Monday, March 18, 2019


DAFTAR KODE RANTAI MOTOR

Assalamualaikum  Wr.Wb...semangaattt pagi ...salam kuku hitam....
Rantai, merupakan suatu komponen vital pada sepeda motor . Berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda belakang . Namun tahukah anda , bahwasanya rantai memiliki spesifikasi khusus , sehingga tidak semua rantai dapat digunakan pada sepeda motor tertentu . Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut .
Sepeda motor pada umumnya memiliki spesifikasi , bentuk , dan fungsi yang berbeda beda . Maka dari itu , spesifikasi dari rantai itu sendiri tentu berbeda  . Lihat saja ditoko onderdil misalnya , ada rantai berkode 415 , 420 , 428 , dan 520 .  Angka tersebut merupakan kode di rantai .
 Angka pertama menunjukkan jarak antara pitch atau pin mata rantai .  Contoh rantai 428 jarak antar pitch nya 0,5 inci atau 12,7mm . Ini berlaku sama pada rantai 415 dan 420 .
Agka berikutnya menunjukkan lebar sisi dalam pelat rantai . Misal di rantai 415 elebar 4,77 , dan rantai 420 menunjukkan 6,33 . Makin besar angka rantai pasti tambah lebar .
Jika dibelakang kode terdapat huruf , hal tersebut merupakan informasi tambahan atau type produk .  ontoh rantai dengan kode 428H , huruf H berarti rantai tersebut telah direinforced  atau telah diperkuat dengan proses khusus . Umumnya rantai terebut dipakai motor sport .
Soal aplikasi juga dibedain macam kode O yang berarti ada tambahan sil O-ring , MX untuk mototcross , atau ER untuk motor jalanan . Type 420 biasanya untuk motor 80 cc , 428 untuk 100 cc keatas , dan 520 untuk 200 cc keatas .
Satu lagi , warna rantai nggak berpengaruh kepada daya tahan atau kemampuan nya ya !  Karna itu hanyalah pemanis saja . Jadi saat finishing itu diproses coloring untuk warna enas atau perak .
So , jangan salah beli rantai ya !!! 

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments