Friday, June 5, 2015

MEMBENAHI DRAT RUSAK


SINGKAT MEMBENAHI DRAT RUSAK
SINGKAT MEMBENAHI DRAT RUSAK
DRAT rusak memang sering terjadi, sehubungan dengan terlalu seringnya bongkar pasang baut. Kalau sebelumnya pembenahan drat harus dilakukan di bengkel bubut, tapi sekarang ada cara yang mudah. Biasa disebut dengan istilah recoil atau membenahi drat dengan spiral.

.
Mulai marak diaplikasi di dunia road race dan drag bike. "Sebab, pembenahan kerusakan drat dengan cara ini dapat dilakukan dengan singkat, "kata Bendot pebengkel bubut di Perum Tamasa, Tropodo, Surabaya. Perangkat recoil ini terbagi dari spiral, dengan ukuran berbagai macam. Jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan, drat yang rusak ukuran 8 mm, jadi besarkan lebih dulu hingga 10 mm.

Dengan tap atau alat pembuat drat. Baru kemudian masukkan spiral untuk pembenahan baut ukuran 8 mm tadi, hingga mentok. "Untuk pemasangannya juga sama seperti baut, jadi cukup diputar hingga mentok, "saran Bendot.

Setelah rapi, tinggal masukkan baut 8 mm orsinya. Dijamin hasilnya lebih kuat. Sebab, profil logam spiral tadi berbahan jenis logam yang fleksibel. Artinya ketika dipadu ke besi atau diral, tetap cocok ke efek muai panasnya. "Faktanya, sampai saya gunakan buat merapatkan baut crankcase tetap kuat, termasuk hingga busi, "

Referensi ; ototrend


Tagged
Written by nuansa motor

Nuansa motor adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu perbengkelan, perdagangan dan Pelatihan Mekanik.

0 comments