Thursday, April 24, 2014

bongkar motor berkali kali tanpa ganti gasket

pulang dari sholat jumat sambil nunggu istri buat kopi, trik dan tips satu lagi dari Nuansa motor Engineering School. .cara mudah agar gasket atau perpak dapat di pakai terus walau sering bongkar mesin. sebelumnya yg di depannya sudah ada kopi, yuk srupuuttt kopi dulu...he..he...trik ini selalu saya lakukan ketika ketika ngoprek motor balap, karena kadang kala kita lupa bawa cadangan perpak waktu balapan apalagi balap di kota lain yang suli kita cari spare part motor. .jadi the power of kepepet..sudah sering2 jadinya mikir...caranya sebelum kita pasang gasket sisi kiri dan kanan kita lumasi dengan oli bersih, setelah itu baru kita pasang...memang setelah terpasang rasanya ada sedikit basah di persambungan tepat di gasket..hal ini tidaklah mengapa karena oli tidak mungkin bocor. .dan nanti saat kita bongkar lagi maka gasket tetap utuh...hanya untuk motor balap...bukan harian..salam dahsyaatt dari kursus mekanik NuansaMotor EngineeringSchool muara bungo jambi. ...yg ingin kursus gabung di jln Teuku umar rimbo tengah muara bungo. ...0747 321715 hp 085266010191. ..

TIPS AGAR BUSI MATI KEMBALI HIDUP.

 Bismillahirohmanirrohim..
bersyukur kepada Allah SWT, dan Sholawat hanya untuk nabi Besar Muhammad SAW...
kali ini saya akan memberikan tips yang mungkin bermanfaat bagi para pembaca sekalian tentang mengakali busi yang telah mati.
Biasanya busi di  sebut mati apabila tidak memercikkan bunga api atau bisa jadi memercikkan bunga api tetapi apinya menyebar sehingga saat pengapian motor kita menjadi kacau dan al hasil motor kita tidak bisa hidup.
ada trik sederhana yang bisa di lakukan yaitu dengan memecahkan keramik yang ada pada elektroda busi. maksud pekerjaan ini adalah agar elektroda busi dapat benar benar terpisahkan dari masa busi, karena busi yang mati itu sebenarnya antara elektroda dan masa busi terhubung baik olek timbunan kerak yang bercamppur dengan zat zat cair ataupun bahan lain yang bersifat menghantarkan arus listrik.. jadi pembaca yang di rahmati allah Swt... jika kita dalam perjalanan mengalami kendala busi yang mati bolehlah mencoba tip dari Kursus Mekanik Nuansa Motor Engineering School Muara bungo Jambi ini....

Wednesday, April 23, 2014

MODIFIKASI KOPLING AGAR TARIKAN RESPONSIP.

Bersyukur kepada ALLAH SWT, saya kembali bisa berbagi walau sedikit tentang bagaimana agar kopling di sepeda motor kita dapat lebih baik kinerjanya. inti dari pekerjaan ini adalah agar kampas kopling dan plat kopling dapat berpelukan dengan lebih erat sehingga ketika pengendara melepaskan handel kopling maka motor secara cepat akan bergerak.

beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kampas kopling dan pelat kopling dapat berpelukan dengan erat adalah
1. mengganti per kopling yang lebih keras dan punya kinerja tinggi
2. menambah jumlah pelat kopling sehingga ketebalan total dari kampas dan plat meninggkat yang memaksa per kopling bekerja lebih keras
3 Menambah jumlah kampas kopling
4 memotong tiang dudukan baut per kopling. langkah ini juga akan memaksa per menekan lebih kuat..

yang paling mudah adalah menambah 1 (satu) jumlah pelat kopling. agar para mekanik pemula dapat lebih mudah untuk mendapatkan dan agar lebih mudah juga di kembalikan standar lagi.

salam NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL MUARA BUNGO JAMBI.

CARA MENGHITUNG RASIO KOMPRESI

Bissmillahirrohmanirrohim...
bersyukur kepada Allah Swt dan bersholawat kepada Nabi akhirul Zaman Muhammad Saw...
Pembaca yang di rahmati oleh allah Swt.
Kali ini kita akan mengulas dan memahami kembali bagaimana cara menentukan rasio kompresi di motor kita maupun motor balap yang sedang kita bangun..
pada dasarnya  kompresi  juga di sebut tekanan sedangkan rasio kompresi adalah perbandingan tekanan dalam hal ini adalah perbandingan isi silinder berbanding dengan isi ruang bakar. karena kita sama sama mengetahui bahwa piston di dalam mesin 4 tak membuat tekanan yang di mulai pada saat bergerak dari titik mati bawah ( TMB ) sampai dengan Titik mati Atas ( TMA ) sedangkan kalau kita amati pergerakan piston  dari TMA ke TMB masih ada satu komponen yaitu klep Masuk yang belum tertutup oleh karena penutupan klep masuk berkisar 45 s/d 65 derajat setelah TMB yang berarti bahan bakar yang di kompres oleh piston mulai efektip pada saat klep masuk sudah tertutup. sedangkan kompresi yang di lakukan oleh piston yang mulai bergerak dari TMB tidak lah efektif karena klep masuk belum tertutup. oleh karena itu sesungguhnya ada dua macam rasio kompresi yaitu rasio kompresi biasa dan rasio kompresi efektif.
pada ulasan kali ini kita akan membahas rasio kompresi biasa, pembahasan rasio kompresi efektip akan kita ulas nanti ( doakan tetap sehat dan mantap )

Rasio kompresi itu adalah penjumlahan antara isi  silinder dan isi ruang bakar di bagi dengan isi ruang bakar atau dapat kita buat rumas sebagai berikut :

                                isi silinder + isi ruang bakar
Rasio Kompresi = -------------------------------
                                        isi ruang bakar

 sedangkan untuk mengetahui isi silinder ;
                                             3.14 x D x D x L
isi silinder(displacement) = -------------------
                                                   4000

sedangkan untuk mengetahui isi ruang bakar kita harus menggunakan sebuah alat ukur yang di sebut dengan buret karena akan sulit menghitung isi ruang bakar menggunakan rumus hal itu di sebabkan bentuk ruang bakar yang tidak beraturan juga bentuk muka piston yang juga tidak beraturan  seandainya bentuk ruang bakar persegi atau setengah bola maka di mungkinkan menghitung isi silinder dengan menggunakan rumus;

 
gambar buret.

Saudaraku kita lanjutkan kembali jika ada sebuah sepeda motor dengan diameter silinder 54mm dan panjang langkah piston 55mm. kemudian isi silinder ketika di ukur dengan buret adalah 12cc maka berapa rasio kompresinya,

coba kita masukkan ke dalam rumus
isi silinder = 3,14x54x54x55/4000
maka akan kita dapatkan  isi silinder motor kita 125,89 cc
sehingga akan kita ketahui rasio kompresinya adalah

RK = 125,89+12/12
maka akan kita dapatkan rasio kompresinya adalah 11,49 berbanding 1

salam dahsyaat... dari kursus mekanik NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL JAMBI
yang ingin ikut kursus bisa kontak 0747 321715 atau hp. 085266010191...

Tuesday, April 22, 2014

TRIK MENGHADAPI MOTOR MATI ATAU MOGOK

Bismillahirrohmanirrohim...
semoga para pembaca di berkahi oleh Allah swt.. kembali saya akan memberikan entri baru bagi blog yang saya kelola yang tentunya membawa manfaat buat orang lain.
kali ini tentang cara menghadapi motor mati atau mogok yang dalam hal ini pernah di alami oleh setiap pengendara.
Pada prinsipnya ada beberapa syarat suatu mesin itu bisa hidup dan melakukan pembakaran yang nanti akan membawa pengendara berjalan jalan sesuai dengan kemauan pengendara.
Syarat mesin agar bisa hidup di antaranya
1. Kompresi
2. Bahan bakar
3. Pengapian
4. Udara
perlu kita ketahui apabila kita sedang berkendara dan tiba tiba motor kita berhenti mendadak atau bahkan ketika kita mau menghidupkan motor setelah di parkirkan tetapi tidak bisa hidup. maka setelah membaca blog ini jangan bingung. ada beberapa langkah darurat yang perlu kita lakukan.

Langkah 1
tentunya pastikan bahan bakar di dalam tangki minyak masih tersedia. bahan bakar ini merupakan syarat mutlak sepeda motor dapat hidup, kecuali kalau kita mau dorong motor itu...hitung hitung biar sehat...
bahan bakar di dalam tangki saja tidak bisa menghidupkan mesin...bahan bakar yang bisa menghidupkan mesin adalah yang di hisap masuk ke dalam ruang bakar melalui karburator.

Langkah 2
apabila langkah pertama sudah di jalankan dan ternyata bahan bakar masih tersedia maka langkah berikutnya  mulai kita buka tool kit ( kunci Kunci ) bawaan  sepeda motor kita. tenang semua bisa melakukan hal ini. terus ikuti....buka tool kit dan cari kunci busi berbentuk tabung yg ada lubangnya. dan mulailah membuka busi.

dengan membuka busi maka ada beberapa hal yang akan kita ketahui antara lain :

I. dengan buka busi kita bisa mengetahui pengapian. cara mengetahui percikan pengapian di busi adalah dengan memasang busi ke dalam kepala busi dan tempelkan masa busi ke bodi mesin motor, posisi kunci kontak di on kan dan coba selah engkol atau pijit tombol stater. pada saat motor di engkol sambil lihat apakah busi memercikkan api atau tidak.( jangan pegang busi tanpa tertempel di bodi motor ya...? nanti rambut bisa keriting...he..he kena setrum) jika tidak memercik maka lanjutkan dengan membuka kepala busi dari kabel busi lalu dekatkan ujung kabel busi yang dari koil ke bodi mesin sambil di engkol, apa bila juga tidak ada maka kita telusuri jalur jalur pengapian ( di tulisan yg akan datang ) tetapi jika saat tes busi tadi busi memercikkan api maka kita ikuti langkah berikutntya.

II. Dengan membuka busi maka kita bisa melihat kompresi. dengan cara menutup lubang busi dengan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah sambil di engkol, dan pastikan jari kita di dorong oleh udara yang terkompres dari dalam silinder serta ada bunyi tembakan... jika tidak ada maka bisa jadi kompresi motor kita hilang di sebabkan oleh klep bocor atau reng piston longgar / lengket. atau bisa juga klep terganjal kotoran,. untuk mengantisipasi hal tersebut ada langkah darurat yang bisa kita lakukan yaitu dengan memasukkan oli kira kira 3 sendok makan ke dalam lubang busi, pada saat oli sudah masuk, tutup lubang busi dengan jari yang di lapisi dengan  kain dan engkol dengan keras motor kita, tujuannya di harapkan kotoran yang mengganjal klep bisa keluar di dorong oleh hempasan oli dan juga oli bersifat dapat menutup celah kecil.

III. Dengan membuka busi juga kita bisa membaca karakter dari mesin kita, karakter mesin dapat terbaca dari warna pada elektroda busi, warna busi keputih putihan menunjukkan bahan bakar terlalu kecil, ( bisa di sebabkan suplai bahan bakar ke karbu sedikit karena ada sumbatan pada selang minyak atau pada saringan), warna busi ke hitam hitaman menunjukkan bahan bakar terlalu boros atau bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna akibat pengapian yang hilang timbul, Elektroda busi basah oli di sebabkan karena ada oli mesin yang ikut terhisap masuk ke ruang bakar ( di sebabkan reng atau blok silinder gores atau oli yang menyusup dari olisil klep.

Langkah 3
pastikan  anda telah mengerti dan menjalani langkah ke dua yang sangat penting di lakukan. dan pastikan kompresi dan pengapiannya ada. lanjutkan dengan memasang kembali busi ke dalam lubang busi. dan coba hidupkan motornya... ketika setiap langkah di lakukan, maka motor kita di pastikan hidup, jangan lupa juga memeriksa saringan udara, karena saringan udara menentukan suplai udara ke ruang bakar..

Monday, April 21, 2014

cara cepat jadi mekanik

CARA CEPAT JADI MEKANIK...
Bismillahirrohmanirrohimmm...Alhamdulillah..bersyukur kepada Allah SWT kembali saya menyempatkan diri untuk menulis di blog yang saya cintai ini, untuk sekedar berbagi informasi kepada pembaca tentang bagaimana caranya agar kita bisa secara instan atau cepat menjadi mekanik dan bisa buka bengkel sendiri yang nantinya bengkel yang kita buat tetap bertumbuh dan menjadi usaha andalan bagi keluarga, sholawat serta salam selalu kita limpahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, semoga kita mendapat syafaatnya di hari kiamat kelak...
saudaraku yang di rahmati ALLAh SWT. semestinya tidaklah sulit bagi kita untuk mendapatkan usaha andalan yang akan menopang kehidupan kita. salah satunya yang banyak di rasakan oleh pendahulu pendahulu pemilik bengkel motor. cara tercepat adalah mengetahui dan tentunya menguasai tehnik mekanik sepeda motor agar bengkel yang kita dirikan lebih terarah dan biasanya konsumen akan lebih senang dan mempercayai pemilik bengkel yang ahli di bidang  mekanik. akan tetapi jika kita tidak bisa menguasai tehnik mekanik sepeda motor, kita masih bisa buka bengkel sendiri dengan menggunakan mekanik orang lain yang bisa menghandel pekerjaan mekanik dengan cara bagi hasil misalnya.
untuk cara cepat menjadi mekanik, saudara dapat bergabung di NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL satu satunya kursus mekanik di propinsi jambi yang menggunakan metode cepat  IPLS (instan Power Learning System) yang berkedudukan di Jln. Teuku Umar, Arah Rumah Sakit Umum, Muara Bungo Jambi, yang pada saat saya menulis ini sudah angkatan ke XVII ( tujuh belas ) di kursus ini tidak lah banyak persyaratan dan tidak menentukan latar belakang / tamatan sekolah formal serta tidak mempermasalahkan usia, semua tentunya di permudah untuk masuk dan bisa secepatnya belajar dan bisa melahap ilmu untuk sesegera mungkin dapat membuka bengkel sendiri. kursus yang di dukung pemerintah daerah dan menjadi salah satu anggota Asosiasi Lembaga Pelatihan Keterampilan Swasta di Kabupaten Bungo.
untuk panduan bagi saudaraku mengetahui NES (nuansa motor engineering school) Muara bungo,berikut ini fasilitas yang di peroleh
FASILITAS KURSUS NES :
1. Jaminan belajar sampai bisa, setiap siswa yang kursus mekanik dan menyelesaikan pelatihan di jamin sampai bisa dalam waktu reguler kira kira 3 bulan, jika dalam waktu reguler tersebut siswa dalam evaluasi belum bisa, dapat melanjutkan terus hingga bisa dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.
2. Siswa Terbaik Langsung kerja. di berikan kesempatan kepada siswa yang terbaik untuk disalurkan ke dealer dan bengkel bengkel, walaupun tujuan sesungguhnya adalah untuk membuka usaha sendiri, namun dengan pengalaman bekerja yang lebih banyak maka siswa mendapatkan bekal lebih untuk buka bengkel sendiri.
3. Asrama / Penginapan di sediakan secara gratis, bagi siswa yang berada di luar kota muara bungo di berikan penginapan, seperti salah satu siswa yang berasal dari papua Tri Markus..
4. Metode belajar Cepat dan Menyenangkan, Oleh karena tujuan kursus mekanik di Nes adalah buka Bengkel sendiri atau menjadi mekanik yang profesional maka pembelajaran lebih banyak praktek dari pada teori.
5. Konsultasi dan bimbingan Selamanya, setiap siswa yang telah menamatkan kursus ini dan telah bekerja atau membuka usaha sendiri, apabila ada kesulitan dalam bidang tehnik atau manajemen dapat konsultasi dan bimbingan selama lamanya. sehingga alumni dan instruktur dapat bersosialisasi secara kekeluargaan.
6. setiap siswa mendapatkan program PLUS, di samping mempelajari tehnik sepeda motor juga mempelajari tehnik perbaikan mesin diesel, genset, mesin rumput, sinsaw dll.
7. Mendapatkan kemeja mekanik / team Balap
8. instruktur berpengalaman dan betul betul mempunyai bengkel motor sendiri sehingga bisa lebih mengetahui problematika seputar bengkel motor.
9. Bonus silang materi, setiap siswa yang ambil jurusan mekanik standar di berikan materi modifikasi mesin balap motor.
10 dapat membangun motor balap di kampus yang di bantu oleh mekanik team balap Nuansa Motor.

WAKTU BELAJAR
waktu belajar dapat di sesuaikan dengan siswa

PERLENGKAPAN BELAJAR
Seluruh perlengkapan belajar, buku dan ATK di sediakan oleh pengelola.
BIAYA BELAJAR
semua program belajar yaitu Mekanik Profesional + modifikasi mesin balap + program Plus ( diesel genset ) + Tehnik Pengelasan   cukup di tebus dengan Rp. 4.000.000 ( empat Juta  Rupiah ) bagi saudaraku yang ingin mengambil hanya satu program saja biaya belajar cukup murah.

untuk informasi kunjungi :
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
Jln. teuku umar arah Rumah Sakit Umum, Muara Bungo, JAMBI.
Telp. 0747 321715 atau HP. 085266010191.
salam dahsyaat..... sambil sruput kopinya.....




Tuesday, April 15, 2014

kisah tak terlupakan mekanik motor

Sahabat. ..makin hari umur kita makin berkurang.  seandainya kita bisa memanfaatkan hidup ini pastilah lebih bermakna...ini yang selalu saya pikirkan ketika itu ...sehingga suatu saat sehari hari selalu berjibaku dengan mesin sepeda motor dan beberapa mesin kecil seperti genset, mesin diesel dan mesin rumput dan lainnya lama lama terasa makin mudah mengerjakannya. .apakah ini yg disebut mahir.. di tambah lagi hobiku ngilik motor balap yg ketika itu sudah mengikuti semua seri region 1 sumatera dan final OMR Yamaha di kemayoran..aku ingat YAMAHA NUANSA MOTOR RACING TEAM ..aku senang walau ngoprek motor sampai larut malam tidak pernah sayu haripun membosankan. .   Suatu hari setelah pulang dari sholat subuh di masjid dekat rumahku. .terbitlah niat untuk berbagi ilmu..yg kala itu belum tahu caranya. ..aku makin menikmati usahaku untuk mendapatkan cara mengajarkan ilmu mekanik kepada orang lain yg ingin belajar mesin dan ingin punya bengkel sendiri. ..Pada tanggal 9 september 2009 resmi kursus mekanik NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL berdiri di backup oleh pemerintah daerah Bungo. ...saya menawarkan cara belajar cepat dan menyenangkan...di mulai dengan angkatan I (pertama) dengan 10 orang siswa...kini pada saat saya menulis tgl 15 april 2014 sudah angkatan 17 (tujuh belas)..saya bersyukur kepada ALLAH SWT..dan saya bertekad ingin mengabdikan diri untuk lebih banyak lagi berbagi ilmu mekanik kepada orang lain yg berniat membuka bengkel sendiri sebagai peluang bisnis dan pembukaan lapangan kerja baru....hari ini saya masih menangani team balap HONDA NUANSA MOTOR AUTO SPEED RC3  Muara Bungo. ..anda yang berminat kursus mekanik bisa kontak kami di 0747 321715 dan hp 085266010191. ...selamat bergabung. .dan sambut hari depan gemilang bersama kami....bersambung. ...sambil sruput kopi....