Monday, May 30, 2016

Daftar Diameter Pin Piston

Daftar Diameter Pin Piston.

Bismillahirrohmanirrohim.
banyaknya permintaan dari pemirsa dan pecinta blog Kursus Mekanik Nuansa Motor tentang besaran diameter pin piston sebagai acuan untuk bore up dan gonta ganti piston untuk membuat motor lebih bertenaga, maka saya buatkan daftar ukuran diameter pin piston, namun yang perlu di perhatikan dalam pemilihan penggunaan piston lebih besar adalah ;
1. Pastikan diameter pen piston sama dengan Pen piston lama yang di gunakan (sesuai dengan stang seher)  agar modifikasi lebih mudah dan lebih hemat.
2. Pastikan jarak lubang pen piston dan muka piston sama atau lebih tinggi agar bisa di buat dome piston, jangan lebih rendah supaya tidak memapas blok silinder.
3. Diameter piston harus di sesuaikan dengan baut 4 blok silinder agar langkah bore up lebih mudah dan awet.

berikut daftar diameter pen / pin piston motor

Pen piston 13 mm ;
1. Honda grand,supra, supra 125, kharisma, win, revo, blade, vario, beat, scoopy
2. Yamaha cripton, vega, vega R, Vega zr, Jupiter, jupiter Z,
3. Suzuki Shooter
4. Kawasaki Kaze, Kaze zx130, Blits Joy

Pen Piston 14 mm
1. Honda mega pro mono shock, verza
2. Yamaha jupiter MX, V ixion
3. Suzuki Shogun 110, 125, smash, thunder
4. Kawasaki KLX

Pen Piston 15 mm
1. Honda cb, Gl 100, Gl Pro, Mega Pro, Tiger
2. Yamaha Mio

Pen piston 16 mm
1. Suzuki satria FU
2. Yamaha Scorpio

itu pen piston yang populer yang sering di gunakan untuk bore up, tentunya anda harus tahu dengan daftar diameter pistonnya yang telah kami postingkan di waktu yang lalu agar langkah bore up anda lebih gampang..
salam gas pol

KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL MUARA BUNGO JAMBI
Untuk daftar kursus dapat hubungi hp/ WA 085266010191, bbm 573bcd97.

Cara buat mesin balap korek harian Part 4

Membentuk muka piston.

Alhamdulillah, wa syukurilah, kami dapat kembali menulis pedoman cara membuat mesin balap korek harian yang di peruntukkan untuk siswa kursus mekanik NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL MUARA BUNGO dan untuk Mekanik pemula yang suka dengan modifikasi mesin balap. kali ini saya akan membahas tentang membentuk muka piston agar di dapat rasio kompresi yang sesuai dengan bahan bakar yang akan kita gunakan.

pada postingan yang lalu cara buat mesin balap  korek harian part 3 kita sudah bahas tentang besaran cc yang sesuai dengan aturan balap motor dan jenis piston yang akan kita gunakan untuk membuat motor balap korek harian yang bisa juga jadi motor MP6 2016, kali ini yuk kita simak bagaimana membuat muka piston agar di dapat rasio kompresi yang kita inginkan.

berikut ini gambaran sebagian kecil bentuk piston yang kita gunakan untuk honda blade 110 ( motor yang menggunakan bentuk ruang bakar Setengah bola / hemi sperical)

gambar di atas memberikan pedoman kepada kita bagaimana membuat muka piston / dome piston.
sebenarnya tidaklah wajib membentuk dome piston, tujuannya adalah membuat rasio kompresi yang tepat sesuai bahan bakar, bahkan piston datar juga bagus asalkan sesuai dengan rasio kompresi yang di inginkan, kedepan akan saya bahas tentang rasio kompresi,
pada gambar diatas dapat kita ketahui bahwa kita menggunakan piston dari kawasaki kaze ( gambar A) dan menggunakan piston mentah katakan produksi FIM (gambar B), kedua duanya dapat kita gunakan untuk membuat rasio kompresi yang berkisar 10 s/d 11,5 :1 dengan bahan bakar Pertamax plus,
 cara buatnya
1. pilih piston yang akan kita gunakan.
2. Reamer kan ( lemer bahasa jambi) ke tukang reamer dengan piston yang sudah di pilih.
3. setelah selesai pasang dulu piston ke stang seher dan pasang blok silinder dalam posisi tanpa perpak lalu tekan blok silindernya untuk mengukur batas piston dengan bibir blok, posisikan piston di puncak titik mati atas lalu garis menggunakan pisau cutter sejajar dengan bibir blok. lalu lepaskan blok dan pistonnya.
4. Piston yang sudah ada tanda garis kemudian di bubut sesuaikan dengan gambar di atas, dan sekalian di coak, untuk bubut dan coak bawa pistonya ke bengkel NUANSA MOTOR BUNGO jln. teuku umar no 9 muara bungo, pastiii di bantu. (jika untuk yamaha jupiter squis di buat miring sesuai dengan kemiringan squis ruang bakar yang ada di yamaha jupiter)
5. ukur dan hitung rasio kompresi sampai ketemu angka maksimal 11,5 :1 agar aman menggunakan Pertamax Plus ( cara hitung rasio kompresi akan di bahas yang akan datang )

ayo di praktekkan jangan hanya di ketahui...
biar makin mantap yuk kursus mekanik di NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL MUARA BUNGO JAMBI, info hp/WA 085266010191, bbm 573BCD97


Thursday, May 26, 2016

cara buat mesin balap korek harian part 3

cara menghitung kapasitas isi silinder atau cc

Alhamdulillah dapat kembali meneruskan tulisan ini. bagi para mekanik pemula yang ingin membuat mesin balap korek harian tentunya harus mengetahui batasan aturan tentang isi silinder agar motor balap yang kita buat dapat mengikuti kejuaraan balap motor. sekarang kita bicara tentang kelas standar korek atau yang di provinsi jambi di kenal dengan kelas Kohar, bisa juga ikut kelas mp6 2016,

untuk mengetahui isi silinder tentunya kita harus mengetahui langkah torak/piston dan diameter piston motor yang kita buat lihat postingan kita sebelumnya,
contoh
motor yang akan di pakai adalah honda blade 110
motor ini mempunyai langkah piston 55,5 mm yang dimaksud dengan langkah piston adalah perjalanan piston dari titik mati bawah ( TMB ) sampai dengan Titik mati Atas ( TMA) ukur menggunakan sigmat atau jika mau mudah kita sudah sediakan postingan tentang seluruh langkah motor setandar . silahkan di cari di postingan sebelumnya.
berikutnya motor honda blade ini mempunyai diameter piston 50mm, diameter adalah garis tengah piston, ukur menggunakan sigmat, atau jika mau mudah juga bisa lihat postingan kita sebelumnya di daftar diameter piston 
maka setelah kita mengetahui langkah dan diameter piston kita bisa tentukan cc standar motor ini, dengan rumus
3,14 X diameter pistonXdiameter piston X langkah
 ---------------------------------------------------
                   4000

berarti 3,14 X 50 X 50 X 55,5
--------------------------------
            4000
435,675
--------
4000
berarti cc nya adalah  108,9cc

nah....bagaimana kalau kita ingin mengejar batasan kapasitas isi silinder mendekati 130 cc agar bisa main di mp6
kita gunakan piston dari motor lain saja biar murah, kita coba pakai piston milik kawasaki kaze yang oversize 100 dengan diameter 54mm ( piston ini juga yang di pakai oleh motor balap nuansa motor pada pekan olahraga provinsi Jambi  2015 di Batang hari yang memperoleh Medali PERAK) cukup murah meriah.
jadi berapa cc nya..
3,14 X 54 X 54 X 55,5
-------------------------
         4000
jadi isi silindernya adalah 127 cc

ok demikian besok kita lanjutkan lagi ya......
sambil ngopi dulu tapi jangan  merokok ya

yang ingin langsung praktek.. yuk kursus mekanik di NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO  daftar ke hp/ Whats App. 085266010191 bbm 573BCD97


Wednesday, May 25, 2016

Cara buat mesin balap korek harian Part 2

PILIH BORE UP ATAU STROKE UP
Bismillahirohmanirrohim..
sahabat blooger dan seluruh pemerhati KURSUS MEKANIK NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL dimanapun berada.
alhamdulillah bisa kembali menulis di blog tersayang ini setelah beberapa saat tidak sempat menulis di karenakan kesibukan ( sibuk mainan baru MAIN ADVENTURE SEPEDA )
Ok, kita teruskan pembahasan tentang cara buat mesin balap korek harian, setelah kita mengetahui apa saja yang di modifikasi untuk membuat mesin korek, sekarang kita menentukan berapa cc yang akan kita buat untuk motor kita, tentunya kita harus memperbesar kapasitas isi silinder agar didapat tenaga yang di inginkan akan tetapi juga harus di ingat aturan regulasi balap motor agar bisa juga ikut kelas korek harian yang di pengprov IMI JAMBI jadi kelas pavorite, biasanya motor keluaran bebek pabrik menggunakan kapasitas silinder 110 dan 125cc, untuk memudahkan kita pilih BORE UP, apa itu..? yaitu pembesaran kapasitas silinder dengan PEMBESARAN DIAMETER PISTON / BORE, sedangkan pembesaran kapasitas silinder dengan cara STROKE UP yaitu pembesaran isi silinder dengan cara memperpanjang LANGKAH STROKE/TORAK dan ini tidak di perbolehkan dalam balap motor Road Race. jadi kita pilih Bore UP, yaitu sekali lagi dengan pembesaran diameter piston, kelas yang di lombakan sampai dengan 130cc
ok ya. besok kita sambung lagi..
tetap sehat dan semangat....

yg pingin ikut kursus mekanik pendaftaran masih tetap terbuka di no hp / WA. 085266010191,  bbm 573BCD97.