Ada banyak
cara untuk menukur durasi cam atau noken as. Berikut adalah langkah yang biasa saya gunakan untuk
pengukuran durasi cam:
- seat to seat (STS)
- Inggris
- Jepang
Alat alat yang dibutuhkan untuk mengukur durasi cam adalah busur derajat dan dial indikator
Dasar pehitungan
durasi camshaft
dimulai ketika kepala klep terangkat dan diakhiri saat klep tertutup
dengan sempurna, itulah 1 periode kerja klep. Alat yang digunakan untuk
mengukur pergerakan klep tersebut adalah
dial gauge. Alat ini
dipasang di lubang pemeriksaan celah klep dan tepat diujung kaki klep.
Kita juga memerlukan busur derajat untuk mengetahui berapa derajat
posisi putaran mesin yang dipasang pada poros kruk as.
Berikut model perumusan perhitungan durasi cam:
- Untuk STS, penghitungannya dimulai saat klep terbuka 0,02 mm sampai 0,02 mm sebelum klep tertutup.
- Teknik Inggris yang mulai ukurannya dari 1,25 mm (klep terbuka) dan selesai 1,25 mm sebelum klep tertutup.
- Teknik Jepang pencatatannya diawalai setelah klep baru menganga 1 mm dan berakhir 1 mm sebelum klep tertutup.
Sebagai contoh, biasanya saya menggunakan teknik jepang. Yaitu
sebagai berikut :Misalnya 1 putaran mesin adalah 360°, setelah klep in
terangkat 1 mm angka di busur derajatnya 20º sebelum TMA (titik mati
atas).
Sedangkan pada waktu 1 mm sebelum klep tertutup, busur derajatnya
mengarah ke sudut 40º setelah TMB (titik mati bawah). Dari data tersebut
diatas, gubakan rumus nilai sebelum TMA (A) + 180º (TMA ke TMB) + nilai
setelah TMB (B) yang nanti hasilnya adalah 240º.
Itulah hasil untuk perhitungan dari klep in, Sedangkan perhitungan klep
ex begini perhitungannya. Misal klep terbuka 40º sebelum TMB dan 40º
setelah TMA (dasar perhitungannya tetap setelah klep terbuka 1 mm dan
berakhir pada 1 mm sebelum tertutup).
Dengan rumus nilai sebelum TMB (C) + 180º (TMB ke TMA) + nilai setelah TMA (D), hasilnya 260º. Setelah didapat nilai
durasi klep in dan ex, Dan hasil dari perhitungan in dan ex diperoleh hasil 250º. Ini dari = 240º+260º/: 2 = 250º.
Begitulah
cara mengukur durasi cam untuk
korek motor anda. banyak cara lain diluar, namun begitulah yang biasa saya pakai.