SEJARAH PERUSAHAAN YAMAHA
Perusahaan yamaha
Ø Latar
Belakang berdirinya Yamaha
Perusahaan
Yamaha berasal dari nama pendirinya yaitu ‘Yamaha Tarakusu’ pada tahun 1887.
Nama pertama perusahaan ini pertama kali yaitu Yamaha corp (Nippon gakki).
Yamaha pertama kali di kenal sebagai perusahaan pembuat alat music dan organ,
tak berselang beberapa waktu Yamaha sangat di kenal di mata dunia sebagai
perusahaan terbesar pembuat alat music di dunia. Pada 1 Juni 1955 berdiri lah
Yamaha Motor Corp yang ebeda dengan
Yamaha corp tetapi masih dalam satu grup. Motor
produksi pertamanya adalah single cylinder 2 stroke 125cc. Motor 125cc tersebut
dikenal sebagai YA1 alias Atakombo (dikenal juga sebagai Red DragonFly). Motor
ini lumayan sukses dan produksi berikutnya menggunakan engine 175cc. Produksi
motor berikutnya adalah twin cylinder YDI di tahun 1957, sanggup mengeluarkan
power 20 bHP dan memenangkan race Mount Asama di Jepang. Produksinya sekitar
15.811 bikez dan jumlah ini masih dibawah Honda ataupun Suzuki. Selanjutnya
Yamaha berkembang dengan cukup pesat dan ditahun 1959 keluarlaah motor sport
pertamanya yang dikenal sebagai YDSI dengan 5 speed gearbox. Tahun 1960,
produksinya meningkat 6 kali lipat menjadi 138 ribu motor.
Setelah
berakhirnya Perang Korea perekonomian Amerika Serikat begitu booming dan ini
mendorong eksport Jepang khususnya motor ke Amerka Serikat. Tahun 1962 ekspor
yamaha ke US sebanyak 12 ribu motor. Kemudian tahun 1962 sudah mencapai 12 ribu
unit. Demikian pula untuk tahun1963, kurang lebih sebanyak 36 ribu unit. Dan puncaknya
ditahun 1964, ekspornya mencapai 87 ribu unit. Tahun 1963, Yamaha bikin motor
250cc, twin cylinder dan air cooled. Sejak saat itu, yamaha lumayan dikenal di
seantero Jepang. Tahun 1965, produksi Yamaha sudah mencapai 244 ribu unit dan
peruntukkannya 50:50 dimana sebagian untuk eksport sedangkan sebagian lainnya
konsumsi dalam negeri.
Ø Layanan Yamaha Motor
Layanan
Yamaha motor adalah layanan kepada konsumen dalam hal memberikan tips – tips
tentang perawatan akan suatu kendaraan, kelebihan – kelebihan dari suatu Motor
YAMAHA. Motor YAMAHA didesain oleh tenaga – tenaga ahli dibidangnya yang
berasal dari Jepang yang akan mendukung pelayanan terhadap konsumen, dan
semakin dekatnya YAMAHA Motor dengan konsumen.
Ø Perkembangan Perusahaan Yamaha Motor
Yamaha
berhasil menancapkan bendera sebagai pembuat motor 2 yang
terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc. Pada tahun 1970 dilanjutkan membuat YR 5, nah motor ini lah yang terkenal ringan dan relatif terjangkau harganya
dibanding motor-motor dikelasnya saat itu.
terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc. Pada tahun 1970 dilanjutkan membuat YR 5, nah motor ini lah yang terkenal ringan dan relatif terjangkau harganya
dibanding motor-motor dikelasnya saat itu.
Tahun
1969an, sebenarnya Yamaha mulai mencoba membuat mesin 4 langkah
(4 Tak) dengan model XS 1 650cc yang sangat sukses di Inggris
dan model ini memasuki pasar Amerika pada tahun 1980an
dan juga sukses di Amerika. Dan kesuksesan Yamaha didunia sepeda motor mendominasi
pasar motor dunia setelah Yamaha mengeluarkan FZR 750 dan
FZR 1000 yang terkenal sangat sukses di tahun 1980an.
Motor inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler,
karena mengaplikasi up side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil,
dan exhaust system.
(4 Tak) dengan model XS 1 650cc yang sangat sukses di Inggris
dan model ini memasuki pasar Amerika pada tahun 1980an
dan juga sukses di Amerika. Dan kesuksesan Yamaha didunia sepeda motor mendominasi
pasar motor dunia setelah Yamaha mengeluarkan FZR 750 dan
FZR 1000 yang terkenal sangat sukses di tahun 1980an.
Motor inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler,
karena mengaplikasi up side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil,
dan exhaust system.
Trend
motor sport touring pada tahun 1984 an Yamaha mengeluarkan FJ 1100 dan
dilanjutkan FJ 1200 pada tahun 1986an. Model ini populer sampai tahun 1990an.
Kesuksesan demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut,
Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan YZF-R1 (1000cc).
Motor ini terkenal dengan design nya yang cantik,
handling juga sip, lalu power yang luar biasa dan akhirnya tahun 2001 diluncurkan YZS 1000 dan ini adalah versi Road bike. Sebenarnya model ini masih sama menggunakan enginenya R1.
Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan YZF-R1 (1000cc).
Motor ini terkenal dengan design nya yang cantik,
handling juga sip, lalu power yang luar biasa dan akhirnya tahun 2001 diluncurkan YZS 1000 dan ini adalah versi Road bike. Sebenarnya model ini masih sama menggunakan enginenya R1.
Ø Strategi Pengembangan Teknologi
Yamaha Motor
Strategi yang dilakukan PT. YAMAHA
MOTOR dalam perkembangan usahanya dan produk – produknya adalah dengan membuat
model motor yang lebih ringan, mengaplikasi up side dowd pada ford depan, sasis
yang sangat stabil, ezhaust system, design yang cantik, handling up, dan
power yang luar biasa, dan juga memasarkan produk – produknya ke luar negeri
dengan harga yang terjangkau.
Ø Produk dan Jasa yang ditawarkan
- YAMAHA V-IXION
- JUPITER Z
- JUPITER MX
- VEGA R
- YAMAHA MIO
- YAMAHA MIO SOUL
- RX-KING
- VEGA R
- YDS
- YR1 350
- YZF-R6
- YZF-R1
- FJ 1100
- FZR650
- FZR1000
- DLL
Ø Sedangkan Jasa yang Ditawarkan adalah:
- Perawatan kendaraan
- Pendidikan akan tehnik – tehnik mesin
Ø Target Pemasaran
Target utama PT.Yamaha Motor adalah
masyarakat kelas menengah,meskipun di bidang perseroan tetap memproduksi
berbagai merek untuk beragam kelas ekonomi dan usia,baik itu wanita maupun
pria.
PT.Yamaha Motor menjajaki penjualan
produknya ke negara-negara asia, maupun eropa seperti Eropa, Amerika,
Australia, Jepang, Korea, Indonesia, Malaysia. Dan pada saat ini pasar ekspor
produk motor dari Yamaha adalah ke Malaysia, Jepang, Eropa , Amerika,
Hongkong, Korea, Australia, Brazil, Thailand dan negara-negara lainnya.
Ø Strategi dalam Menghadapi Persaingan
Yamaha
Motor merencanakan untuk memperkenalkan
teknologi orisinal terkini ke dalam produksi sepeda motor di negara-negara
Asia, termasuk Indonesia, sebagai bagian dari usaha strategi promosi yang
dispesifikasikan pada NEXT-50 atau masa pertengahan dalam perencaan manajemen
Yamaha.
Dengan
mempercepat program pengembangan teknologi yang dibutuhkan untuk bisnis, Yamaha
akan menjadi lebih kompetitif. Yamaha dalam hal ini fokus pada kualitas
performa berkendara, setia dalam mendesain, dan berwawasan lingkungan. Untuk
mencapainya, Yamaha menekankan pada teknologi aluminium dan Fuel Injection.
Saat
ini, Chief Engineer Yamaha Motor CO, memperkenalkan 5 terobosan teknologi untuk
negara asia, yakni DiASIL Cylinder, CF Aluminium die-cat part, Fuel Injection,
precision forged piston, dan liquid cooled four stroke engine.
Pada JMS 2004, Yamaha Motor memamerkan sepeda motor Infineon-Z, sebuah motor konsep yang mengandung teknologi di atas, motor itu mengintegrasikan desain eksklusif Yamaha dan fungsi dengan visi terobosan lingkungan.
Pada JMS 2004, Yamaha Motor memamerkan sepeda motor Infineon-Z, sebuah motor konsep yang mengandung teknologi di atas, motor itu mengintegrasikan desain eksklusif Yamaha dan fungsi dengan visi terobosan lingkungan.
Perusahaan
ini ingin menjadikan sepeda motor berevolusi sebagaimana yang terjadi pada
Nouvo dan Mio, yakni kendaraan komuter bertransimisi otomatis.Dengan
Infineon-Z, Yamaha ingin meningkatkan nilai brand dan memberikan tingkat
kepuasan pelangan yang lebih tinggi. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
(YIMM) memiliki 30 tahun sejarah di Indonesia. Saat ini perusahaaan itu
memosisikan untuk berkembang lebih jauh lagi.”Penjualan unit diproyeksikan akan
mencapai 870.000 unit pada tahun 2004. dengan mengeluarkan model-model baru
yang memiliki fitur teknologi terbaru, PT. Yamaha berharap dapat mencapai
penjualan di atas 1 juta unit pada tahun 2005,”dibagian lain, yaitu teknologi
Eksklusif All-Aluminium, tanpa plat, dan DiASIL Cylinder tanpa lapisan yang
menghasilkan performa pendingin 60 persen lebih baik. Sementara dalam hal
desain, 30 persen lebih ringan ketimbang yang konvensional.Teknologi DiASIL
cylinder ini telah diterapkan pada Grand Majesty (skuter besar) yang dipasarkan
di Jepang. Sementara itu precision forget piston yang meminimasikan proses
kerja mesin diterapkan pada sepeda motor XJR1300, motor sport dikawasan Eropa
dan Amerika.Tentang Fuel Injection, Yamagata menambahkan alat ini biasanya
dipakai untuk kendaraan roda empat dan motor besar, tapi Yamaha Motor telah
menemukan sistem yang optimal fuel injection mesin sepeda motor kecil 4
langkah. Sistem ini telah diterapkan sejak tahun 2002 pada unit sepeda motor
Majesty 125 FI yang dibuat Yamaha Taiwan.
Ø KEAMANAN DARI MOTOR YAMAHA
Dengan
kondisi seperti saat ini membuat sepeda motor menjadi pilihan paling praktis
dan ekonomis sebagai alat transportasi pribadi maupun keluarga. Kemampuan
melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi
kendaraan bebas macet” dan efektif, sementara itu komsumsi bahan bakar yang
sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis. Namun sangat disayangkan
juga ketika demikian mudahnya memperoleh sepeda motor tidak dibarenginya dengan
kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman.Masih banyak kita lihat
orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya atau sangat lamban dan
lain-lain yang membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain yang ada
disekitarnya.
Menurut
Suvey dari Tim Safety Riding Couse lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor
disebabkan oleh faktor manusianya sendiri selain dari faktor kendaraan dan
lingkunganya. Oleh sebab itu PT.Yamaha Motor menciptakan suatu rem cakram
dengan lebih baik dan matang agar pengguna kendaraan motor mendapatkan keamanan
dan kenyamanan didalam berkendara.
Ø PROSPEK PERUSAHAAN YAMAHA MOTOR
Prospek
perusahaan Yamaha motor adalah meningkatkan dan mempertahankan kualitas mesin
dan performa dalam mendesain motor-motor yang ramah akan lingkungan dan hemat
akan bahan bakar, agar dapat mengajak, meningkatkan minat dan permintaan dari
masyarakat luas untuk menggunakan motor-motor yang didesain oleh PT. Yamaha
Motor tetapi juga terus mengupayakan berbagai perubahan-perubahan pada motor
yamaha yang diselaraskan dengan perkembangan masyarakat tersebut. oleh karena
itu PT. Yamaha Motor memiliki visi dan misi yang isinya adalah sebagai berikut:
Visi : menjadikan perusahaan Yamaha
Motor sebagai penyalur sepeda motor NO.1 dan yang terbaik di Jepang, Indonesia,
dan negara-negara lainnya.
Misi : mengembangkan bisnis
perusahaan Yamaha Motor melalui produk-produk motornya yang berkualitas dan
asli Jepang, yang terdistribusikan secara regional Indonesia dengan dasar
Customer Satrisfaction dan Information Technology.
No comments:
Post a Comment