Tuesday, September 23, 2014

bersyukur kepada allah SWT dan Sholawat untuk junjungan Nabi Muhammad SAW,

Apa yang terjadi jika tiba tiba motor yang kita kendarai brebet..? maka kita akan mencari cara agar motor bisa kembali lancar. salah satu penyebab brebet adalah apabila karburator kemasukan air.
pada musim hujan atau saat adventure trail atau saat cuci motor, airt bisa saja masuk ke dalam tangki minyak, karena memang tutup tanggki di desain ada lubang kecil yang berfungsi untuk sirkulasi udara.

Cara mengatasinya adalah :  langkah awal yaitu menutup keran bensin di tangki yang menuju karbu, lalu kendurkan baut saluran pembuangan bensin di karbu. ( letaknya di bagian bawah karburator) Biarkan bensin yang tersisa di karbu tersebut terbuang habis, sebab ada kemungkinan bensin dalam karbu sudah tercampur dengan air.
Jika air dalam karbu sudah benar-benar terkuras, maka tutup atau kencangkan kembali baut saluran pembuangan tersebut lalu membuka kembali kran dari tangki menuju karbu, yang dilanjutkan dengan menyalakan motor. Namun perlu diingat, saat menyalakan sebaiknya menggunakan kick starter dan jangan menggunakan elektrik starter.

Tapi jika motor tetap aja tak mau menyala, maka ada kemungkinan busi Basah Oleh  air sehingga proses pematikan api gagal terjadi. Maka lepas busi, lanjutkan dengan mengeringkan busi menggunakan lap kering sampai benar-benar bersih dan kering.

Setelah itu, dengan menyumpal lubang busi dengan lap kering, kick starter motor beberapa kali dalam keadaan mesin mati atau kunci kontak off. Langkah terakhir adalah memasang kembali busi, namun pastikan tidak ada air dalam kepala busi maupun di busi. Lalu hidupkan motor dengan kick starter.


Salam Sukses
kursus Mekanik
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO - JAMBI
Telp. 0747 321715.  Hp. 085266010191
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

4 comments:

  1. terima kasih .. tips nya berhasil saya praktekan ..
    artikel yg sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  2. Motor sy udah sya praktekan seperti di atas tapi tetap brebet kenapa ya gara" sy cuci

    ReplyDelete