Wednesday, January 20, 2016

SEJARAH PERUSAHAAN YAMAHA

SEJARAH PERUSAHAAN YAMAHA


Perusahaan yamaha
Ø Latar Belakang berdirinya Yamaha
            Perusahaan Yamaha berasal dari nama pendirinya yaitu ‘Yamaha Tarakusu’ pada tahun 1887. Nama pertama perusahaan ini pertama kali yaitu Yamaha corp (Nippon gakki). Yamaha pertama kali di kenal sebagai perusahaan pembuat alat music dan organ, tak berselang beberapa waktu Yamaha sangat di kenal di mata dunia sebagai perusahaan terbesar pembuat alat music di dunia. Pada 1 Juni 1955 berdiri lah Yamaha Motor Corp yang  ebeda dengan Yamaha corp tetapi masih dalam satu grup. Motor produksi pertamanya adalah single cylinder 2 stroke 125cc. Motor 125cc tersebut dikenal sebagai YA1 alias Atakombo (dikenal juga sebagai Red DragonFly). Motor ini lumayan sukses dan produksi berikutnya menggunakan engine 175cc. Produksi motor berikutnya adalah twin cylinder YDI di tahun 1957, sanggup mengeluarkan power 20 bHP dan memenangkan race Mount Asama di Jepang. Produksinya sekitar 15.811 bikez dan jumlah ini masih dibawah Honda ataupun Suzuki. Selanjutnya Yamaha berkembang dengan cukup pesat dan ditahun 1959 keluarlaah motor sport pertamanya yang dikenal sebagai YDSI dengan 5 speed gearbox. Tahun 1960, produksinya meningkat 6 kali lipat menjadi 138 ribu motor.
            Setelah berakhirnya Perang Korea perekonomian Amerika Serikat begitu booming dan ini mendorong eksport Jepang khususnya motor ke Amerka Serikat. Tahun 1962 ekspor yamaha ke US sebanyak 12 ribu motor. Kemudian tahun 1962 sudah mencapai 12 ribu unit. Demikian pula untuk tahun1963, kurang lebih sebanyak 36 ribu unit. Dan puncaknya ditahun 1964, ekspornya mencapai 87 ribu unit. Tahun 1963, Yamaha bikin motor 250cc, twin cylinder dan air cooled. Sejak saat itu, yamaha lumayan dikenal di seantero Jepang. Tahun 1965, produksi Yamaha sudah mencapai 244 ribu unit dan peruntukkannya 50:50 dimana sebagian untuk eksport sedangkan sebagian lainnya konsumsi dalam negeri.
Ø Layanan Yamaha Motor
            Layanan Yamaha motor adalah layanan kepada konsumen dalam hal memberikan tips – tips tentang perawatan akan suatu kendaraan, kelebihan – kelebihan dari suatu Motor YAMAHA.  Motor YAMAHA didesain oleh tenaga – tenaga ahli dibidangnya yang berasal dari Jepang yang akan mendukung pelayanan terhadap konsumen, dan semakin dekatnya YAMAHA Motor dengan konsumen.
Ø Perkembangan Perusahaan Yamaha Motor
            Yamaha berhasil menancapkan bendera sebagai pembuat motor 2 yang
terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc. Pada tahun 1970 dilanjutkan membuat YR 5, nah motor ini lah yang terkenal ringan dan relatif terjangkau harganya
dibanding motor-motor dikelasnya saat itu.
            Tahun 1969an, sebenarnya Yamaha mulai mencoba membuat mesin 4 langkah
(4 Tak) dengan model XS 1 650cc yang sangat sukses di Inggris
dan model ini memasuki pasar Amerika pada tahun 1980an
dan juga sukses di Amerika. Dan kesuksesan Yamaha didunia sepeda motor mendominasi
pasar motor dunia setelah Yamaha mengeluarkan FZR 750 dan
FZR 1000 yang terkenal sangat sukses di tahun 1980an.
Motor inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler,
karena mengaplikasi up side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil,
dan exhaust system.
            Trend motor sport touring pada tahun 1984 an Yamaha mengeluarkan FJ 1100 dan dilanjutkan FJ 1200 pada tahun 1986an. Model ini populer sampai tahun 1990an. Kesuksesan demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut,
Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan YZF-R1 (1000cc).
Motor ini terkenal dengan design nya yang cantik,
handling juga sip, lalu power yang luar biasa dan akhirnya tahun 2001 diluncurkan YZS 1000 dan ini adalah versi Road bike. Sebenarnya model ini masih sama menggunakan enginenya R1.
Ø Strategi Pengembangan  Teknologi Yamaha Motor
Strategi yang dilakukan PT. YAMAHA MOTOR dalam perkembangan usahanya dan produk – produknya adalah dengan membuat model motor yang lebih ringan, mengaplikasi up side dowd pada ford depan, sasis yang sangat stabil, ezhaust system,  design yang cantik, handling up, dan power yang luar biasa, dan juga memasarkan produk – produknya ke luar negeri dengan harga yang terjangkau.
Ø Produk dan Jasa yang ditawarkan
  • YAMAHA V-IXION
  • JUPITER Z
  • JUPITER MX
  • VEGA R
  • YAMAHA MIO
  • YAMAHA MIO SOUL
  • RX-KING
  • VEGA R
  • YDS
  • YR1 350
  • YZF-R6
  • YZF-R1
  • FJ 1100
  • FZR650
  • FZR1000
  • DLL
Ø Sedangkan Jasa yang Ditawarkan adalah:
  • Perawatan kendaraan
  • Pendidikan akan tehnik – tehnik mesin
Ø Target Pemasaran
Target utama PT.Yamaha Motor adalah masyarakat kelas menengah,meskipun di bidang perseroan tetap memproduksi berbagai merek untuk beragam kelas ekonomi dan usia,baik itu wanita maupun pria.
PT.Yamaha Motor menjajaki penjualan produknya ke negara-negara asia, maupun eropa seperti Eropa, Amerika, Australia, Jepang, Korea, Indonesia, Malaysia. Dan pada saat ini pasar ekspor produk motor dari Yamaha  adalah ke Malaysia, Jepang, Eropa , Amerika, Hongkong, Korea, Australia, Brazil,  Thailand dan negara-negara lainnya.
Ø Strategi dalam Menghadapi Persaingan
            Yamaha Motor  merencanakan untuk memperkenalkan teknologi orisinal terkini ke dalam produksi sepeda motor di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, sebagai bagian dari usaha strategi promosi yang dispesifikasikan pada NEXT-50 atau masa pertengahan dalam perencaan manajemen Yamaha.
            Dengan mempercepat program pengembangan teknologi yang dibutuhkan untuk bisnis, Yamaha akan menjadi lebih kompetitif. Yamaha dalam hal ini fokus pada kualitas performa berkendara, setia dalam mendesain, dan berwawasan lingkungan. Untuk mencapainya, Yamaha menekankan pada teknologi aluminium dan Fuel Injection.
            Saat ini, Chief Engineer Yamaha Motor CO, memperkenalkan 5 terobosan teknologi untuk negara asia, yakni DiASIL Cylinder, CF Aluminium die-cat part, Fuel Injection, precision forged piston, dan liquid cooled four stroke engine.
Pada  JMS 2004, Yamaha Motor memamerkan sepeda motor Infineon-Z, sebuah motor konsep yang mengandung teknologi di atas, motor itu mengintegrasikan desain eksklusif Yamaha dan fungsi dengan visi terobosan lingkungan.
            Perusahaan ini ingin menjadikan sepeda motor berevolusi sebagaimana yang terjadi pada Nouvo dan Mio, yakni kendaraan komuter bertransimisi otomatis.Dengan Infineon-Z, Yamaha ingin meningkatkan nilai brand dan memberikan tingkat kepuasan pelangan yang lebih tinggi. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki 30 tahun sejarah di Indonesia. Saat ini perusahaaan itu memosisikan untuk berkembang lebih jauh lagi.”Penjualan unit diproyeksikan akan mencapai 870.000 unit pada tahun 2004. dengan mengeluarkan model-model baru yang memiliki fitur teknologi terbaru, PT. Yamaha berharap dapat mencapai penjualan di atas 1 juta unit pada tahun 2005,”dibagian lain, yaitu teknologi Eksklusif All-Aluminium, tanpa plat, dan DiASIL Cylinder tanpa lapisan yang menghasilkan performa pendingin 60 persen lebih baik. Sementara dalam hal desain, 30 persen lebih ringan ketimbang yang konvensional.Teknologi DiASIL cylinder ini telah diterapkan pada Grand Majesty (skuter besar) yang dipasarkan di Jepang. Sementara itu precision forget piston yang meminimasikan proses kerja mesin diterapkan pada sepeda motor XJR1300, motor sport dikawasan Eropa dan Amerika.Tentang Fuel Injection, Yamagata menambahkan alat ini biasanya dipakai untuk kendaraan roda empat dan motor besar, tapi Yamaha Motor telah menemukan sistem yang optimal fuel injection mesin sepeda motor kecil 4 langkah. Sistem ini telah diterapkan sejak tahun 2002 pada unit sepeda motor Majesty 125 FI yang dibuat Yamaha Taiwan.
Ø KEAMANAN DARI MOTOR YAMAHA
            Dengan kondisi seperti saat ini membuat sepeda motor menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi pribadi maupun keluarga. Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi kendaraan bebas macet” dan efektif, sementara itu komsumsi bahan bakar yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis. Namun sangat disayangkan juga ketika demikian mudahnya memperoleh sepeda motor tidak dibarenginya dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman.Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya atau sangat lamban dan lain-lain yang membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.
           
            Menurut Suvey dari Tim Safety Riding Couse lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusianya sendiri selain dari faktor kendaraan dan lingkunganya. Oleh sebab itu PT.Yamaha Motor menciptakan suatu rem cakram dengan lebih baik dan matang agar pengguna kendaraan motor mendapatkan keamanan dan kenyamanan didalam berkendara.
Ø PROSPEK PERUSAHAAN YAMAHA MOTOR
            Prospek perusahaan Yamaha motor adalah meningkatkan dan mempertahankan kualitas mesin dan performa dalam mendesain motor-motor yang ramah akan lingkungan dan hemat akan bahan bakar, agar dapat mengajak, meningkatkan minat dan permintaan dari masyarakat luas untuk menggunakan motor-motor yang didesain oleh PT. Yamaha Motor tetapi juga terus mengupayakan berbagai perubahan-perubahan pada motor yamaha yang diselaraskan dengan perkembangan masyarakat tersebut. oleh karena itu PT. Yamaha Motor memiliki visi dan misi yang isinya adalah sebagai berikut:
Visi : menjadikan perusahaan Yamaha Motor sebagai penyalur sepeda motor NO.1 dan yang terbaik di Jepang, Indonesia, dan negara-negara lainnya.
Misi : mengembangkan bisnis perusahaan Yamaha Motor melalui produk-produk motornya yang berkualitas dan asli Jepang, yang terdistribusikan secara regional Indonesia dengan dasar Customer Satrisfaction dan Information Technology.

No comments:

Post a Comment