Tuesday, April 22, 2014

Bismillahirrohmanirrohim...
semoga para pembaca di berkahi oleh Allah swt.. kembali saya akan memberikan entri baru bagi blog yang saya kelola yang tentunya membawa manfaat buat orang lain.
kali ini tentang cara menghadapi motor mati atau mogok yang dalam hal ini pernah di alami oleh setiap pengendara.
Pada prinsipnya ada beberapa syarat suatu mesin itu bisa hidup dan melakukan pembakaran yang nanti akan membawa pengendara berjalan jalan sesuai dengan kemauan pengendara.
Syarat mesin agar bisa hidup di antaranya
1. Kompresi
2. Bahan bakar
3. Pengapian
4. Udara
perlu kita ketahui apabila kita sedang berkendara dan tiba tiba motor kita berhenti mendadak atau bahkan ketika kita mau menghidupkan motor setelah di parkirkan tetapi tidak bisa hidup. maka setelah membaca blog ini jangan bingung. ada beberapa langkah darurat yang perlu kita lakukan.

Langkah 1
tentunya pastikan bahan bakar di dalam tangki minyak masih tersedia. bahan bakar ini merupakan syarat mutlak sepeda motor dapat hidup, kecuali kalau kita mau dorong motor itu...hitung hitung biar sehat...
bahan bakar di dalam tangki saja tidak bisa menghidupkan mesin...bahan bakar yang bisa menghidupkan mesin adalah yang di hisap masuk ke dalam ruang bakar melalui karburator.

Langkah 2
apabila langkah pertama sudah di jalankan dan ternyata bahan bakar masih tersedia maka langkah berikutnya  mulai kita buka tool kit ( kunci Kunci ) bawaan  sepeda motor kita. tenang semua bisa melakukan hal ini. terus ikuti....buka tool kit dan cari kunci busi berbentuk tabung yg ada lubangnya. dan mulailah membuka busi.

dengan membuka busi maka ada beberapa hal yang akan kita ketahui antara lain :

I. dengan buka busi kita bisa mengetahui pengapian. cara mengetahui percikan pengapian di busi adalah dengan memasang busi ke dalam kepala busi dan tempelkan masa busi ke bodi mesin motor, posisi kunci kontak di on kan dan coba selah engkol atau pijit tombol stater. pada saat motor di engkol sambil lihat apakah busi memercikkan api atau tidak.( jangan pegang busi tanpa tertempel di bodi motor ya...? nanti rambut bisa keriting...he..he kena setrum) jika tidak memercik maka lanjutkan dengan membuka kepala busi dari kabel busi lalu dekatkan ujung kabel busi yang dari koil ke bodi mesin sambil di engkol, apa bila juga tidak ada maka kita telusuri jalur jalur pengapian ( di tulisan yg akan datang ) tetapi jika saat tes busi tadi busi memercikkan api maka kita ikuti langkah berikutntya.

II. Dengan membuka busi maka kita bisa melihat kompresi. dengan cara menutup lubang busi dengan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah sambil di engkol, dan pastikan jari kita di dorong oleh udara yang terkompres dari dalam silinder serta ada bunyi tembakan... jika tidak ada maka bisa jadi kompresi motor kita hilang di sebabkan oleh klep bocor atau reng piston longgar / lengket. atau bisa juga klep terganjal kotoran,. untuk mengantisipasi hal tersebut ada langkah darurat yang bisa kita lakukan yaitu dengan memasukkan oli kira kira 3 sendok makan ke dalam lubang busi, pada saat oli sudah masuk, tutup lubang busi dengan jari yang di lapisi dengan  kain dan engkol dengan keras motor kita, tujuannya di harapkan kotoran yang mengganjal klep bisa keluar di dorong oleh hempasan oli dan juga oli bersifat dapat menutup celah kecil.

III. Dengan membuka busi juga kita bisa membaca karakter dari mesin kita, karakter mesin dapat terbaca dari warna pada elektroda busi, warna busi keputih putihan menunjukkan bahan bakar terlalu kecil, ( bisa di sebabkan suplai bahan bakar ke karbu sedikit karena ada sumbatan pada selang minyak atau pada saringan), warna busi ke hitam hitaman menunjukkan bahan bakar terlalu boros atau bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna akibat pengapian yang hilang timbul, Elektroda busi basah oli di sebabkan karena ada oli mesin yang ikut terhisap masuk ke ruang bakar ( di sebabkan reng atau blok silinder gores atau oli yang menyusup dari olisil klep.

Langkah 3
pastikan  anda telah mengerti dan menjalani langkah ke dua yang sangat penting di lakukan. dan pastikan kompresi dan pengapiannya ada. lanjutkan dengan memasang kembali busi ke dalam lubang busi. dan coba hidupkan motornya... ketika setiap langkah di lakukan, maka motor kita di pastikan hidup, jangan lupa juga memeriksa saringan udara, karena saringan udara menentukan suplai udara ke ruang bakar..

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

4 comments:

  1. Pas banget, kebetulan motor saya memang lagi mogok, dan dapat informasi yg membantu disini...

    Yg seneng ikan masuk sini y...
    www.aqua5cape.com

    ReplyDelete