tetapi bagi mekanik pemula tulisan ini sangat penting. apalagi bagi mekanik pemula di tambah dana yang pas pasan untuk membangun motor korek harian maupun motor performa tinggi, tulisan ini tidak akan berguna jika anda mampu membeli CDI Racing atau malah CDI Programable karena pada cdi Racing derajat pengapian sudah di atur sedemikian rupa sehingga otomatis derajatnya makin maju ( advance )

Sebelum kita membahas bagaimana cara memajukan pengapian terlebih dahulu kita mengetahui maksud dari memajukan pengapian itu sendiri yaitu untuk mendapatkan derajat pengapian yang lebih maju dari cdi standar dan agar mampu memantik pembakaran yang sempurna akibat dari rasio kompresi tinggi yang di barengi dengan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi, ada beberapa cara memajukan pengapian ini berlaku untuk CDI standar bawaan motor (jika anda menggunakan CDI Racing maka tidak perlu repot )

1. membelah spi magnit, agar rotor magnit bergerak maju  (berlawanan arah jarum jam jika kita berada di sebelah kiri motor )




  bagian yang di belah adalah hanya bagian yang tersentuh magnit bukan yang tersentuh as kruk, agar posisi spi tetap mantap, belah separo pada bagian yang berada pada poisisi sebelah tangan kanan kita dan rapikan, lalu pasang magnit maka ketika terpasang terasa oblak, kemudian magnit geserkan ke kiri atau berlawanan arah jarum jam sehingga nok pulser lebih cepat menyentuh pulser. bereeeesss... pergeseran ini bisa mencapai 5 derajat.
tarikan awal lebih mantap..

2. Menggeser nok pulser.













dengan cara menambah nok pulser bagian kiri atau depan kira kira sepanjang 5.mm dan mengurangi bagian sebelah kanan atau belakang kita sepanjang juga 5.mm  sehingga total panjang nok pulser tetap, akan tetapi nok lebih cepat bertemu pulser 5mm lebih dahulu dari pada yang standarntya.

3. menggeser dudukan pulser.
caranya dengan memanjangkan lubang dudukan baut nok pulser agar pulser bisa lebih cepat bertemu dengan nok pulser.

selamat mencoba jika kurang jelas langsung saja hubungi

PUSAT PELATIHAN MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
Jln. teuku umar, Muara Bungo
telp. 0747 321715 Hp. 085266010191
pin. BB.  573bcd97

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

6 comments:

  1. kira² yang no 3 memanjangkan lubang dudukan baut nok pulser kira-kira berpa cm?

    ReplyDelete
  2. kira² yang no 3 memanjangkan lubang dudukan baut nok pulser kira-kira berpa cm?

    ReplyDelete
  3. kalo di putaran atas aman bang

    ReplyDelete
  4. Kalau dc yg ditambah bagian depan,yg dikurangi bagian belakang pada tonjolan magnet,kalau arus ac itu kebalikannya arus dc.dan penambahan tidak asal menambah sekian drajat,itu harus di ukur lagi,saya kemarin rombak di megapro tambah 2mm,belakang kurangi 2mm hasilnya lumayan tambah tenaga

    ReplyDelete