Sunday, December 14, 2014



FUNGSI UTAMA RING PISTON
1.      sebagai katup gas.
Untuk memelihara katup pada silinder liner sehingga mesin dapat menjaga tekanan kompresi secara teratur dalam hentakan,dan gas pembakaran bisa menyediakan kerja yang efektif pada piston dalam ekspansi stroke.pelumas melapisi permukaan piston ring dan dinding silinder ketika kedua permukaan komponen tersebut bersinggungan,dan katupnya dapat terpelihara karena sisi muka dari ring sebelah kanan melekat erat dengan groove piston.jika ring piston tidak dipasang dengan sebagai mana mestinya,oli didalam bak mesin akan berkurang.
2.      sebagai control oli:
fungsi ini untuk membentuk lapisan yang pas antara permukaan ring piston dan dinding silinder sehingga  gesekan yang terjadi antara ring piston pada dinding silinder lembut.
3.      sebagai konduksi panas:
fungsi lain dari ring piston adalah mengeluarkan panas yang berasal dari gesekan piston dengan dinding silinder,panas tersebut diradiasikan keluar baik melalui dinding silinder maupun air pendingin atau kisi-kisi.
4.      sebagai bearing :
karena piston mempunyai gerakan timbale balik yang diakibatkan oleh energi ledakan pembakaran gas bahan bakar,dan  poros mesin mengubah energi itu menjadi gerkan rotasi,piston telah memaksa komponen untuk bergerak dengan gaya  dorong dari arah samping.
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

4 comments: