Tuesday, October 21, 2014

cara pasang top satria FU

Cara menyetel top noken as Satria FU berbeda dibandingkan motor bebek yang menganut 1 noken as. Pada Satria FU terdapat dua poros noken as sehingga pemasangan top kedua noken tidak boleh salah. Jika salah fatal akibatnya, karena DOHC ini lebih kompleks dibandingkan SOHC.
Pemasangannya cukup mudah kok. Hanya tinggal mengikuti panah penunjuk angka pada gir noken as. atau lihat garis yang ada di batang noken as. Sebelum menyetel gir tersebut, klep harus sudah di setel terlebih dahulu kerenggangannya. Lanjut dengan mengikuti gambar di bawah ini.


 


Keterangan :
  • Jarak antara penunjuk 2 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata (lingkaran kuning)
  • tepatkan garis pada batang noken as dengan tepi sambungan blok dan tutup blok ( lingkaran merah ) dengan ketentuan garis batang noken as IN menghadap ke belakang ( karburator) dan garis batang noken as EX menghadap ke depan ( lubang knalpot )
  • Teknik pemasangan selain yg d bahas adalah seperti biasanya
  • Semua posisi d atas adalah dalam posisi top
  • Shim udah di setting terlebih dahulu (tips: IN 0.15 mm || EX 0.20 mm)
  •  sebelum merakit  head silinder ke blok silinder, semua komponen terpasang dahulu untuk memastikan bahwa klep benar benar tidak bocor akibat tertekan noken as ( jika benar maka lepaskan noken as dari head silinder dan pasang ke blok silinder.)
  • prinsip bahwa ketika top ( piston di TMA) maka klep sama sama tertutup.



Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
 

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments