Thursday, September 3, 2015


KESALAHAN UTAMA PEMILIK BENGKEL MOTOR

Berikut ini kesalahan kesalahan utama para pemilik bengkel, toko spare part dan variasi motor hingga usahanya gagal:
  1. Kesalahan Membagi Anggaran Modal ; Banyak dari pemilik bengkel dan toko spare part menjadikan biaya tempat usaha (bila sewa) dan sarana serta prasarana toko/bengkel lebih besar atau sama dengan anggaran produk jual. Perlu digarisbawahi bahwa tempat usaha serta sarana dan prasarana toko/bengkel adalah passiva yang tidak akan mendatangkan keuntungan tetapi menjadi biaya yang harus dikeluarkan dan memangkas laba usaha. Sedangkan laba usaha sejatinya adalah hasil dari penjualan produk dan jasa. Jadi harus ditekankan bahwa anggaran untuk produk jual berupa spare part, variasi, Oli dan Ban yang mendatangkan keuntungan harus lebih besar. Komposisi idealnya adalah 70% produk jual dan 30% biaya sewa tempat serta sarana dan prasarana toko/bengkel.
  2. Menyewa Tempat Berupa Bangunan Komersial ; Sewa tempat berupa bangunan komersial seperti ruko sangat tidak dianjurkan karena akan membebani anggaran modal dengan mahalnya biaya sewa ruko tersebut. Sewalah bangunan sederhana di lokasi strategis yang biayanya relatif jauh lebih rendah dibanding ruko seperti rumah sederhana atau berupa Kios satu lantai.
  3. Toko/Bengkel difasilitasi Mewah Layaknya Bengkel resmi ; Mengadakan Bike Lift/Hidrolis Motor, AC, TV LCD dan sarana wah lainnya di toko/bengkel sangat tidak dianjurkan.  Perlu diingat bahwa calon pelanggan toko/bengkel anda adalah kalangan menengah ke bawah para pemilik sepeda motor (bukan menengah ke atas yang pastinya punya mobil). Para pemilik sepeda motor terutama di Indonesia sangat berorientasi pada "Harga Murah" bukan pada fasilitas. Dengan menyediakan fasilitas mewah tersebut calon pelanggan anda akan beranggapan bahwa toko/bengkel anda itu mahal dan segan untuk datang, membeli atau memakai jasa di bengkel anda. Bangga punya Toko/Bengkel yang Mewah, Bersih dan Sepi Pelanggan ATAU punya Toko/Bengkel yang Ramai dan Menguntungkan ..???
  4. Hanya Fokus pada Produk Fast Moving ; Produk fast moving memang kebutuhan utama akan tetapi jangan pula meniadakan Produk Intermediette/Middle Moving di Toko/Bengkel anda karena setiap calon pelanggan yang ke toko/bengkel anda itu datang dengan permasalahan dan kebutuhan produk yang berbeda beda dan tidak serta merta butuh produk Fast Moving saja. Sediakan produk intermediette/middle moving beberapa pcs untuk melengkapi produk Fast Moving yang kuantitasnya diperbanyak.
  5. Hanya Fokus pada Penjualan Genuine Parts ; Produk genuine parts seperti HGP/AHM, YGP, SGP dan KGP hanya akan mendatangkan keuntungan maksimal 20% untuk penjualan retail atau eceran sehingga tidak terlalu signifikan akan kemajuan usaha anda. Usahakan untuk mendahulukan menjual produk aftermarket berkualitas  akan memberikan keuntungan lebih besar yang akan berdampak pada hasil usaha dan kemajuan toko/bengkel anda.
  6. Menjadi Pelayan Toko Bukan Marketing Toko ; Seorang pelayan toko hanya menerima pesanan pelanggan tanpa ada usaha memasarkan produk dan mengedukasi pelanggan. Terlepas pelanggan yang fanatik nantinya tetap memilih genuine parts itu persoalan yang berbeda, tetapi setidaknya anda telah mengedukasi pelanggan sekaligus mengusahakan mendapat margin laba yg lebih besar bila produk yang anda sarankan dipilih pelanggan.
  7. Tidak Punya Strategi Pemasaran ; Setiap usaha apapun bentuknya maka ujung tombaknya adalah pemasaran, sedangkan pemasaran yang dilakukan tanpa adanya strategi tidak akan memberikan hasil maksimal. Bila saat ini sistem pemasaran Toko/bengkel anda hanya menunggu bola di tempat maka segeralah dirubah jadi menjemput bola dengan menggunakan strategi strategi yang jitu dan efektif hingga berimplikasi pada hasil maksimal bagi kemajuan usaha anda.  
  8.  
  9.  
  10.  
  11.  
  12. NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
    MUARA BUNGO – JAMBI
    Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

    Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
    BENGKEL
     NUANSA MOTOR
    MUARA BUNGO – JAMBI
    HP. 085266010191
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments