Thursday, March 19, 2020


PENGETAHUAN TENTANG GIGI RASIO

Assalamualaikum wr.wb
Gigi rasio .. hmm . Ya ! Salah satu piranti penting yang sering diganti oleh para mekanik balap , tentu dengan tujuan bikin motor tambah oke punya. Namun , dalam penggantian gigi rasio tentu ada hitung-hiungan nya agar tidak salah pilih mengganti gigi rasio . Salah beli fatal akibatnya !
Motor yang harusnya kuenceng kayak kilat , jadi lemot kayak kura-kura . haha !
So , dalam kesempatan ini Admin akan berbagi mengenai tips memilih gigi rasio berdasakan peruntukkan nya , yakni road race , dragbike dan korek harian . Yuk kita intip satu-persatu !
ROAD RACE
Banyak mekanik bilang , untuk balap road race perbandingan gigi harus lebih ringan .
Biasanya buka-tutup gas sering terjadi . Rpm mesin dipaksa buat main putaran bawah juga . Akhirnya tenaga mesin butuh ditopang rasio enteng .supaya rpm lebih cepat naik . Larinya juga tak ngedrop saat pindah persneling . Mengakalinya mekanik banyak yang hanya bermain di gigi rasio 2 dan 3 saja . artinya gigi 2 makin dekat dengan gigi 1 dan gigi 4 lebih dekat dengan gigi 3 .
DRAG RACE
Buat drag race , justru rasio dibuat lebih berat . Itu karena dibutuhkan rpm yang tinggi . Selain itu kmpresi juga dibuat lebih tinggi dari road race . Nah pakai rasio berat nafas lebih panjang . Tinggal akali komposisi final gear .
KOREK HARIAN
Bisa dibilang ini merupakan paduan dari dua karakter road race dan drag bike . Karena motor kohar ( korek harian ) ada juga yang biasa main di lintasan 800 meter lebih . Akibatnya motor butuh nafas panjang ketimbang road race dan drag . Biasanya gigi 2 dan 3 main di rasio standarnya . Begitu …
Semoga Bermanfaat
Wassalam

Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

This is the most recent post.
Older Post

1 comment:

  1. Bikin materi baru pak biar tambah pengetahuan. Yg 2021 belum ada nih

    ReplyDelete