Tuesday, December 9, 2014

KATUP DEKOMPRESI PADA  MESIN SEPEDAMOTOR 4 TAK

Pada motor 4 Takt (langkah) terdapat 2 jenis katup yaitu katup Masuk (hisap) dan Katup Buang kedua katup bekerja bergantian dengan siklus buka tutup yang tetap sesuai dengan putaran mesin. Pada proses kerja normal maka kedua katup harus dapat menutup sempurna sehingga dapat dihasilkan ruang bakar yang rapat . Tetapi pada kondisi awal mesin akan dihidupkan maka tenaga awal untuk memutar mesin diperlukan tenaga yang besar untuk melawan kompressi sampai dengan mesin berputar dan hidup.Tenaga putar awal tersebut bisa diperoleh dari elektrik starter atau Kick starter (starter kaki) Bila tenaga tersebut didapatkan dari motor starter elektrik biasanya adakalanya motor sulit berputar karena awal motor berputar harus dapat melawan kompresi, Bila start dilakukan dengan Kick starter maka terasa gerakan awal menendang tuas tarter terasa berat.oleh karena itu pada saat kondisi yang demikian dibuatlah konstruksi pada beberapa sepedamotor sebuah mekanisme KATUP DEKOMPRESI Yang berfungsi untuk membuang kompresi disaat awal start melalui pencegahan katup buang menutup rapat ketika terjadi putaran balik mesin saat mesin akan berputar/menghasilkan kompresi awal.
Cara Kerja :
 Pada gerakan awal seperti gambar 1 terjadi perlawanan kompresi sehingga piston akan berusaha bergerak ke bawah (gambar 1) putaran mesin akan menjadi sedikit melawan ( kebalikan arah putar) pada saat yang seperti ini katup buang dibuka sedikit agar kompresi hilang sehingga piston dapat meneruskan gerakan keatas. Pembukaan katup buang tersebut dapat dilakukan karena mekanisme katup digerakkan oleh poros engkol melalui rantai Timing (Timing Chain) lihat gambar 3.



 Gambar 1 . Gerakan piston pada langkah kompresi


Gambar 2. Mekanisme katup


 Gambar 3.Penggerak poros Kam


Katup Dekompresi( Gambar2) bukan katup lain tersendiri tetapi katup buang yang dapat dibuat tidak menutup rapat oleh mekanisme katup oleh karena/ketika gerakan mesin berlawanan dengan arah putaran mesin.

                
Gambar 4 : Tata letak mekanisme Katup Dekompresi


 
   

 Gambar5 : Posisi Bubungan Dekompresi                          Gambar 6 : Plat penahan Pelatuk Katup Buang


Gambar 7 : Cara menguji Bubungan Dekompresi

Bubungan Dekompresi berada pada ujung Poros bubungan (poros Kam/ gambar 5),bila poros kam berputar seaarah dengan putaran mesin maka Bubungan Dekompresi tidak ikut berputar, tetapi bila poros cam/poros bubungan berputar berlawanan dengan arah putaran mesin (ketika terjadi perlawanan putaran mesin akibat kompresi awal) maka Bubungan dekompresi ikut terputar dan bubungan akan mendorong tonjolan pada plat penahan (penahan pelatuk katup/gambar 6) sehingga katup buang sedikit terdorong ke  arah membuka.
Pemeriksaan poros dekompresi dapat dilakukan dengan cara memutar bagian poros kam dan menahan poros bubungannya, maka poros bubungan akan bebas berputar jika poros kam diputar searah putaran motor dan poros bubungan akan ikut terputar jika poros kam diputar berlawanan dengan arah putaran motor (lihat gambar 7)
Kesimpulan :
Bila katup dekompresi tidak bekerja sempurna ,dapat dideteksi dari start mesin pertama yang berat, bunyi katup buang yang agak keras. Hal ini biasanya disebabkan oleh karena kesalahan prosedur penyetelan katup, yaitu ketika akan menyetel katup pada saat memutar poros engkol untuk menepatkan tanda T (Top Kompresi) poros engkol terputar kelebihan lalu diputar kembali berlawanan arah putaran motor untuk menepatkan tanda,ini akan berakibat katup buang terganjal mekanisme Dekompresi.
Untuk dapat kembali normal maka pada saat akan melakukan penyetelan katup jangan sampai memutar poros engkol melebihi tanda Top. Bila kelebihan ulangi lagi memutar 2 kali poros engkol.
Semoga bermanfaat bagi pembaca


Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
 
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete