KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO - JAMBI
TELP 0747 321715 HP. 0852 6601 0191
cara mengganti roller matic
Untuk menjaga motor tetap nyaman dipakai atau yang ingin tarikan
motornya menjadi lebih panjang sehingga ketika berkendara menjadi lebih
nyaman dan bandel kita harus mengecek Roller motor kita apakah bentuknya
sudah tidak bundar lagi, jika iya maka anda harus segera menggantinya.
Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga memungkinkan variator dapat membuka dan memberikan merubah lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.
Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.
Buka baut pengunci rumah puli pakai kunci 17 mm. Jangan lupa untuk
mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar pakai baut 12 mm panjang
6,5 cm yang diletakan menghadap crank-case bagian atas.
2. Tarik keluar ring penganjal bushing
Lalu tarik keluar ring penganjal
bushing rumah roller. Jangan lupa pasang lagi ketika proses ganti roller
sudah selesai. Ingat, posisi pasangnya sesudah kipas puli bagian luar.
3. Cek kondisi roller
Setelah puli terbuka semua, cek kondisi roller. Jika aus atau lebih dikenal dengan istilah peyang, baiknya diganti baru.
untuk penggantian sebaiknya ganti semua roller jangan hanya satu atau dua saja
4. Pasang roller pengganti
Ketika meletakan roller pengganti, perhatikan juga posisinya. Buat roller rata (pakai satu ukuran berat), silakan taruh di got roller mana saja. Tetapi, kalau kombinasi, baiknya letakan roller yang lebih ringan di bagian depan sebelum roller berat. oh ya, posisi roller yang ringan ada di sebelah kiri dan roller berat di sebelah kanan.
5. Pasang lagi rumah roller
Pasang lagi rumah roller ke posisi semula. Hanya, proses pengerjaan kebalikan dari proses membuka.
Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga memungkinkan variator dapat membuka dan memberikan merubah lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.
Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.
Untuk ukuran roller itu banyak macamnya sesuai jenis motor maticnya..
Motor & Ukuran roller
Yamaha
Mio GT: 9,5 gram
Soul GT: 9,5 gram
Mio J: 9,5 gram
Mio Fino: 10 gram
Xeon RC : 9,5 gram
Mio Soul: 10,5 gram
Mio Sporty: 11 gram (2004-2006) 10,5 gram (2007)
Xeon: 10 gram
Nouvo: 11 gram
Honda
BeAT-FI: 9 gram
BeAT: 9 gram
Vario: 15 gram
Vario Techno: 15 gram
Vario: 15 gram
PCX: 18 gram
Suzuki
Hayate: 15 gram
Skydrive: 15 gram
Skywave: 15 gram, 12 gram (2010 ke atas)
Spin: 12 gram
nex: 10 gram
Yamaha
Mio GT: 9,5 gram
Soul GT: 9,5 gram
Mio J: 9,5 gram
Mio Fino: 10 gram
Xeon RC : 9,5 gram
Mio Soul: 10,5 gram
Mio Sporty: 11 gram (2004-2006) 10,5 gram (2007)
Xeon: 10 gram
Nouvo: 11 gram
Honda
BeAT-FI: 9 gram
BeAT: 9 gram
Vario: 15 gram
Vario Techno: 15 gram
Vario: 15 gram
PCX: 18 gram
Suzuki
Hayate: 15 gram
Skydrive: 15 gram
Skywave: 15 gram, 12 gram (2010 ke atas)
Spin: 12 gram
nex: 10 gram
Namun jika motor anda ingin tarikanya lebih cepat di jalur drag lagi
gunakan roller yang ukuran lebih kecil dari ukuran aslinya....
Jika ingin track jauh gunakan saja roller standar pabrik.
Untuk mengganti roller caranya cukup mudah buka rumah CVT dengan kunci T
10 mm dan T 8 mm, untuk buka puli penggerak cukup modal baut dan kunci
17 mm.
1. Buka baut pengunci rumah puli
2. Tarik keluar ring penganjal bushing
3. Cek kondisi roller
Setelah puli terbuka semua, cek kondisi roller. Jika aus atau lebih dikenal dengan istilah peyang, baiknya diganti baru.
untuk penggantian sebaiknya ganti semua roller jangan hanya satu atau dua saja
4. Pasang roller pengganti
Ketika meletakan roller pengganti, perhatikan juga posisinya. Buat roller rata (pakai satu ukuran berat), silakan taruh di got roller mana saja. Tetapi, kalau kombinasi, baiknya letakan roller yang lebih ringan di bagian depan sebelum roller berat. oh ya, posisi roller yang ringan ada di sebelah kiri dan roller berat di sebelah kanan.
5. Pasang lagi rumah roller
Pasang lagi rumah roller ke posisi semula. Hanya, proses pengerjaan kebalikan dari proses membuka.
6. Perhatikan kondisi ring pengganjal kipas
Jangan lupa perhatikan kondisi ring pengganjal kipas puli bagian
luar. Pastikan setiap gigi ring mengunci rapat pada gigi as rumah
roller. Kalau enggak pas, takutnya bisa menyebabkan kedua gigi termakan
atau slek.5
7. Kencangkan baut pengunci rumah roller
Kencangkan baut pengunci rumah
roller. Jangan lupa! Untuk menghentikan putaran, gunakan lagi baut
pengganjal rumah roller. Kali ini, baut diposisikan menghadap crank-case
bagian bawah.
semoga postingan kali ini bermanfaat.....
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
Hanya melengkapi saja gan, siapa tau bermanfaat kan ?
ReplyDeletehttp://www.lukmanulhakim.id/cara-pasang-roller-motor-matik/
Maaf mau tanya roler fino kan sisi sama sisi kelihatan sama kalo pemasangana dibolak balik sama kah ?
ReplyDelete