Tuesday, December 9, 2014

Keruk Puli Buat Dongkrak Putaran Atas




Gunakan pisau keruk agar jalur roller landai dan rata
Edisi lalu, pada tulisan angkat akselerasi Yamaha Mio, sempat disinggung sedikit tentang teknik ‘keruk’. Yup, ini salah satu cara yang banyak dilakukan mekanik, untuk meningkatkan tenaga skubek di putaran atas.
Menurut beberapa mekanik yang kerap melakukan teknik ini. Nama keruk diambil karena proses pembuatannya yang harus mengeruk bagian rumah roller. Nah, buat sobat yang penasaran dengan proses pengerjaannya, monggo disimak.
“Prinsip pengerjaannya, yakni membuat roller mengangkat lebih tinggi pada jalurnya. Makanya, ada sedikit modifikasi yang dilakukan pada rumah roller,” ucap Reno Anggra yang mekanik bengkel Pemula Matic di Jl. H. Usman, Kukusan, Depok, Jawa Barat.
Kalau dilihat pada rumah roller atau puli standar. Jalur main roller hanya sedikit, tidak full sampai atas. Padahal, masih ada ruang yang bisa dimaksimalkan agar roller bisa mengangkat lebih tinggi. Makanya, banyak mekanik yang mengakalinya dengan teknik mengeruk.
Jalur main roller jadi lebih tinggi
Caranya, sobat harus membuat alat keruk menggunakan pisau bubut yang disesuaikan ukurannya dengan jalur roller. Jika sudah ada, sobat tinggal mengeruk lapisan jalur roller hingga landai.
“Agar proses keruk bisa lebih cepat, sobat bisa menggunakan bor tuner untuk mengikis bagian yang lebih tebal. Setelah itu, baru lanjutkan proses keruknya dengan pisau yang telah dibuat,” tambah mekanik yang juga mantan joki drag bike ini.
Tapi, harus diingat sob! Penggunaan mata bor tuner hanya direkomendasikan di awal proses pengerjaan saja. Finishing tetap menggunakan mata pisau keruk. Ini untuk menjaga agar jalur roller tetap landai, sehingga roller bisa naik turun dengan sempurna.



Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

1 comment: