Friday, December 12, 2014



FUNGSI BAGIAN-BAGIAN CARBURATOR

a.       AIR SCREW
Scrup udara atau airscrew berfungsi untuk mengatur suplai udara dari lubang kecil di moncong karburator ke pilot jet.oleh karena itu,saluran langsung menuju ke rumah pilot jet,jadi udara masuk pada saat mesi stasioner melalui bay pass langsung kerumah pilot jet(tenaga isapnya tetap memanfaatkan gaya facum)lubang khusu ini dilengkapi pengatur jumlah udara(disebut scrub stelan udara)


Kesimpulan

Jika anda menganti pilot jet dengan angka yang lebih besar,anda juga harus mengikutinya dengan memperbesar stelan udara.hal ini mengacu pada standar stoikiometri,yaitu campuran bahan bakar dengan udara idealnya adalah 1:14,7 yang artinya 1 molekul bensin bercampur dengan 14,7 molekul udara agar pembakaran yang terjadi benar-benar sempurna.makanya campuran yang terlalu kaya bahan bakar mengakibatkan motor mbrebet.namun jika kekurangan bensin,mesin akan cepat panas.oleh sebab iti agar tenaga yang dihasilkan optimal,campuran bensin dan udara harus tepat.
      Umumnya motor 4 tak irit dalm pemakaian bahan bakar,karena stelan scrub udaranya 1,5 putaran.sedangkan motor 2 tak agak boros(sebab sesuai dengan kinerja dengan motor 2 tak dimana permintaan campuran bensin dan udara 2 kali lebi cepat dari pada 4 tak).umumnya putaran scrubnya menganut 2,5 putaran.
Catatan:
      Semakin boros bahan bakar,bukaan stelan udara mesti lebih besar.         
b.      PILOT JET
Pilot jet adalah pemicu mesin motor saat pertama kali mesin dihidupkan(awal sempritan bahan bakar dan bekerja pada putaran stasioner dan putaran rendah)
c.       MAIN JET
Main jet bekerja setelah putaran mesin melewati 5000-6000 RPM(round per minute),pilot jet akan dibantu main jet.main jet tidak mengandalkan udara dari stelan scrub udara,tetapi langsung dari box saringan udara melalui scape piston,dari pelintiran gas di tangan,scape bergerak keatas sihingga udara luar masuk terisab piston.akibat adanya aliran udara,dalam venture terjadi kevakuman.maka,bensin yang ada dalam mangkok karburator tersedot ke venture.


                   

Gambar isi karburator
Catatan:
            Ke dua spuyer atau jet di atas berrupa saluran kecil,fungsinya untuk memecah bensin jadi molekul halus sehingga bensin mudah tercampur denagn udara.
d.      VENTURI
Venture terletak di bagian ats karburator(makin ke tengah maka makin sempit),disini tekanan udaranya lebih rendah,sehingga kecepatan udara semakin kencang atau deras alirannya.maka,meski bahan bakar dalam mangkok karburator posisinya lebih rendah,ia bisa terisap ke fenturi lewat main jet.fungsi fenturi adalah agar aliran udara focus dan cepat.sesuai hokum BERNOULLI yang menyatakan bahwa semakin besar kecepatan udara semakin kecil tekanannya.
Catatan:
1.      diameter venture ukurannya tergantung kapasitas silinder(cc)dan putaran mesin(rpm)
2.      yang jelas,motor yang telah dimodifikasi(naik kapasitas cc dan putaran mesinnya)membutuhkan venture lebih besar,karena suplai bensin dan udara bertambah banyak.

e.       PELAMPUNG DAN JARUM PELAMPUNG
1.      pelampung,
fungsi pelampung adalah menjaga ketinggian bensin dalam mangkokj karburator agar selalu dalam kondisi terisi.jika bensin berklebihan,hal ini akan menyebabkan pembakaran lebih basah,sehingga boros bensin,sedangkan kalau kekurangan bensin berakibat terlau kering(temperature panas)dan motor kekurangan tenaga.(nafas pendek)
2.      jatum pelampung
jarum pelampung atau valve needle adlah standar utama takaran bahan bakar dalam mangkok karburator.jaru pelampung akan menutup saluran jika bensin dalam mangkok sudah mencukupi.bila terjadi kebocoran bensin akan melimpah keluar(bocor)melewati saluran pembuangan(hal ini trjadi jika jarun aus atau rumah jarum aus)

catatan:
1.      tinggi pelampung tergantung permintaan mesin atau sesuai besar kecilnya diameter karburator(venturi)
2.      semakin besar angka ukuran tinggi pelampung,volume bensin dalam mangkok karburator justru menyusut.
3.      melimpah dan minimnya bensin dalm karburator memberikan cirri yang sama yaitu,lari motor  jadi tersendat-sendat.
4.      cara mendeteksi secara visual tentang kelebihan dan kekurangan bensin dalam mangkok(tanpa bongkar dalaman karburator)yaitu dengan mengamati permukaan luar karburator.jika dinding karburator berembun itu tandanya kelebian bensin,sebaliknya jika bensin dalam mangkok kurang karburator akan sangat kering dan cenderung panas.
5.      jika terdengar suara serak-serak basah,pelampung harus dinaikkan,sebaliknya jika terdengar kering maka pelampung harus dipendekkan(direndahkan)atau angka ukuran pelampung diturunkan.

f.       JARUM SCAPE
Jarum scape bekerja sama dengan needle jet mengatur semburan bensin yang masuk ke dalam ruang bakar atau membuka dan menutup  lubang menuju saluran isap yang di semorotkan pilot jet dan main jet pada putaran menengah ke atas.bila aus campuran bensin dan udara tidak ideal sehingga gas pembakaran cenderung menjadi lebih kaya,cirinya adalah asap knalpot berwarna hitam serta mbrebet di putaran atas(tentu saja pemakaian menjadi bensin boros.
      Standar teknis dalam memilih jarum scape,semakin seret berarti semakin sempit,dan iti lebih bagus karena semprotan lebih deras.untuk tarikan menengah atas supaya akselerasi lebih cepat,pilihlah jarum scape yang lebih gendut.satu hal yang paling menentukan jarum scape adalah ketirusan jarum,karena hal itu mempengaruhi aliran bahan bakar bensin.umtuk trek pendek atau patah-patah lebih baik menggunakan jarum scape yang berdesain gendut atau gemuk,sedangkan untuk trek lurus dan panjang,pilihlah jarum scape yang lancip.jarum scape berujung lancip campuran gas bakarnya cenderung basah(gas di plintir sedikit saja maka campuran gas bajar sudah melimpah)

Catatan:
      Jarum scape menentukan besar kecilnya putaran mesin,sedangkan fungsi katup gas adalah untuk menutup dan membuka venture agar aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak berlebihan.




g.      SISTEM CHOKE
Choke berfungsi untuk memperkaya campuran bensin  dengan mengurangi udara yang di salurkan ke dalam ruang bakar agar mesin cepat hidup chke digunakan apabila suhu dingin.khusus model kabel,jaga jangan sampai pisto lepas dari rumahnya?karena jika itu terjadi udara palsu akan menerobos masuk yang menyebabkan mesin tidak langsam.

Kesimpulan:
Dengan memahaami fungsi bagian-bagian karburator,anda bisa mengoptimalkan kinerja karburator,atau setidaknya mengetahui aturan seting(stelan)karburato untuk mendukung performa mesin,baik untuk akselerasi maupun top speed.stelan karburator ditentukan oleh gaya/kebiasaan berkendara(riiding style)



Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191





Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments