Sunday, November 4, 2018

bismillah..
alhamdulillah pagi ini dapat kembali menulis blog saya, meskipun hari ini masih sederhana semoga besok bisa menampilkan informasi yang mewah dan bermanfaat.
saudaraku para mekanik dan pecinta otomotif, banyak diantara kita yang masih bingung tentang PENGAPIAN motor baik pengapian untuk motor karnurator maupun motor injeksi.
orang masih belum paham tentang pengapian karena berhubungan dengan kabel kabel, nah,.. kabel inilah yang membuat banyak orang bingung karena kabel yang di gunakan cukup banyak..
sebagaimana juga pada kelistrikan sepeda motor..
hari ini kita bahas ya tentang koil pada motor
koil berfungsi untuk melipat gandakan arus sehingga arus yang di hasilkan mencapai 20.000 volt yang di harapkan akan terjadi lompatan bunga api pada busi untuk menghidupkan mesin
nah... ada perbedaan antara koil motor karbu dan motor injeksi...
dimana letak bedanya..? letaknya adalah pada sumber arus atau input koil..
koil ini sama sama punya 2 arus yaitu positif dan negatif..
di motor karburator katub negatip langsung tersambung ke bodi motor dan katub positif adalah yang berasal dari CDI yang merupakan arus yang putus putus ( ingat ya arus yang putus putus adalah yg positif).. berbeda dengan koil motor injeksi..di koil motor injeksi   arus positif adalah arus langsung berasal dari kontak ( 12 V) maka ketika kontak di hidupkan maka otomatis arus positif 12 v akan langsung masuk ke koil dan untuk mengetahui apakah arus 12 v sudah masuk apa belum bisa kita tes dengan bolam lampu ( katup + disambungkan dengan kabel 12 v yg ke koil dan katup - negatif tempelkan ke bodi maka jika bolam hidup berarti arus positif telah masuk ) gampang kan...? nah...katup satu lagi yaitu katup negatif ke  kooil adalah arus negatif putus putus yang berasal dari ECM / ECU pemutusan arus ini di tentukan ole pulser....gampang kan..../?
selamat mencoba,, kurang jelas boleh kursus..

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments