Sunday, December 14, 2014



JENIS-JENIS SISTEM KATUP

1.      SOHC(single over head chamshaft) adalh jenis system katup yang menggunakan 1 buah nocken as yang terpasang di kepala silinder dan kedua katupnya juga terpasang di kepala silinder,seperti sepeda motor GL pro,TIGER,Supra,Jupiter,Shogun,smash,dll
2.      DOHC(Double Over Head Chamshaft) adalah system katup yang menggunakan 2 buah nocken as yang terpasang di kepala silinder dan  katupnya jga dipasang di kepala silinder seperti sepeda motor satria fu, cbr
3.      OHV(Oveer Head Valve) adalah system katup dimana 2 buah klep berada di kepala silinder,tetapi nocken asnya di bagian crankcase,seperti sepeda motor CG,Happy,dll.
4.      SV(Said Valve)adalh system katup dimana poros nocken as dan katupnya tidak berada di kepala silinder,melainkan di samping kepala silinder,seperti mesin robin dll. K


Keuntungan dari system OHC(DOHC dan SOHC) bila dibandingkan dengan OHV adalah konstruksi katup dan kelengkapannya lebih sederhana,karena katup langsung berhubungan dengan nocken as yang di hubungkan melalui piano klep,pembukaan katup lebih stabil dan kesalahn timing kecil sekali. Poros nock berputar dengan mengambil putaran poros engkol,yang dihubungkan dengan rantai penghubung(chaint belt)tetapi kelemahan menggunakan chaint belt adalah,apabila rantai kendur mengakibatkan kesalahan timing,oleh karena itu,pabrik mengatasinya dengan vibration damper dan tensioner.


Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
 

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments