Tuesday, October 21, 2014

MODIFIKASI KARBURATOR VAKUM AGAR TARIKAN RESPONSIF

MODIFIKASI KARBURATOR VAKUM AGAR TARIKAN RESPONSIF

Karburator vakum (CV) tidak sereponsif karburator konvesional. Masalahnya karburator tipe CV kerjanya berdasarkan kevakuman di ruang bakar sehingga irit bahan bakar. Tetapi, gara-garanya lagi karburator vakum banyak diaplikasikan ke motor keluaran terbaru. Inilah yang menjadi kendala bagi yang memiliki idola kebut-kebutan dijalanan.

Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional agar bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM. Tetapi jangan khawatir, masih ada alternative lain dibanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan, dijamin cara tersebut dapat merespon mesin lebih bagus.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Perbesar Lubang Main Air Jet
 Main air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi.(Coba perhatikan skema 1)









Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar. (Coba perhatikan skema 2)


2. Seting Spuyer
Setelah lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraannya Pilot jet turun satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naik kan hingga sekitar 150, Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naik kan hingga warna busi muncul kecokelatan.



Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191

Untuk modifikasi / korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
 NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO – JAMBI
HP. 085266010191
 

1 comment:

  1. MARI BOSS DI ORDER FILM P0RNO NYA DI JAMIN PUAS LHOO, GAMBAR KHUALITAS HD , NO SENSOR DAN GAK PECAH.
    PROMO BAGI PEMESANAN FLASHDISK 64GB DAN 32GB ISI FUL FILM BOKEP TERBARU, DAPAT BONUS LHOO

    Pemesanan DAN PEMILIHAN FILM HUB;
    Via BBM : 2B9B8FE3
    Via SMS : 0822 4389 1465
    *T1D4K MENERIMA TELEPON !!*
    Via Email : puspitaayuk9@gmail*com

    F1LM ARTIS BOKEP DALAM NEGRI MAUPUN LUAR NEGRI
    KAMI MENYEDIAKAN DALAM BENTUK:
    -DVD DISK,
    -FLASHDISK,
    -MEMORY CARD,
    -HARDISK
    Buruan Order Gan/Sist Harga Promo + Bonus .

    ReplyDelete