Cara Koil Menaikkan Tegangan
Sebelum masuk ke cara kerja koil, maka anda juga harus tahu cara listrik
dibuat. Masih ingat pelajaran fisika? Jika ada magnet , maka
disekitarnya akan timbul medan magnet. Medan magnet adalah daerah yang
memiliki daya tarik dari magnet tersebut. Lalu bila ada kawat memotong
daerah medan magnet tersebut. Maka kawat itu akan dialiri arus listrik.
Secara sederhananya adalah Anda menggerakkan kawat agar melintasi medan
magnet, hingga menjauhi medan magnet tersebut. Atau bisa juga dengan
menggerakkan magnet melewati kawat tersebut. Sehingga medan magnet
tersebut yang memotong kawat. Hal inilah yang kemudian diterapkan pada
motor - motor pembangkit listrik. Tapi gerakan melewati atau memotong
medan magnet ini dilakukan dengan sangat cepat, tergantung pada rpm dari
motor listrik tersebut. Motor ini digerakkan oleh mesin diesel atau
dikenal juga dengan genset. Jadi berbeda dengan motor listrik seperti
pada starter yang mendapat listrik, agar bisa berputar. Tapi motor
listrik pada generator berputar untuk menghasilkan listrik. Pada sepeda
motor ada pada sepul magnet. Sedangkan pada mobil terdapat pada
alternator.
Kembali ke pokok masalah kita mengenai cara koil menaikkan tegangan.
Maka anda harus paham ada dua peristiwa yang terjadi agar busi
memercikaan bunga api listrik. Untuk contoh saya gunakan tipe pengapian
platina.:
1. Platina menutup
Pada saat platina menutup, maka aliran listrik dari aki / baterai akan
dialirkan ke kunci kontak. Lalu menuju ke koil, dan di dalam koil
listrik mengalir ke lilitan primer. Lalu menuju platina dan ke massa /
negatif ( body kendaraan ). Listrik tidak bisa mengalir ke lilitan
sekunder, disebabkan lilitan sekunder tidak mendapat hubungan ke massa /
negatif. Pada lilitan primer menjadi magnet. Dan lilitan sekunder
berada di dalam medan magnet dari lilitan primer.
2. Platina Membuka
Saat platina membuka, aliran listrik yang ke lilitan primer terputus.
Hal ini disebabkan terputusnya hubungan ke massa, akibat membukanya
platina. Kemagnetan di lilitan primer hilang, sama saja dengan lilitan
sekunder memotong medan magnet. Akibatnya timbullah listrik pada lilitan
sekunder. Listrik yang bertegangan hingga 18.000 volt , pada sistem
pengapian sepeda motor dikirimkan ke kabel busi lalu ke busi. Timbullah
percikan bunga api listrik di busi, sebab listrik ini berusaha menuju
massa yaitu pada ground ellectroda busi. Adanya celah antara ellectroda
tersebutlah, maka listrik menjadi lompat ke ground ellectroda busi. Maka
itu disebut dengan lompatan bunga api listrik.
Proses timbulnya listrik di lilitan sekunder, sering disebut dengan
induksi untuk istilah tekniknya. Kenaikkan tegangan yang tinggi ini
tentunya membuat kawat - kawat dari lilitan tersebut juga mengalami
kepanasan. Untuk itulah di dalam koil terdapat cairan pendingin yang
berguna untuk membuat kawat lilitan tidak panas, dan akibatnya bisa
putus. Sekian penjelasan cara koil menaikkan tegangan. Untuk pertanyaan
silahkan isi di bagian komentar. Terima kasih.
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
No comments:
Post a Comment