Perbedaan motor diesel terhadap motor bensin
Motor Diesel:
- bahan bakar solar
- getaran mesin besar
- metode pemberian bahan bakar dengan pompa bahan bakar dan pengabut
- metode pengapian adalah pengapian sendiri
- bentuk ruang bakar cukup rumit
- pembentukan campuran terjadi setelah kompresi
- perbandingan kompresi 15 - 30 kg/ cm 2
- proses pembakaran adalah proses sabathe
- bahan bakar yang digunakan adalah bensin
- getaran mesin halus
- metode pemberian bahan bakar menggunakan karburator
- metode pengapian dengan loncatan bunga api listrik sederhana
- bentuk ruang bakar sederhana
- pembentukan campuran terjadi sebelum kompresi
- perbandingan kompresi 6 - 12 kg/cm2
- proses pembakaran adalah proses otto
Sistem penyalaan:
Sistem penyalaaan motor diesel terdir atas:
- Pengabut ( injection nozzle)
- Pompa bahan bakar (fuel injection pump)
- Pengatur pompa bahan bakar ( governor pump)
- Saringan bahan bakar ( fuel filter)
- Katup pembebas (rellief valve)
- Pompa pemindah bahan bakar ( fuel transfer pump)
- Tangki bahan bakar (fuel service tank )
- Pipa – pipa aliran bahan bakar ( fuel pipe lines)
Sistem penyalaan motor bensin:
- Baterai
- Coil pengapian
- Distributor (alat pembagi)
- Platina dan kondensor
- Kabel – kabel busi
- Busi
- Kunci kontak
Ciri – ciri motor diesel
Keuntungan dan kerugian motor diesel bila dibandingkan dengan motor bensin adalah sebagai berikut:
Keuntungan dan kerugian motor diesel bila dibandingkan dengan motor bensin adalah sebagai berikut:
Keuntungan motor diesel
- Bahan bakar lebih murah, sehingga menghemat biaya operasi di samping itu daya guna panas lebih baik.
- Bahaya kebakaran agak kurang disebabkan titik nyala solar 80 derajat celcius.
- Gas buang tidak beracun
- Tenaga yang dihasilkan lebih besar disebabkan perbandingan kompresi lebih tinggi.
Kerugian motor diesel
- Pompa penekan bahan bakar harganya mahal dan memerlukan pemeliharaan yang teliti.
- Sistem pengabut memerlukan pemeliharaan yang teratur.
- Getaran mesin lebih besar sebab tekanan pembakaran maximum dua kali lebih besar daripada motor bensin.
- Karena tekanan kompresi yang tinggi maka dibutuhkan tenaga starter dengan batere yang lebih besar agar dapat memutarkan motor.
- Biaya pemeliharaan mesin lebih mahal dibandingkan motor bensin.
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
No comments:
Post a Comment