Cara menyetel top noken as Satria FU berbeda dibandingkan motor bebek yang menganut 1 noken as. Pada Satria FU terdapat dua poros noken as sehingga pemasangan top kedua noken tidak boleh salah. Jika salah fatal akibatnya, karena DOHC ini lebih kompleks dibandingkan SOHC.
Keterangan :
- Jarak antara penunjuk 2 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata (lingkaran kuning)
- tepatkan garis pada batang noken as dengan tepi sambungan blok dan tutup blok ( lingkaran merah ) dengan ketentuan garis batang noken as IN menghadap ke belakang ( karburator) dan garis batang noken as EX menghadap ke depan ( lubang knalpot )
- Teknik pemasangan selain yg d bahas adalah seperti biasanya
- Semua posisi d atas adalah dalam posisi top
- Shim udah di setting terlebih dahulu (tips: IN 0.15 mm || EX 0.20 mm)
- sebelum merakit head silinder ke blok silinder, semua komponen terpasang dahulu untuk memastikan bahwa klep benar benar tidak bocor akibat tertekan noken as ( jika benar maka lepaskan noken as dari head silinder dan pasang ke blok silinder.)
- prinsip bahwa ketika top ( piston di TMA) maka klep sama sama tertutup.
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
0 comments