Tuesday, October 21, 2014

membuat dial jet sendiri

pada prinsipnya pembuatan  dial jet adalah memanfaatkan buangan bensin yang keluar pada saat mangkuk karburator dalam keadaan penuh dengan bensin atau ketika  terjadi getaran pada motor  atau ketika motor posisi miring. sehingga bensin yang keluar dari selang pembuangan dapat benar benar di manfatkan untuk proses pembakaran di dalam ruang mesin. keunggulan dari pembuatan dial jet ini adalah menambah jumlah semprotan minyak menuju ruang bakar dan diharapkan timbul ledakan yang besar dari pembakaran namun ada kelemahannya diantaranya jumlah debit bahan bakar yang menuju ke ruang bakar tidak konstan artinya terkadang semprotan bahan bakar masuk dalam ruang bakar berlebih.

berikut cara pembuatannya
siapkan pipa dengan diameter 1mm dan selang yang sesuai dengan diameter pipa luar .
lubangi karet braket yang menuju ke saringan hawa ( usahakan dekat dengan moncong karbu ) bagi karburator open filter anda dapat membuat lubang tepat di moncong karburator dan kemudian masukkan pipa kecil, mantapkan agar lekat dengan sempurna.
kemudian pasang selang ujung pertama ke pipa dial jet dan ujung lainnya menuju pipa pembuangan ke karburator.




atau pada karburator yang open filter sebagai berikut :




silahkan mencoba dan seting sebaik mungkin dengan menyesuaikan ukuran pilot jet dan mainjet agar ketemu setingan yang pas. Setingan yang pas dapat juga di lihat pada warna elektroda busi yaitu kecoklatan / merah bata.. secara garis besar kinerja  dialjet hampir sama dengan pilot jet..

salam dari
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO - JAMBI
telp. 0747321715 - hp. 085266010191
Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments