LANGKAH KERJA MOTOR 4 TAK
Yu.. yang pingin belajar bagaimana langkah kerja motor 4 tak, agar lebih paham sebagai bahan acuan pembuatan mesin mesin performa tinggi.
PRINSIP ROTASI KERJA MOTOR 4 TAK
-
1 x langkah torak/piston = ½
putaran poros engkol / (180 derajat) puyaran poros engkol.
-
2 x langkah torak/piston (1 x
keatas dan 1 x kebawah)= 1 putaran poros engkol atau 360 derajat putaran poros
engkol.
-
1 siklus motor 4 tak adalah 4 x
langkah torak = 2 putaran poros engkol = 720 putaran poros engkol.
-
Selama 1 siklus tiap-tiap klep
terbuka 1 x.
-
Selama 1 siklus terjadi 1 x pembakaran dan 2 x percikan api
busi,karena tonjolan pulser bertemu
pulser 2 x.
-
Selama 1 siklus terdapat 1 x
langkah yang menghasilkan tenaga (usaha) dan 3 x langkah yang membutuhkan
tenaga(buang,isap,kompresi)
PRINSIP KERJA MOTOR 4 TAK
1.
langkah isap
katup masuk terbuka,katup buang tertutup,piston bergerak dari titik
mati atas(TMA) ke titk mati bawah(TMB) oleh karena gerakan piston dari TMA ke
TMB,di atas piston terjadi pembesaran
volume yang mengakibatkan ruangan tersebut menjadi
hampa(vacuum).perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dengan tekanan hampa
mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan bensin di karburator
untuk membentuk gas.selanjutnya,gas tersebut mengalir kedalam ruang silinder
melalui saluran masuk(intake manifold)dan katup masuk.
2.
langkah kompresi
katup masuk dan buang tertutup.piston bergerak dari TMB ke TMA.pada
langkah ini ruangan di atas piston volumenya mengecil,sehinggga campuran udara
bahan bakar menjadi padat,tekanan dan suhunya naik.beberapa derajat sebelum
torak mencapai TMA terjadi letikan bunga api listrik dari busi yang membakar
campuran bahan bakar dan udara.
3.
langkah usaha
katup masuk dan katup buang masih tertutup.piston bergerak dari TMA
ke TMB.proses pembakaran menyebabbkan campuran gas mengembang dan memuai
sehingga energi panas yang di hasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar
menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston ke TMB.langkah usaha
inilah yang diharapkan pada mesin untuk dapat menjaga kelangsungan kerja dan
perolehan tenaga mesin.proses tenaga yang di hasilkan merupakan perubahan dari
gerak rotasi dirubah menjadi gerak translasi.
4.
langkah buang
katup masuk tertutup,katup buang terbuka.piston bergerak dari TMB ke
TMA.setelah mesin menghasilkan energi yang diperoleh dari ledakan gas yang
terbakar,selanjutnya piston bergerak ke TMA mendesak gas bekas sisa hasil
pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang.
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO –
JAMBI
Telp. 0747 321715
– Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
0 comments