Wednesday, November 7, 2018

bismillah..
alhamdulillah kita jumpa lagi dalam blog NUANSA MOTOR untuk belajar seputar motor.
kali ini kita coba bahas tentang keluhan konsumen yang menyatakan sering mengganti noken as atau camshaft, tidak sampai 1 tahun noken as habis gunungannya padahal olinya naik..
setelah di bongkar dan di teliti, semuanya jalur oli bagus, usut punya usut ternyata klahar noken yang 6003 itu tidak pakai tutup ( kode z) kenapa bisa demikian,?
begini... yang dihadapannya ada kopi silahkan sruput dulu ya...tapi tidak usah merokok ya biar lebih sehat karena mekanik itu sudah kenyang dengan asap kenalpot..he..he..he
siaappp ya,...
klahar atau bearing bagian dalam noken as apabila tidak pakai tutup maka oli tidak fokus memberikan pelumasan ke gunungan noken as yang tersentuh oleh piano klep, oli akan memancar serta menerobos sela sela pelor klahar dan lari keluar noken as, sehingga gesekan yang terus menerus menyebabkan panas dan struktur logam dari noken as berubah jadi lunak sehingga gunungan noken as dan sepatu piano klep (roker arm) aus atau habis al hasil suara motor jika di gas akan terdengar kasar... tapi jika klaharnya menggunakan tutup atau tipe Z maka oli lebih fokus ke noken as..

lihat gambar di bawah ini...

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments