Monday, May 30, 2016

Membentuk muka piston.

Alhamdulillah, wa syukurilah, kami dapat kembali menulis pedoman cara membuat mesin balap korek harian yang di peruntukkan untuk siswa kursus mekanik NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL MUARA BUNGO dan untuk Mekanik pemula yang suka dengan modifikasi mesin balap. kali ini saya akan membahas tentang membentuk muka piston agar di dapat rasio kompresi yang sesuai dengan bahan bakar yang akan kita gunakan.

pada postingan yang lalu cara buat mesin balap  korek harian part 3 kita sudah bahas tentang besaran cc yang sesuai dengan aturan balap motor dan jenis piston yang akan kita gunakan untuk membuat motor balap korek harian yang bisa juga jadi motor MP6 2016, kali ini yuk kita simak bagaimana membuat muka piston agar di dapat rasio kompresi yang kita inginkan.

berikut ini gambaran sebagian kecil bentuk piston yang kita gunakan untuk honda blade 110 ( motor yang menggunakan bentuk ruang bakar Setengah bola / hemi sperical)

gambar di atas memberikan pedoman kepada kita bagaimana membuat muka piston / dome piston.
sebenarnya tidaklah wajib membentuk dome piston, tujuannya adalah membuat rasio kompresi yang tepat sesuai bahan bakar, bahkan piston datar juga bagus asalkan sesuai dengan rasio kompresi yang di inginkan, kedepan akan saya bahas tentang rasio kompresi,
pada gambar diatas dapat kita ketahui bahwa kita menggunakan piston dari kawasaki kaze ( gambar A) dan menggunakan piston mentah katakan produksi FIM (gambar B), kedua duanya dapat kita gunakan untuk membuat rasio kompresi yang berkisar 10 s/d 11,5 :1 dengan bahan bakar Pertamax plus,
 cara buatnya
1. pilih piston yang akan kita gunakan.
2. Reamer kan ( lemer bahasa jambi) ke tukang reamer dengan piston yang sudah di pilih.
3. setelah selesai pasang dulu piston ke stang seher dan pasang blok silinder dalam posisi tanpa perpak lalu tekan blok silindernya untuk mengukur batas piston dengan bibir blok, posisikan piston di puncak titik mati atas lalu garis menggunakan pisau cutter sejajar dengan bibir blok. lalu lepaskan blok dan pistonnya.
4. Piston yang sudah ada tanda garis kemudian di bubut sesuaikan dengan gambar di atas, dan sekalian di coak, untuk bubut dan coak bawa pistonya ke bengkel NUANSA MOTOR BUNGO jln. teuku umar no 9 muara bungo, pastiii di bantu. (jika untuk yamaha jupiter squis di buat miring sesuai dengan kemiringan squis ruang bakar yang ada di yamaha jupiter)
5. ukur dan hitung rasio kompresi sampai ketemu angka maksimal 11,5 :1 agar aman menggunakan Pertamax Plus ( cara hitung rasio kompresi akan di bahas yang akan datang )

ayo di praktekkan jangan hanya di ketahui...
biar makin mantap yuk kursus mekanik di NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL MUARA BUNGO JAMBI, info hp/WA 085266010191, bbm 573BCD97


Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments