Thursday, July 11, 2019

PENYEBAB MOTOR GOYANG GEAL GEOL.


PENYEBAB MOTOR GOYANG GEAL GEOL.

ASSALAMUALAIKUM ..
Selamat pagi  Selamat Beraktifitas Sahabat Dahsat Nuansa Motor  !
Pada kesempatan kali ini admin akan mebeberkan info mengenai 9 hal yang membuat sepeda motor kita bergoyang .  Langsung aja ya !
1. Bosh Swing Arm alias bosh lengan ayun alias capit udang . Cirinya saat gas motor di betot motor geol . Roda belakang akan narik kekiri . Kalau dibawa ngebut jalannya ngga stabil .
2. Gear Belakang Peang ,bikin jalan motor kaya orang kena bisul , hehe .
Jalan sedikit aja udah goyang . Apalagi di gas mentok ! Penyebabnya gear tidak terpasang dengan kuat , jadi rantai tidak berjalan mulus di rel nya .
3.  Nap Gear alias tempat dudukan gear aus . Dudukan bearingnya sedah longgar . Sehingga bearing bisa bergerak , tidak diam ditempat .
4. Sobreker , sumbernya berasal berasal dari as didalam sobreker sudah oblak . Saat dibawa nikung dan jalan kencang roda terasa goyang . Apalagi saat ngerem , meski jalan pelan , roda belakang tetap goyang .
5. Velg , jika sudah ngga bulat kagi tentu saja membuat motor oleng . Bisa di press untuk memperbaikinya .
6. Shok breker depan terlalu empuk atau rusak karena habis olinya, bisa juga tidak seimbang pantulannya antara kanan dan kiri.
7. pemasangan ban luar yang tidak presisi, ini dapat di perhatikan dari garis ban harus sejajar dengan pelak,
8. Laher roda yang sudah aus, cepat cepat di ganti ya, dapat terlihat dengan menggoyang roda ke samping kanan atau kiri.
9. konis stang, perhatikan kekencangan baut pengunci stang ya...stel agar tidak goyang..
Semoga Bermanfaat .
Wassalam

Wednesday, April 24, 2019

BAGAIMANA CARA GANTI BUSI


CARA GANTI BUSI

Assalamualaikum wr.wb
Banyak busi beredar di pasaran , mulai dari kaki satu , dua , bahkan tiga .
Tapi guys , itu bukan berarti kita bisa bebas gonta-ganti busi . Mengapa ? Karena ganti busi berpangaruh pada setingan mesin .  Penyebabnya perbedaan panjang , keramik , dan diameter ruang bakar dalam busi .
Awas , pemasangan busi ada rambu-rambunya . Nggak bisa asal pasang . Ujung elektroda harus rata dengan kubah ruang bakar .
Intinya , jika elektroda positif busi terlalu menjorok kedalam , kompresi motor naik . Begitupun sebaliknya . Jika elektroda kurang nongol , kompresi cenderung menurun .
Contoh , Busi NGK B105EGV . Panjangnya 19,9 mm dan keramiknya rata dengan dengan diameter busi . Lalu diganti dengan busi Denso W32ES-ZU yang memiliki panjang 18,9 mm . Dan keramiknya agak menjorok ke dalam dari diameter busi .
Dilihat dari panjangnya saja selisih 1 mm . Berarti ‘punting’ elektroda mendem . Otomatis ruang bakar dalam kubah semakin luas . Kompresi menurun . Efeknya kabut gas tidak bisa di mampatkan dengan cepat dan mesin menjadi basah .
Tapi hal tersebut bukan berarti haram ganti busi . Tentu saja boleh asal tahu aturannya . Caranya jika selisih 1mm ya diganjal paking 1 mm . Itu untuk harian . Berbeda dengan balap , mesti ada hitung hitungannya lagi tentunya .
Semoga Bermanfaat
Wassalam     

Monday, March 18, 2019

DAFTAR KODE RANTAI MOTOR


DAFTAR KODE RANTAI MOTOR

Assalamualaikum  Wr.Wb...semangaattt pagi ...salam kuku hitam....
Rantai, merupakan suatu komponen vital pada sepeda motor . Berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda belakang . Namun tahukah anda , bahwasanya rantai memiliki spesifikasi khusus , sehingga tidak semua rantai dapat digunakan pada sepeda motor tertentu . Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut .
Sepeda motor pada umumnya memiliki spesifikasi , bentuk , dan fungsi yang berbeda beda . Maka dari itu , spesifikasi dari rantai itu sendiri tentu berbeda  . Lihat saja ditoko onderdil misalnya , ada rantai berkode 415 , 420 , 428 , dan 520 .  Angka tersebut merupakan kode di rantai .
 Angka pertama menunjukkan jarak antara pitch atau pin mata rantai .  Contoh rantai 428 jarak antar pitch nya 0,5 inci atau 12,7mm . Ini berlaku sama pada rantai 415 dan 420 .
Agka berikutnya menunjukkan lebar sisi dalam pelat rantai . Misal di rantai 415 elebar 4,77 , dan rantai 420 menunjukkan 6,33 . Makin besar angka rantai pasti tambah lebar .
Jika dibelakang kode terdapat huruf , hal tersebut merupakan informasi tambahan atau type produk .  ontoh rantai dengan kode 428H , huruf H berarti rantai tersebut telah direinforced  atau telah diperkuat dengan proses khusus . Umumnya rantai terebut dipakai motor sport .
Soal aplikasi juga dibedain macam kode O yang berarti ada tambahan sil O-ring , MX untuk mototcross , atau ER untuk motor jalanan . Type 420 biasanya untuk motor 80 cc , 428 untuk 100 cc keatas , dan 520 untuk 200 cc keatas .
Satu lagi , warna rantai nggak berpengaruh kepada daya tahan atau kemampuan nya ya !  Karna itu hanyalah pemanis saja . Jadi saat finishing itu diproses coloring untuk warna enas atau perak .
So , jangan salah beli rantai ya !!! 

Friday, March 8, 2019

mengatasi tangki bocor


Mengatasi tangki bocor

Assalamualaikum wr.wb
Happy weekend bro !!
Tanki motor bocor bikin isi dompet ikut bocor ! Yupz , karena sudah pasti tanki bocor bikin bensin merembes . Akibatnya bensin ada yang terbuang sis-sia . Nah loh , puyeng kan ?
Ganti tanki , jelas kudu pake duit ! Ya iyalah masa pake daun !!
Buat yang ogah ngeluarin duit banyak , mending ikutin tips berikut aja ya !
Oke , kita mulai . Pertama sediakan pelat setebal 1 mm . Monggo dipotong selebar 1 cm , dan panjangnya menyesuaikan ukuran tanki yang bocor .  Nantinya pelat ini berfungsi untuk mempertebal bagian tanki yang rawan bocor .  Bagi yang udah bocor , sekalian bocornya ditambal dengan pelat ini .
Kemudian tarik garis lurus pada tanki yang bocor seukuran pelat yang dibikin tadi , lalu belah atau robek bagian tanki pada bagian yang diberi garis tadi . Sekarang tanki pun berlubang . Loh kok ?
Tenang , setelah itu las pelat tadi pada  bagian yang bolong tersebut .  Gunakan las kuningan , karena las kuningan memiliki titik lebur rendah tapi tetap kuat dan aman menjaga pelat tangki yang tipis agar tetap sip .
Oh ya ! Sebelumnya cuci dulu tanki supaya ngga meledak . Kan bahaya kalo ngelas tapi didalam tanki masih ada bensinya . Bisa kebakaran tuh !   Hehe . .
Semoga bermanfaat
Wassalam

Sunday, February 17, 2019

Pengetahuan tentang reng piston


Pengetahuan tentang  reng piston 

Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi guys !
Ngomog-ngomong soal ring piston , pada umumnya tersusun dari dua bagian . Yakni ring kompresi dan rig oli . Dimana ring kompresi berfungsi sebagai perapat kompresi alias pencegah kebocoran kompresi , dan ring oli berfungsi sebagai untuk menahan dan mengikis oli agar oli tidak ikut masuk keruang bakar pada saat piston begerak naik turun .
Oke , setelah mengetahui fungsinya , tidak ada salahnya kita mengetahui juga cara pasangnya . Karna pemasangan yang salah dapat menyebabkan ring bisa patah !
Sebelumnya ring piston motor 2 tak dan 4 tak memiliki perbedaan . Yakni peda piston 2 tak hanya terapat 2 buah ring . Keduanya merupakan ring kompresi .
Ingat , tebal 2 ring tersebut berbeda . Ring atas lebih tipis . Pada piston 2 tak , perhatikan nok penahan alur ring . Nok berfungsi menahan agar ring tidak bergeser . Ketika memasang ring , perlu juga perhatukan cekungan pada ring . Cekungan menghadap keatas ( muka piston ) . Kalo terbalik ring ga bisa dipasang . Bahkan bisa patah . Pada ring piston 4 tak , terdapat ring pembilas oli . Jadi pada piston 4 tak terdapat 5 buah ring . Yakni 2 ring kompresi , 2 ring penahan tipis , dan 1 buah ring spacer alias ring oli atau bisa juga disebut ring cacing . Cara pasangnya , pasang ring oli , lalu ring tipis pada bagian atas dan bawah ring oli . Lalu ring ompresi kedua setelah itu ring kompresi pertama .
Oh ya , pada piston 4 tak tidak terdapat nok penahan . Tapi arahcelah tiga ring haram sejajar . Paling gampang acak celah ring membentuk 60 derajat .
Setelah itu pasang pen piston diikuti spi pen piston . Lumuri piston dengan oli mesin untuk pelumasan pertama . Jangan lupa perhatikan tanda pada piton . Tanda panah menghadap luang buang .
Jangan terbalik ya !
Wassalam

Monday, February 11, 2019

BORE UP TAPI TETAP IRIT


BORE UP TAPI TETAP IRIT

Assalamualaikum Wr.Wb
Kemajuan zaman memang , sepeda motor saat ini semakin canggih , mulai dari teknoligi full injection , hingga transmisi otomatis alias matic . By The Way , membahas soal motor ompong alias matic , banyak orang yang mengeluh tentang  bahan bakar yang bisa dibilang boros , padahal yah bisa dibilang wajar boros , karena kebanyakan pengguna sepeda motor matic membetot grip gas lebih dalam untuk mencapai top speed yang di inginkan , sehingga bahan bakar yang dibutuhkan pun lebih dari biasanya dan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros .
Nah , kali ini admin akan memberikan tips mengenai cara irit matic dengan bore up , atau lebih beken disebut borit alias bore up irit  . Buat yang belum mengetahui apa itu bore up , nih admin kasih sedikit penjelasan .
Bore up adalah upaya memperbesarkapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter piston . Misalnya piston standar 50mm dengan langkah 55mm = 108 cc , jika diganti dengan piston berukuran 58mm dan langkah tetap 55mm , maka menjadi 145cc  , Itulah bore up .
Lalu bagaimana cara membuat bore up irit ? Simak tips berikut ;
1. Setting Kompresi
Kunci kesuksesan bore up irit terletak pada seting rasio kompresi ,. Sebab dengan pembesaran piston, mesin cenderung over compression . Mesin teriak , akselerasi bertambah tapi top speed biasanya mandeg . Untuk menghindaringya Rasio kompresi mesti dikembalikan mendekati standar . Caranya dengan memperbesar ruang bakar .
2. Noken As
Ini juga salah satu syarat borit , Noken As mesti diatur ulang durasi dan liftnya . Jika tidak mengerti cara atur ulangnya Anda bisa datang ke bengkel NUANSA MOTOR yang beralamat di Jalan Teuku Umar arah RSUD Hanafie  Bungo untuk membuat Noken As borit , atau bahkan belajar membuat Noken As itu sendiri .
3. Knalpot Boleh Standar
Borit itu asyik !! Mengapa demikian ?? Karena meskipun cc naik , knalpot standar pun masih oke dipakai . Jadi gimana ? Mau Borit ?
Semoga Bermanfaat .
Wassalam .

Wednesday, February 6, 2019

PENERIMAAN KURSUS MEKANIK TAHUN 2019


PENERIMAAN SISWA KURSUS MEKANIK   TAHUN 2019.

Alhamdulillah Nuansa Motor Engineering School Kursus Mekanik  Sepeda Motor adalah lembaga Pelatihan Keterampilan Swasta di Provinsi Jambi yang kegiatannya memberikan pelatihan mekanik sepeda motor, Sudah sampai pada angkatan 29, Semoga tetap memberikan manfaat, mencerdaskan dan mencerahkan serta dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Syarat Pendaftaran
 1. Mengisi Formulir Pendaftaran
2. Pas Fhoto 4x6 Warna 4 Lembar
3. Foto Copy Ijazah terakhir atau Identitas diri seperti KTP / KK/ SIM,
4. Laki - Laki

Fasilitas yang didapatkan
1. Penginapan GRATIS bagi siswa yang berasal dari luar daerah
2. Kemeja / Jersey Team Balap
3. Waktu Belajar Boleh Pilih Pagi atau Siang
4. Perlengkapan Belajar dan Alat Tulis GRATIS
5. Siswa Terbaik Langsung Kerja.

Jurusan :
1. Mekanik Profesional
2. Modifikasi Mesin Motor Balap
3. Las dan Bubut


Lama Belajar ;
 Belajar Reguler sampai Bisa rata rata 3 Bulan

Total Biaya Belajar Sampai bisa Mandiri (buka usaha sendiri)  Rp. 4.000.000 ( empat Juta Rupiah )
untuk fakir miskin/ tidak mampu Gratis.. dengan menunjukkan rekomendasi dari Panti Asuhan atau Badan Sosial.

info :
hp/Wa ; 085266010191
fb. Sutarman Nuansa.