Tuesday, March 29, 2016


LANGKAH KERJA MOTOR 4 TAK

Yu.. yang pingin belajar bagaimana langkah kerja motor 4 tak, agar lebih paham sebagai bahan acuan pembuatan mesin mesin performa tinggi.



            PRINSIP ROTASI  KERJA MOTOR 4 TAK

-          1 x langkah torak/piston = ½ putaran poros engkol / (180 derajat) puyaran poros engkol.
-          2 x langkah torak/piston (1 x keatas dan 1 x kebawah)= 1 putaran poros engkol atau 360 derajat putaran poros engkol.
-          1 siklus motor 4 tak adalah 4 x langkah torak = 2 putaran poros engkol = 720 putaran poros engkol.
-          Selama 1 siklus tiap-tiap klep terbuka 1 x.
-          Selama 1 siklus terjadi  1 x pembakaran dan 2 x percikan api busi,karena tonjolan pulser bertemu  pulser 2 x.
-          Selama 1 siklus terdapat 1 x langkah yang menghasilkan tenaga (usaha) dan 3 x langkah yang membutuhkan tenaga(buang,isap,kompresi) 

                       

PRINSIP KERJA MOTOR 4 TAK

1.      langkah isap
katup masuk terbuka,katup buang tertutup,piston bergerak dari titik mati atas(TMA) ke titk mati bawah(TMB) oleh karena gerakan piston dari TMA ke TMB,di atas piston terjadi pembesaran  volume yang mengakibatkan ruangan tersebut menjadi hampa(vacuum).perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dengan tekanan hampa mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan bensin di karburator untuk membentuk gas.selanjutnya,gas tersebut mengalir kedalam ruang silinder melalui saluran masuk(intake manifold)dan katup masuk.

2.      langkah kompresi
katup masuk dan buang tertutup.piston bergerak dari TMB ke TMA.pada langkah ini ruangan di atas piston volumenya mengecil,sehinggga campuran udara bahan bakar menjadi padat,tekanan dan suhunya naik.beberapa derajat sebelum torak mencapai TMA terjadi letikan bunga api listrik dari busi yang membakar campuran bahan bakar dan udara.
           
3.      langkah usaha
katup masuk dan katup buang masih tertutup.piston bergerak dari TMA ke TMB.proses pembakaran menyebabbkan campuran gas mengembang dan memuai sehingga energi panas yang di hasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston ke TMB.langkah usaha inilah yang diharapkan pada mesin untuk dapat menjaga kelangsungan kerja dan perolehan tenaga mesin.proses tenaga yang di hasilkan merupakan perubahan dari gerak rotasi dirubah menjadi gerak translasi.

4.      langkah buang
katup masuk tertutup,katup buang terbuka.piston bergerak dari TMB ke TMA.setelah mesin menghasilkan energi yang diperoleh dari ledakan gas yang terbakar,selanjutnya piston bergerak ke TMA mendesak gas bekas sisa hasil pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang. 


KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
 
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments