Monday, February 11, 2019


BORE UP TAPI TETAP IRIT

Assalamualaikum Wr.Wb
Kemajuan zaman memang , sepeda motor saat ini semakin canggih , mulai dari teknoligi full injection , hingga transmisi otomatis alias matic . By The Way , membahas soal motor ompong alias matic , banyak orang yang mengeluh tentang  bahan bakar yang bisa dibilang boros , padahal yah bisa dibilang wajar boros , karena kebanyakan pengguna sepeda motor matic membetot grip gas lebih dalam untuk mencapai top speed yang di inginkan , sehingga bahan bakar yang dibutuhkan pun lebih dari biasanya dan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros .
Nah , kali ini admin akan memberikan tips mengenai cara irit matic dengan bore up , atau lebih beken disebut borit alias bore up irit  . Buat yang belum mengetahui apa itu bore up , nih admin kasih sedikit penjelasan .
Bore up adalah upaya memperbesarkapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter piston . Misalnya piston standar 50mm dengan langkah 55mm = 108 cc , jika diganti dengan piston berukuran 58mm dan langkah tetap 55mm , maka menjadi 145cc  , Itulah bore up .
Lalu bagaimana cara membuat bore up irit ? Simak tips berikut ;
1. Setting Kompresi
Kunci kesuksesan bore up irit terletak pada seting rasio kompresi ,. Sebab dengan pembesaran piston, mesin cenderung over compression . Mesin teriak , akselerasi bertambah tapi top speed biasanya mandeg . Untuk menghindaringya Rasio kompresi mesti dikembalikan mendekati standar . Caranya dengan memperbesar ruang bakar .
2. Noken As
Ini juga salah satu syarat borit , Noken As mesti diatur ulang durasi dan liftnya . Jika tidak mengerti cara atur ulangnya Anda bisa datang ke bengkel NUANSA MOTOR yang beralamat di Jalan Teuku Umar arah RSUD Hanafie  Bungo untuk membuat Noken As borit , atau bahkan belajar membuat Noken As itu sendiri .
3. Knalpot Boleh Standar
Borit itu asyik !! Mengapa demikian ?? Karena meskipun cc naik , knalpot standar pun masih oke dipakai . Jadi gimana ? Mau Borit ?
Semoga Bermanfaat .
Wassalam .
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

1 comment: