Wednesday, January 20, 2016

Profil perusahaan Suzuki indomobil


PT. Suzuki Indomobil Motor merupakan salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia. Dimana perusahaan ini memproduksi kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. PT. Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) merupakan anak cabang perusahaan dari Suzuki Group yang berpusat di Jepang sehingga masih dikontrol secara terpusat oleh Suzuki Group.
Pada laporan makalah ini, penulis mengamati PT. SIM Plant TB II yang memproduksi mobil (R4). Pada tahun 1990, perusahaan ini mulai dibangun dan untuk pengoperasiannya baru dimulai pada bulan Mei 1991. Pada perusahaan ini merupakan tempat pembuatan body komponen dan proses perakitan mobil itu sendiri.
PT. SIM Plant TB II memproduksi beberapa jenis mobil yaitu seperti Futura, APV, Grand Vitara, Swift, dan Neo Baleno dan SX4. Perusahaan yang mempunyai ± 2400 karyawan ini, selain memproduksi mobil untuk domestik juga memproduksi untuk ekspor ke lebih dari 50 negara dan diantaranya adalah Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei, Taiwan, Afrika, Saudi Arabia, Chillie, Australia, New Zeeland dengan produk utama adalah mobil APV. Untuk sekarang ini, PT. SIM terus mengembangkan produk baru sehingga terus dapat bersaing dengan perusahaan otomotif lainnya.
B.  SEJARAH PERUSAHAAN
PT. Suzuki Indomobil Motor merupakan sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang berdiri dengan kekuatan 5 (Lima) buah perusahaan. Perusahaan tersebut adalah sebagai berikut :
1.   PT. Indohero Steel & Engineering Co.
2.   PT. Indomobil Utama.
3.   PT. Suzuki Indonesia Manufacturing.
4.   PT. Suzuki Engine Industry.
5.   PT. First Chemical Industry.
Lima perusahaan tersebut bergabung (Merger) dengan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia melalui surat pemberitahuan tentang persetujuan Presiden dari Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPN) nomor 05 / I / PMA / 90 tertanggal 1 Januari 1990, dan diperingati sebagai tanggal berdirinya PT.Indomobil Suzuki International, yang bergerak dalam bidang usaha Industri Komponen dan Perakitan kendaraan bermotor Merk SUZUKI roda dua (Sepeda Motor) dan roda empat (Mobil). Berikut ini merupakan perjalanan PT. Suzuki Indomobil Motor memulai eksistensinya :
ü  1976
Di bawah kepemiminan Soebronto Laras, Group Suzuki memulai produksi kendaraan bermotor roda empat dengan produk pertamanya Pick Up ST 10 dan Mobil Penumpang Suzuki Fronte.
ü  1977
Sejalan dengan program lokalisasi pemerintah, Suzuki mengembangkan kendaraan untuk keperluan komersial, yaitu Super Carry ST 20.
ü  1979
Produksi dengan kendaraan serbaguna Suzuki Jimmy LJ 80 dimulai dan beberapa sepeda motor, antara lain : GP 100, GP 125 dan Trail TS 100.
ü  1981
Suzuki Jimny LJ 80 dikembangkan lebih lanjut menjadi SJ 410 dengan pemanfaatan mesin empat selinder dengan kapasitas 1000cc, yang dikemudian hari menjadi mesin standart untuk produk kendaraan bermotor roda empat Suzuki di Indonesia.
ü  1983
Kendaraan komersial Suzuki ST 100 diluncurkan untuk menggantikan ST 20. Pada waktu yang bersamaan, setiap mesin dari kendaraan bermotor roda empat Suzuki telah melalui proses standarisasi.
ü  1986
Suzuki mendapatkan penghargaan “Market Leader Award” untuk kategori kendaraan R4.
ü  1990
Kendaraan penumpang Suzuki Forsa Amenity mulai diperkenalkan untuk permintaan pasar yang meningkat untuk kelas sedan 1300cc.
ü  1991
Peluncuran sepeda motor Suzuki RG 150, Suzuki Crystal dan Suzuki TRS X-2 melengkapi koleksi sepeda motor Suzuki di Indonesia. Pada tahun yang sama, kendaraan komersial Suzuki Carry 1.3 Futura dan kendaraan penumpang Suzuki Esteem juga diperkenalkan ke pasaran.
ü  1993
Suzuki Vitara, kendaraan serbaguna dengan kenyamanan kendaraan penumpang dan kapasitas penjelajah penggerak empat roda (4WD) mulai diperkenalkan dipasaran.
ü  1994
Kesuksesan Vitara diikuti dengan memperkenalkan Escudo, generasi penerus Vitara dengan penggerak roda dua.
ü  1995
Dengan semakin banyak komponen lokal yang terpasang, Suzuki Sidekick melengkapi permintaan pasar dengan harga lebih murah dari Suzuki Escudo.
ü  1996
Sementara itu dikelas sedan, Suzuki Esteem 1.6 yang telah berkiprah selama dua tahun pun mendapat perhatian dengan meluncurkan Suzuki Baleno 1.6
ü  1998
Terjadinya krisis ekonomi, sedikit menunda peluncuran tipe baru dikelas 1000cc, Suzuki karimun. Kendaraan perkotaan yang bersahabat dan sangat efisien ini sempat meraih predikat kendaraan terfavorit di Jepang.
ü  1999
Agar tercapai efisien yang tinggi, sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai pajak, Suzuki Baleno 1.6 menurunkan kapasitas mesinnya menjadi 1500cc.
ü  2001
Sejalan denga perekonomian kian membaik, Suzuki memperkenalkanm generasi penerus Escudo dengan kapasitas mesin lebih besar yaitu 2000cc dengan model lebih sporty. Untuk masyarakat lebih dikenal dengan Escudo 2.0.
ü  2002
Dengan munculnya trend baru kendaraan mini MPV, Suzuki meluncurkan produk andalannya dengan nama Suzuki Aerio yang mendapat sambungan hangat di masyarakat.
ü  2003
Dengan kondisi pasar yang semakin kondusif, Suzuki meluncurkan produk berteknologi tinggi Grand Escudo XL-7 (Extra Large & Seater). Sedangkan untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan SUV kelas menengah dengan harga terjangkau, diluncurkan Escudo 1.6. pada tahun yang sama pula dilakukan peremajaan terhadap Suzuki Baleno dengan diperkenalkannnya Baleno Next-G. Sementara itu Suzuki Carry 1000 cc yang legendaris pun diperbaharui dengan diluncurkannya minibus Personal Van.
ü  2004
Melengkapi sederetan kendaraan yang telah PT. SIM produksi, pada bulan Juni 2004 sebuah kendaraan serbaguna Suzuku APV diluncurkan ke masyarakat. Pada jenis mobil ini, sangat diminati oleh masyarakat karena kapasitas mobil yang besar dan kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau sehingga cukup menempati di hati masyarakat.
ü  2005
Tahun ini merupakan perkembangan yang pesat dari produk yang menjadi mother plan APV. Karena mengembangkan beberapa varian agar fasilitas, kenyamanan, dan model inovatif yang semakin elegant dan semakin meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk APV.
ü  2006
PT. SIM Plant TB II terus berinovasi untuk mengembangkan produk agar tetap diterima di masyarakat dan selalu menjadi yang terdepan oleh karena itu, pada tahun ini, Suzuki mencoba mengembangkan produk dengan meluncurkan produk baru yaitu Grand Vitara, APV Euro, Futura Euro, APV Otomotic, APV Face to Face. Untuk tipe varian Euro, mempunyai tujuan khusus yaitu menciptakan produk yang beremisi rendah dan ramah lingkungan.
ü  2007
Pada tahun ini Suzuki melihat pasaran bahwa konsumen sekarang lebih mendambakan mobil yang kecil dan sporty maka PT. SIM Plant TB II mencoba memproduksi Suzuki Swift yang desainnya sesuai dengan yang diharapkan konsumen dan ternyata berhasil menarik minat dari konsumen. Untuk APV terus mencoba mengembangkan dari segi desain dan kualitas serta fasilitasnya sehingga pihak Suzuki memproduksi APV GA2. Sedangkan untuk kendaraan berfungsi untuk mempermudah konsumen dalam pengangkutan barang, Suzuki menyadari bahwa jenis kendaraan in sangat dibutuhkan oleh konsumen niaga sehingga perusahaan ini memproduksi Suzuki Carry 1000 ST 100 Euro.
ü  2008
Pada tahun 2008, Suzuki sedang dalam tahap memposisikan diri agar lebih diminati masyarakat yaitu dilakukan dengan cara perubahan image produk Suzuki menjadi Passenger Van, karena itu pada tanggal 17 Januari 2008, Suzuki meluncurkan kendaran tipe baru berjenis sedan yaitu Suzuki Neo Baleno. Dengan desain yang lebih bersahabat terhadap masyarakat dengan mesin yang tidak berisik dan sangat nyaman untuk dikendarai.
Lokasi kantor pusat PT. Suzuki Indomobil Motor berada di Wisma Indomobil di Jalan. MT. Haryono, Kav. 8, Jakarta Timur. Kantor Pusat ini didukung oleh 314 karyawan, sedangkan untuk lokasi pabriknya tersebar dibeberapa tempat, antara lain di Pulogadung, Cakung, dan di Tambun.
MOTTO SUZUKI GROUP
Dalam Suzuki Group mempunyai motto demi tercapainya tujuan yang ingin dicapai. Untuk setiap karyawan Suzuki harus mempunyai motto dalam bekerja di Suzuki Group. Hal ini dilakukan untuk memacu karyawan dalam peningkatan produktivitas dan kerjasama antar karyawan yaitu adalah :
1.      Janganlah membuat produk cacat
2.      Janganlah menyerahkan produk cacat
3.      Janganlah menerima produk cacat
Selain dari motto diatas masih terdapat motto lainnya, yaitu adalah :
5S                                                                                5P
1. SEIRI            =        PEMILAHAN                                    1. PERSATUAN / KESATUAN
2. SEITON        =        PENATAAN                          2. PERBAIKAN/IMPROVMENT
3. SEISOU        =        PEMBERSIHAN                   3. PATUH
4. SEIKETSU   =        PEMANTAPAN                    4. PERJUANGAN
5. SHITSUKE              =        PEMBIASAAN                     5. PENGHEMATAN
PROGRAM-PROGRAM PERUSAHAAN
1.      5S
2.      5P
3.      GDS ( Gerakan Disiplin Suzuki )
4.      GKM ( Gugus Kendali Mutu )
5.      K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja )
6.      Usulan
7.      Kaizen
8.      CS (Customer Satisfaction)
Selain program-program perusahaan yang telah disebutkan diatas, PT. Suzuki Indomobil Motor juga mempunyai empat pilar untuk kegiatan produksi, yaitu :
1.      Safety & 5S
2.      Quality
3.      Productivity
4.      Cost Down
C.        RUANG LINGKUP BIDANG USAHA
Produk-produk yang duhasilkan PT. SIM terdiri dari dua jenis otomotif, yaitu adalah :
1.   Kendaraan R4 (mobil), meliputi :
Suzuki Carry 1000cc, Suzuki Carry Futura 1500cc, APV, Suzuki Grand Vitara, Swift, dan produk terbaru adalah Neo Baleno.
2.   Kendaraan R2 (motor), meliputi :
Sepeda motor Suzuki Spin 125, skywave 125, Thunder 125, Satria 150, Shogun 125, Suzuki Smash 110, Suzuki Arashi 125.
Dalam hal produk, ruang lingkup usaha PT. SIM hanya di bidang otomotif yaitu kendaraan roda empat (R4) dan kendaraan roda dua (R2), dimana untuk produknya pada masa sekarang ini sangat sering dijumpai di masyarakat. PT. SIM akan terus berkembang untuk terus dapat bersaing dengan perusahaan otomotif lainnya baik untuk Indonesia maupun untuk luar negeri sehingga tidak memungkinkan PT. SIM mengeluarkan produk otomotif dengan jenis baru lainnya demi tetap bertahan dan bersaing dengan perusahaan otomotif lainnya.

D.  LOKASI PERUSAHAAN

Perusahaan Suzuki terbesar di seluruh dunia, namun untuk PT. SIM sendiri terbagi menjadi beberapa area perusahaan yaitu untuk bagian manajemen dan pemasaran untuk kegiatan produksi. Perakitan kendaraan merk SUZUKI dengan jumlah karyawan ± 5000 orang berkapasitas produksi 100.000 unit mobil dan 1.200.000 unit sepeda motor pertahunnya. Pusat perakitannya tersebar di lima penjuru kota, dan terbagi menjadi 6 (Enam) lokasi :
1.      Plant Cakung ( Perakitan Engine )
2.      Plant Pulogadung ( Service & Sales )
3.      Plant Tambun I ( Perakitan Motor )
4.      Plant Tambun II ( Perakitan Mobil )
5.      Plant Spare Part ( Penjualan Suku Cadang / Spare Part )
6.      Kantor Pusat ( Wisma Indomobil MT. Haryono )

a.      Plant Cakung

Plant Cakung sebelumnya dikenal dengan nama PT. Suzuki Indonesia Manufacturing, PT. Suzuki Engine Industri dan PT. First Chemical Industri berada di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Berdiri diareal tanah seluas 80.540 m2 dan didukung oleh ± 634 karyawan. Disini di produksi berbagai macam Komponen dan Part enginee & transmission untuk sepeda motor dan mobil melalui proses: Shearing, Pressing, Welding, Assembling Engine Bending, buffing, Machining Die Casting, dan lain-lain dengan menggunakan teknologi canggih. Disini pula dirakit berbagai macam peralatan Transmisi dan Kemudi baik sepeda motor maupun mobil.

b.      Plant Pulogadung

Plant Pulogadung sebelumnya dikenal dengan nama PT. Indomobil Utama, berada di Jalan Raya. Bekasi Km.19, Jakarta Timur, berdiri diareal tanah seluas 39.555 m2, didukung oleh 98 karyawan. Disini pernah dirakit berbagai macam kendaraan bermotor roda empat seperti : Carry Extra, Carry Futura, Katana, dan sedan Forsa. Saat ini di Plant Pulogadung hanya ada beberapa bagian saja, karena Assembling untuk kendaraan roda empat sebagian besar telah pindah ke Plant Tambun II.
PT. Indomobil Utama pada awal berdirinya menggunakan nama PT. Suzuki Indonesia yang didirikan berdasarkan Akte Notaris No.38 tertanggal 26 Maret 1973 dihadapan Notaris Khairul Bakhri dan disyahkan oleh Menteri kehakiman tanggal 9 Juni 1973, NO. YA / 5 / 1973, serta di umumkan dalam berita Negara RI tanggal 7 September 1976 N0. 72. Saat ini Plant Pulogadung dipergunakan sebagai tempat Service dan Sales untuk kendaraan Suzuki R4.

c.       Plant Tambun I

Plant Tambun I sebelumnya dikenal dengan nama PT. Indohero Steel & Engineering Co. Plant Tambun I mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 1128 orang. Berada di Jalan Raya. Diponegoro Km.38,2 Bekasi. Aktivitas Plant Tambun I adalah membuat komponen dan melakukan assembling sepeda motor.

d.      Plant Tambun II

Plant Tambun II merupakan proyek baru khusus untuk kendaraan roda empat Suzuki. Disini dilakukan pressing, welding, painting, serta perakitan kendaraan roda empat dalam jajaran Suzuki, dengan menggunakan berbagai peralatan teknologi canggih, seperti penggunaan conveyor, robot, dan lain-lainnya dan merupakan yang terbesar di Asia Tenggara untuk saat ini. Plant Tambun II ini mempunyai lokasi yang cukup strategis yaitu di 50 km dari bandara Soekarno Hatta dan 26 km dari kantor pusat PT. SIM di MT. Haryono. Pada Plant Tambun II ini, jenis mobil yang diproduksi yaitu Futura, APV, Swift, Grand Vitara, Neo Baleno beserta varian-varian yang ada.
Plant Tambun II berdiri diarea tanah seluas 353.665 m2, dengan luas bangunan seluas 89.100 m2, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 2000 orang. Plant Tambun II diresmikan pada tanggal 14 Mei 1991 oleh Menteri Perindustrian RI saat itu Bp. Ir. Hartarto.
e.       Plant Spare Part
Guna memberikan pelayanan purna jual bagi pemilik kendaraan bermotor merk Suzuki Roda 4 maupun Roda 2, PT. Suzuki Indomobil Motor memindahkan tempat penyediaan suku cadang dari Plant Sunter ke Spare Part yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro Km. 38,2 Tambun – Bekasi ( Jl. Toyo Giri ). Disana tersedia berbagai suku
cadang asli untuk kendaraan bermotor merk Suzuki, serta menjual berbagai souvenir Suzuki.
f.       Kantor Pusat
Kantor pusat ini terletak di Wisma Indomobil di Jl. MT. Haryon, Kav. 8, Jakarta Timur. Kamtor pusat ini didukung oleh 314 karyawan. Pada kantor pusat ini merupakan tempat bidang manajemen serta sistem pemasaran PT. SIM.
E.  FUNGSI SOSIAL DAN EKONOMI PERUSAHAAN
Dengan berdirinya PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR tidak hanya membantu masyarakat dalam mendapatkan kendaraan bermotor roda empat (R4) maupun roda dua (R2) yang baik, akan tetapi juga berpengaruh terhadap lapangan sosial baik terhadap masyarakat disekitarnya ataupun yang berada jauh dari perusahaan.
PT. Suzuki Indomobil Motor dapat digolongkan dalam fungsi sosial maupun ekonomi dapat diterangkan sbb :
1.      Fungsi Sosial Perusahaan.
a.       Hidup layak
Membantu karyawan dalam menghidupi istri dan anak-anaknya agar mendapat kehidupan yang layak.
b.      Bantuan-bantuan.
Bantuan ini diberikan kepada instansi-instansi pemerintah maupun swasta baik yang bersifat rutin atau tidak rutin, misalnya bantuan pengambilan mobil untuk karnaval atau acara resmi lainnya. Bantuan lain juga diberikan kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat spiritual dan kemanusiaan. Apabila terjadi bencana alam disuatu daerah maka perusahaan akan memberikan bantuan yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dan kebutuhan yang diperlukan pada saat itu.
c.       Program Training.
Suatu program yang sedang giat-giatnya dikembangkan oleh PT. Suzuki Indomobil Motor dan dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan sekali dengan mencari lulusan STM yang berbakat dan masih muda tetapi tidak mampu melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi untuk dilatih menjadi ahli mekanik mobil. Setiap kesempatan disaring sebanyak 30 orang dan 5 (lima) terbaik akan dikirim ke Jepang dan setelah lulus langsung di salurkan bekerja.
2.      Fungsi Ekonomi Perusahaan.
a.       Pengadaan Kendaraan.
Membantu Pemerintah serta masyarakat dalam pengadaan roda dua atau roda empat sesuai dengan kegunaan dalam rangka turut serta melaksanakan pembangunan Nasional yang berkesinambungan
b.      Membuka Kesempatan Kerja.
Pada saat seperti ini kesempatan kerja merupakan suatu problema bagi Pemerintah yang sulit untuk dipecahkan karena jumlah pengangguran yang setiap tahun semakin meningkat.
c.       Pembayar Pajak.
Membayar pajak kepada Pemerintah, dimana secara tidak langsung ikut melaksanakan pembangunan.
Laju perusahaan ini semakin lancar dan hubungan antar pemimpin dengan para karyawan dirasakan semakin harmonis. Hal ini juga tidak bisa lepas dari peran serta satu-satunya organisasi karyawan yang berada dilingkungan karyawan yaitu Serikat Pekerja Metal Indonesia ( SPMI ). Perusahaan bersama-sama dengan SPMI secara sadar dan nyata ikut membudayakan Hubungan Industrial Pancasila dilingkungan PT. Suzuki Indomobil Motor. Demikianlah secara singkat Fungsi Sosial dan Ekonomi PT. Suzuki Indomobil Motor sebagai Perusahaan yang tidak semata-mata mencari profit / keuntungan.
F. STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
Dalam suatu perusahaan, pembentukan suatu organisasi sangat diperlukan dalam usaha untuk menjaga kelancaran dan mencapai tujuan Perusahaan dan mempunyai ciri-ciri yaitu merupakan gabungan dari sekelompok orang dimana terdapat hubungan kerja yang harmonis antara sekelompok orang tersebut dan terdapat pembagian keja untuk masing-masing orang demi tercapainya tujuan bersama yang ingin dicapai oleh kelompok orang tersebut. Didalam organisasi ini, sekelompok orang-orang tersebut harus mempunyai tujuan yang sama demi membentuk suatu perusahaan yang baik. Adapun ciri atribut organisasi dapat diperinci sebagai berikut :
a.       Organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
b.      Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Oleh karena itu organsasi adalah kreasi sosial yang memerlukan aturan dan koordinasi.
Struktur Organisasi adalah kerangka kerja untuk menunjukkan pembagian kerja dan mengkoordinasi aktivitas anggota suatu organisasi. Struktur Organisasi ini dapat berbeda dalam setiap organisasi, karena adanya strategi dan lingkungan sekitar yang berbeda serta tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan. Struktur organisasi dibentuk dengan maksud agar setiap anggota organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien. Unsur-unsur dasar dari organisasi adalah :
a.       Adanya 2 orang atau lebih
b.      Adanya pengaturan hubungan
c.       Adanya maksud untuk kerja sama
d.      Adanya tujuan yang hendak dicapai
e.       Adanya pembagian peranan untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama.
Pembagian kerja meruoakan hal yang sangat diperlukan dan akan menghasilkan departemen-departemen dengan job description dari masing-masing departemen sampai unit-unit terkecil dalam organisasi. Hierarki merupakan pola berjenjang dalam struktur organisasi. Koordinasi adalah interaksi aktivitas bagian-bagian terpisah dari sebuah organisasi untuk mencapai sasaran organisasi.
Pada PT. SIM ini secara global, menggunakan jenis struktur organisasi garis (line organization). Pada organisasi ini mempunyai bentuk menyamping.
PT. SIM/SIS ORGANIZATION STRUCTUR
BOARD OF DIRECTOR & DIRECTORATE HEAD LEVEL
G. TUGAS DAN WEWENANG
Dalam suatu organisasi terdapat pembagian kerja untuk masing-masing bagian sehingga adanya pertanggung jawaban dari bagian tersebut agar perusahaan dapat berjalan secara terstruktur dan memiliki susunan birokrasi yang jelas. Untuk setiap bagian dari organisasi, pembagian tugas dan wewenang harus dilakukan. Hal ini dilakukan supaya tidak adanya kesalahpahaman antara bagian satu dengan bagian lainnya dalam menjalankan suatu tugas sehingga perusahaan dapat terus berjalan dengan baik. Maka secara ringkas dapat disebutkan tugas dan wewenang dari setiap susunan struktur organisasi sebagai berikut :
a.       Board of Directors
Bertugas untuk mengawasi jalannya perusahaan yang dilakukan oleh presiden direktur dan wakil direktur.
b.      President & Vice President
Bertugas untuk menyusun kebijakan dan strategi perusahaan agar mencapai misinya yang tidak bertentangan dengan strategi perusahaan utama yaitu Suzuki Motor Company-Japan.
c.       Administration Division
Divisi dipimpin oleh seorang managing director yang bertanggung jawab kepada presiden direktur, tugas dan tanggung jawab utamanya adalah sebagai pendukung kegiatan divisi lainnya yaitu marketing dan production, yang mengatur dari mulai kebutuhan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan perusahaan, internal audit, subsidiaries dan juga menangani kebutuhan dan perkembangan teknologi informasi perusahaan yang memiliki tujuan, agar dapat mempercepat proses kinerja perusahaan.
d.      Marketing Division
Divisi pemasaran dipimpin oleh seorang managing director yang bertanggung jawab kepada presiden direktur, tugas dan tanggung jawab utamanya adalah menghasilkan laba bagi perusahaan, dari produk yang dibuat oleh perusahaan.
e.       Production Division
Divisi produksi dipimpin oleh seorang managing director yang bertanggung jawab kepada presiden direktur, tugas dan tanggung jawab utamanya adalah mengelola pabrik atau proses produksi yang efisien sehingga menghasilkan suatu produk yang terbaik bagi perusahaan.
f.       HRD
Secara garis besar HRD adalah bagian yang mengurusi semua hal tentang karyawannya. Berikut ini bebepara tugas dan wewenang dari HRD :
§  Mengawasi dan mengkoordinir kinerja staff HRD, bagian administrasi dan lainnya dalam lingkup HRD
§  Melakukan pembinaan terhadap karyawan dalam rangka pemahaman etos kerja yang baik dan peningkatan kedisiplinan serta motivasi kerja.
§  Merekrut dan menyeleksi karyawan baru sesuai dengan job descriptionnya dan kriteria permintaan dari section yang meminta pertambahan karyawan.
§  Menempatkan karyawan dalam posisinya sesuai dengan kemampuannya.
§  Mengajukan saran kepada pimpinan tentang kebijakan perusahaan-perusahaan di bidang ketenagakerjaan dan pembinaan karyawan.
§  Melaksanakan koordinasi yang bersangkutan dengan fungsi jabatannya dengan para pimpinan departemen terkait.
§  Mengambil tindakan yang diperlukan dalam menegakkan peraturan dan disiplin karyawan.
§  Mewakili perusahaan dalam melaksanakan hubungan dengan instansi luar, contohnya yayasan yang menginput karyawan outsourcing, dan lain-lainnya.
§  Mengesahkan lembur karyawan di bagiannya.
§  Mengajukan demosi, promosi dan mutasi karyawan.
§  Mengajukan permohonan tambahan karyawan kepada pimpinan.
g.      Finance & Accounting
Bagian ini mempunyai tugas dan wewenang dalam hal urusan keuangan. Dimana bagian inilah yang mengatur semua keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran.
h.      Production & Engineering
Pada bagian ini mempunyai tugas dan wewenang dalam hal jalannya kegiatan produksi. Untuk engineering mempunyai tugas dan wewenang dalam hal perencanaan dan pengorganisasian pemeliharaan alat yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya proses produksi, melaporkan hal-hal yang menjadi kendala reparasi kepada Plant Manager untuk mendapat keputusan pemecahannya.
Sedangkan untuk setiap section produksinya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan sebagai berikut :
a.       Section Pressing
Mengurusi kegiatan produksi Pressing untuk membuat atau mencetak komponen-komponen mobil yang terbuat dari steel plate misalnya pintu, body mobil dan lainnya dimana pada Pressing terdiri dari empat mesin yaitu :
·         Drawing    : Mencetak bentuk dari dies yang sudah ada dan sesuai bentuk yang diinginkan
·         Cutting      :  Memotong sesuai dengan hasil gambar atau cetak
·         Holding     :  Melubangi hasil cetakan sesuai dengan bentuk yang diinginkan
·         Finishing   :  Membuang sisa-sisa bagian yang belum terpotong
Pada Pressing mempunyai lima line yang dibagi menurut besarnya beban yang diberikan, yaitu :
·         Line 2000 tons    : Menggunakan robot sehingga inspeksi hanya dilakukan setelah finishing
·         Line 1200 tons    : Dilakukan inspeksi setiap tahap prosesnya secara manual
·         Line 500 tons      : Dilakukan inspeksi setiap tahap prosesnya secara manual
·         Line 400 tons      : Dilakukan inspeksi setiap tahap prosesnya secara manual
·         Line 60-80 tons  : Untuk proses small press dan inspeksi manual
b.      Section Welding
Mengurusi kegiatan produksi yang berkaitan dengan proses welding (pengelasan) atau penggabungan komponen.
c.       Section Painting Body & Plastic
Mengurusi semua kegiatan pengecatan untuk body mobil dan pengecatan komponen mobil yang terbuat dari plastic.
d.      Section Assembling
Mengurusi semua kegiatan perakitan dan mempunyai dua line yang dibagi menurut tipe mobil yaitu :
·         Line I      : line bentuk garis lurus yaitu untuk tipe mobil Grand Vitara, Swift, Neo Baleno dengan berbagai variannya.
·         Line G    : line bentuk huruf G yaitu untuk tipe mobil APV dan Futura dengan berbagai variannya.
e.       Section Part Inspection
Mengontrol kualitas barang komponen baik komponen local atau yang di import.
f.       Section Final Inspection
Melakukan pengecekan kualitas terhadap produk jadi.
g.      Section Production Material Control (PMC)
Bertanggung jawab mengatur dan menyiapkan semua kelengkapan dan distribusi komponen baik komponen lokal maupun komponen CKD yang dibutuhkan di section Assembling, Welding dan Pressing. Bagian PMC ini juga yang mengatur masuknya komponen dari vendor serta pendistribusian komponen ke area produksi.
h.      Section PPC
Bertanggung jawab dalam mengatur jumlah unit yang akan diproduksi (jadwal produksi) selama sebulan. PPC juga dalam membuat jumlah produksi selama sebulan harus memperhatikan atau disesuaikan dengan kapasitas produksi dari setiap section dan kapasitas dari vendor dalam hal penyuplai komponen.
i.        Section PPIC
Melakukan pemilahan jadwal produksi per bulan menjadi jadwal produksi harian. Sehingga dapat memperkirakan jumlah unit yang akan diporduksi setiap harinya dengan melihat kapasitas yang ada serta menentukan perlu tidaknya waktu overtime, jam lembur serta banyaknya shift kerja untuk jadwal produksi harian tersebut. Selain itu PPIC dalam menentukan jumlah unit produksi harian juga memperhatikan inventory yang ada sehingga terdapat kesesuaian jumlah unit yang diproduksi.
j.        Section Technical Control (TC).
Pada bagian ini bertugas sebagai koordinator dan mengontrol jalannya proses produksi. TC juga dapat memberikan masukan untuk setiap section sehingga didapatkan kemudahan dan kelancaran dalam proses produksi. TC memmpunyai dua bagian yaitu sebagai berikut :
·         Control New Model
Bertanggung jawab atas jadwal produksi untuk membuat perubahan model produk dan produk dengan model baru. Bagian ini disebut dengan ECN (Engineering Change Control) yaitu untuk melakukan perubahan terhadap model produk yang ada sehingga produksi dapat terus meningkat dan membuat produk seoptimal mungkin.
·         TC Curent Model
Bertanggung jawab atas pengontrolan model produk yang sudah ada sehingga produksi dapat terus berlangsung dengan baik. Pada bagian ini terdiri dari sub bagian yaitu safety, Quality, Production dan Cost down.
k.      Section Manufacturing Engineering (ME)
Bertanggung jawab atas persiapan tools dan alat untuk kegiatan produksi (equipment yang diperlukan untuk kegiatan produksi), mendesain cara kerja dan alat supaya tercapainya produksi dan memberikan usulan perbaikan alat-alat yang mendukung proses produksi. Selain itu ME juga mengatur tentang keseimbangan lintasan untuk masing-masing setiap stasiun kerja sehingga dicapai keseimbangan setiap stasiun kerjanya yang akan berpengaruh terhadap optimalitas kinerja setiap stasiun kerja.
l.        Section Power Maintenance
Bertanggung jawab atas pengaturan pemeliharaan peralatan dan sumber daya yang digunakan dalam proses produksi. Selain itu bagian ini juga memeriksi install listrik yang dilakukan oleh vendor.
Untuk setiap sectionnya terdapat kepala section dan PIC. Mereka yang bertanggung jawab atas jalannya kegiatan produksi di section tersebut.
H.  PRODUK YANG DIHASILKAN
Seiring dengan meningkatnya ilmu teknologi serta meningkatnya kebutuhan masyarakat akan suatu alat transportasi yang sangat penting bagi masyarakat, maka dibutuhkan suatu alat transportasi yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan konsumen. Pada dasarnya masyarakat menginginkan produk kendaraan roda empat dengan kualitas yang baik, model produk yang menarik serta harga yang terjangkau oleh masyarakat baik kelas ekonomi menengah maupun okonomi atas, maka Suzuki Group mendirikan PT. SIM Plant TB II yang terbentuk akibat merger dari lima buah perusahaan. Dimana produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut :
1.      APV dengan 1500cc dan 1600cc
APV adalah mobil yang dirancang khusus oleh PT. SIM Plant TB II dan menggunakan komponen yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri (Komponen CKD) dimana prosentasi untuk komponen dalam negeri sebesar 80 % dan komponen CKD sebesar 20 %. Untuk produk APV ini merupakan produk andalan PT. SIM Plant TB II yang prosentasi produksinya mencapai 45.5 %.
Mobil APV ini mempunyai tujuh varian adalah sebagai berikut :
a.       STD GA / GE
Pada jenis varian mobil ini merupakan jenis APV standart, dimana tidak terdapat Power Stearing disini berfungsi untuk mempermudah pengaturan stir mobil saat pengemudi ingin membelokkan kemudi.
b.      GL
Pada jensi varian ini, hampir sama dengan varian STD namun perbedaannya mempunyai kapasitas yang lebih besar. Pada seat terdiri dari tiga buah kursi, serta sudah dilengkapi dengan power stearing, power window. Wheel ream sudah menakan alumunium (alloy)
c.       GX
Pada jenis varian ini setingkat di atas GL dan memiliki keunggulan yaitu untuk handle sudah di krom.
d.      SGX
Pada jenis varian ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan varian lainnya. Varian ini merupakan varian yang super deluxe. Perbedaan varian in adalah hanya terdiri dari dua bangku pada seat tengah, terdapat CD dan radio, pada seat belakang terdapat headrest, handle sudah di krom, miror outside otomatis dan double blower.
e.       APV EXP
Pada jenis varian ini sama dengan varian standart, namun perbdaannya terletak pada posisi kemudi yang ada di sebelah kiri. Hal ini dikarenakan varian ini untuk di eksport.
f.       APV EXP-Truck
Pada varian ini sama dengan APV EXP, namun perbedaannya pada penggunaannya yaitu sebagai truck, APV ini mempunyai bak terbuka untuk mengangkut barang dan varian ini untuk di eksport.
2.      Futura
Futura adalah jenis mobil box kecil untuk mengangkut barang dan jenis van kecil dengan kapasitas 1500cc dan tingkat produksi sebesar 28.2 %. Futura ini mempunyai empat varian yaitu adalah :
a.       Chasis
Pada varian ini hanya menggunakan rangka mobil, yang warnanya juga menggunakan warna dasar dari mobil yaitu keabu-abuan.
b.      Wide Deck
Pada varian ini memiliki deck/box yang lebih luas, terdapat tiga buah pintu deck yang dapat dibuka pada tiga sisi deck.
c.       Flat Deck
Pada varian ini, deck yang digunakan adalah deck yang lebih pendek dan rata, dan hanya terdapat satu pintu pada deck yaitu pada bagian paling belakang mobil.
d.      V­an
Pada varian ini merupakan jenis van unuk pengangkutan penumpang.
3.      Carry
Carry adalah jenis mobil denagn kapasitas 1000cc serta tingkat produksi sebesar 6.7 % yang diproduksi di Plant Pulo Gadung. Carry memiliki tiga buah varian, yaitu sebagai berikut :
a.       Chasis
Pada varian ini hanya menggunakan rangka mobil, yang warnanya juga merupakan warna dasar dari mobil yaitu keabu-abuan.
b.      Flat Deck
Pada varian ini, deck yang digunakan adalah deck yang lebih pendek dan rata, dan hanya terdapat satu pintu pada deck yaitu pada bagian paling belakang mobil.
c.       Van
Pada varian ini merupakan jenis van untuk pengangkutan penumpang.
4.      Grand Vitara
Grand Vitara adalah mobil dengan kapasitas 2000cc yang dirakit oleh PT. SIM Plant TB II namun semua komponen dan bahan pembantu untuk pembuat mobil ini masih di impor dari Jepang, jadi PT. SIM Plant TB II hanya merakit mobil Grand Vitara ini dengan tingkat produksi sebesar 6.4 %. Pada jenis mobil ini terdiri dari dua varian yaitu AT dan MT. Dimana AT merupakan varian untuk mobil otomatik sedangkan untuk MT masih bersifat manual.
5.      Swift
Swift adalah salah satu produk baru dari PT. SIM Plant TB II dimana komponen juga masih di impor dari Jepang dan akan diusahakan untuk periode akan datang dibuat dan dirakit di PT. SIM Plant TB II. Mobil ini mempunyai kapasitas 1500cc dengan tingkat produksi 12.8 %. Pada jenis mobil ini mempunyai dua buah varian yaitu AT dan MT. Dimana AT merupakan varian untuk mobil otomatik sedangkan untuk MT masih bersifat manual.
6.      Neo Baleno
Baleno adalah produk keluaran terbaru yang baru diadakan syukuran pada 17 Januari 2008. mobil ini mempunyai kapasitas 1500cc dan tingkat produksi belum bisa diprediksi karena masih termasuk produk yang baru diproduksi di Indonesia. Selain
Neo Baleno, pada bulan April 20087 ini akan diproduksi produk baru yaitu SX4 ( Cross Over ).
I.    PANGSA PASAR
Untuk sekarang ini, PT. SIM (R4) telah menduduki peringkat ketiga di dalam pangsa pasar nasional saat ini, sedang diusahakan adanya kemajuan dari PT. SIM (R4) untuk menduduki peringkat kedua di pangsa pasar setelah Toyota. Dengan tingkat pangsa pasar yang cukup baik ini, menandakan bahwa PT. SIM (R4) sudah dapat bersaing dengan perusahaan otomotif lainnya dan secara tidak langsung sudah mendapat tempat atau diakui oleh konsumen.
J.   PESAING
PT. SIM (R4) mempunyai pesaing yang berasal dari pasar dometik sendiri yaitu Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Isuzu, Honda, Nissan dan lain-lainnya. Untuk sekarang ini, PT. SIM (R4) sedang berusaha meningkatkan jumlah produksi dan tingkat penjualan dengan mengeluarkan produk-produk baru yang berkualitas dan inovasi tinggi serta harga yang terjangkau. Dengan strategi ini diharapkan Suzuki dapat mengalahkan pesaing yang berada setingkat dengan Suzuki di dalam pasar maupun yang mempunyai tingkat lebih tinggi di dalam pasar.
K.  BAURAN PEMASARAN
Dari segi produk, setiap produk Suzuki dilengkapi dengan atribut produk berupa Logo Suzuki. Logo Suzuki disini adalah lambang identitas dan perbedaan terhadap produk pesaing lainnya. Kualitas yang diberikan oleh produk PT. SIM juga tentunya terjamin, dimana setiap produk telah melewati beberapa tahapan proses pengujian baik di dalam ruangan yaitu Test Drive sebelum dipasarkan ke masyarakat. Selain itu diberikan jaminan (warranty) untuk setiap produk Suzuki dilengkapi dengan penyediaan service center.
Dari segi promotion, perusahaan melakukan iklan di berbagai media mulai dari media cetak sampai media elektronik. Selain itu juga dibuat spanduk dan dipasangkan di pinggir jalan. Selain itu Perusahaan juga bekerja sama dengan acara-acara lainnya yang dapat mempromosikan produk Suzuki ke masyarakat. Perusahaan juga memberikan layanan perbaikan gratis selama masa jaminan.
Dari segi place, jalur pemasangan langsung di distribusikan kepada konsumen melalui main dealer dan dealer-dealer yang ada di setiap kota Indonesia. Pemasaran juga dilakukan di luar negeri dengan melalui Suzuki Group yang berada di negara tersebut. Selain itu untuk pemasaran juga dibuat website Suzuki Indomobil Motor. Dengan adanya website ini, mempermudah konsumen untuk melihat dan mengetahui produk-produk Suzuki.
Untuk mempermudah pembayaran, Suzuki juga memberikan kemudahan pembayaran melalui pemberian kredit dengan bunga yang kecil.
Strategi segi price, produk Suzuki tergolong dengan harga yang bervariasi dan mudah dijangkau oleh konsumen dari level bawah sampai level atas. Hal ini dapat dilihat dengan produk Suzuki Carry yang harganya 70 jutaan. Dengan harga yang cukup terjangkau ini didukung oleh kualitas yang baik pula. Dengan adanya kisaran harga dibawah ini, konsumen dapat memilih produk Suzuki berdasarkan kemampuan perekonomiannya serta model yang diinginkan oleh konsumen. Berikut ini adalah kisaran harga mobil yang ditetapkan dari PT. SIM (R4) :
1.            Carry                                             Rp. 70.000.000 sampai dengan Rp. 95.000.000
2.            Karimun Estilo                              Rp. 99.000.000
3.            APV                                              Rp. 107.000.000 sampai dengan Rp. 140.000.000
4.            Swift                                             Rp. 129.000.000 sampai dengan Rp. 151.000.000
5.            SX4                                               Rp. 159.000.000 sampai dengan Rp. 170.000.000
6.            Grand Vitara                                 Rp. 200.000.000 sampai dengan Rp. 235.000.000
L.  FASILITAS
Fasilitas dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan dimana fasilitas-fasilitas ini akan mendukung jalannya kegiatan operasional perusahaan. PT. Suzuki Indomobil Motor Plant TB II, mempunyai fasilitas yang cukup lengkap yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan-karyawannya dan tamu yang datang ke perusahaan. Fasilitas yang diberikan perusahaan adalah :
1.      Kantor Produksi
Pada area kantor produksi ini terletak di atas section Final Assembling untuk Repair mobil (Lantai 2). Area kantor mempunyai fasilitas yang cukup lengkap yaitu adanya meja kerja, kursi, peralatan tulis, telepon untuk masing-masing line, Air Conditioner (AC), dispenser, ruang ruang pantry yang sekaligus dujadikan ruang untuk merokok
karyawan produksi saat istirahat, komputer untuk masing-masing karyawan, ruang rapat yang dilengkapi dengan meja dan papan tulis, papan pengumuman, mesin fotocopy, mesin fax, printer, loker dokumen, area serbaguna yang dilengkapi dengan meja dan kursi, APAR.
2.      Kantor Managemen / HRD
Kantor managemen ini terletak di sebelah bagian Painting, dan mempunyai fasilitas yang sama dengan kantor produksi. Namun untuk kantor managemen disini mempunyai fasilitas toilet tersendiri dan ruang ibadah.
3.      Kantin
Terdapat dua jenis kantin, yaitu kantin di dalam pabrik dan kantin di area parkir pabrik. Untuk area parkir pabrik, merupakan tempat makan yang diberikan oleh perusahaan karena perusahaan memberikan makan siang kepada karyawan-karyawannya. Untuk kantin di area parkir, kantin tersebut merupakan tempat pembelian makanan dan minuman untuk tamu dan karyawan.
4.      Area Ibadah
Area Ibadah disini berupa musholla yang ditempatkan dekat area produksi, masjid yang terletak di belakang area produksi. Selain itu diberikan pula area ibadah seperti kapel untuk umat agama Kristen dan Katolik.
5.      Poliklinik
Perusahaan juga memberikan poliklinik yang terdapat di dekat resepsionis dan area meeting. Poliklinik ini juga tersedia ambulans yang selalu siap sedia mengantar karyawan yang sakit atau kecelakaan kerja. Di dalam poliklinik terdapata apotek sekaligus dokter dan perawat yang selalu siap sedia di poliklinik.
6.      Alat Pelindung Diri (APD)
Setiap karyawan area produksi maupun tamu yang akan ke area produksi selalu diberikan alat pelindung diri berupa helm, topi, safety shoes untuk area tertentu, jaket anti gelombang elektromagnetik untuk area painting, sarung nadi, seragam yang tertutup (celana panjang dan baju seragam), masker, dan air plank untuk area bising.
7.      Shuuttle Car, motor pabrik dan sepeda
Shuuttle car ini merupakan alat angkutan di dalam pabrik. Mobil yang dipakai adalah mobil produk Suzuki dimana mobil ini akan mengantar tamu dan karyawan ke area produksi yang diinginkan atau ke pintu-pintu pabrik lainnya. Motor pabrik digunakan untuk mempermudah karyawan ke area kerja.
8.      Toilet
Terdapat Toilet Pria dan Wanita, dimana jumlah Toilet Wanita lebih sedikit daripada Toilet Pria. Hal ini dikarenakan 99% karyawan PT. SIM Plant TB II adalah pria.
9.      Area Olahraga
10.  Parkir Mobil dan Motor
11.  Tempat Istirahat Area Produksi
12.  Mesin ATM
13.  Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS)
14.  Telepon Umum
15.  Koperasi Karyawan
16.  Mesin Absen Manual dan Otomatis
17.  Ruang Locker
M. PROSES PERAKITAN KENDARAAN R4 SUZUKI DI TAMBUN II
1.      PRESSING
Proses pembentukan komponen-komponen mobil dari plat material, seperti : Panel Door, Panel Roof dll.
2.      WELDING
Proses peyambungan komponen-komponen mobil menjadi unit white body.
3.      PAINTING
Proses pelapisan dan pengecatan unit white body menjadi unit paint body.
4.      ASSEMBLING
Proses pemasangan komponen roda, electric, seat, glass, engine, dll menjadi unit mobil yang siap pakai.
5.      FINAL INSPECTION
Proses pengujian / pengetesan unit mobil yang telah selesai dirakit.
A. Gambaran Umum Proses Pembuatan Mobil
Pada dasarnya proses pembuatan mobil / kendaraan bermotor roda 4 (empat) melalui beberapa tahapan yang saling berhubungan antara proses yang satu dengan proses selanjutnya. Proses ini saling berurutan dimana setiap proses harus menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan sehingga menjadi satu produk yang siap pakai dan mampu bersaing dipasaran.
Secara garis besar proses pembuatan mobil yang ada di PT. Suzuki Indomobil Motor diawali dengan proses pressing/stamping dimana proses ini adalah proses pembentukan komponen/part dari material Steel Sheet menjadi komponen atau part yang sudah terbentuk dengan bantuan mesin press. Setelah komponen terbentuk komponen tersebut masuk ke proses welding yaitu proses penyatuan komponen dengan jalan pengelasan sampai terbentuk komponen white body ( body kosong ), dari white body masuk ke proses painting ( pengecatan ) sehingga body mobil sudah mempunyai warna sesuai yang diinginkan. Dari proses painting dilanjutkan ke proses Assembling, yaitu proses penggabungan semua komponen body dengan komponen- komponen yang lain seperti pemasangan roda, engine, kaca seat (jok) dan komponen lainnya sampai menjadi mobil yang siap pakai. Proses terakhir pada pembuatan mobil adalah proses Final Inspection dimana mobil yang sudah jadi harus melalui tahap pemeriksaan dan test sehingga mobil benar-benar lulus uji dan siap dipasarkan ke konsumen.
Berikut ini gambaran proses pembuatan mobil dari bagian Pressing sampai bagian Final Inspection :
1.      Proses Pressing
Proses pressing adalah proses pembentukan komponen/part dari material steel sheet menjadi bentuk part/komponen dengan menggunakan mesin press. Secara garis besar proses pressing meliputi beberapa proses yaitu :
a.  Drawing
Proses drawing adalah proses pembentukan material steel sheet mengikuti dies/cetakan, dimana material steel sheet (lembaran baja) dipasang pada dies (cetakan) yang selanjutnya dengan bantuan mesin press diadakan penekanan sehingga terbentuk komponen yang kita inginkan.
b. Trimming
Adalah proses pemotongan tepi material yang sudah mengalami proses drawing.
c.  Piercing (PC)
Adalah proses membuat lubang pada material setelah material mengalami proses drawing.
d. Bending
Adalah proses pembengkokan material.
e.  Restriking
Adalah proses merapikan bentuk menjadi lebih sempurna ( proses pembentukan lekukan yang lebih sempurna).
2.      Proses Welding
Proses welding adalah proses pembuatan white body (mobil kosong) dengan cara menggabungkan komponen/part melalui proses pengelasan. Proses ini meliputi :
a.  Proses Front Floor
Adalah proses pembentukan (penyatuan) komponen mobil bagian depan
b. Proses Rear Floor
Adalah proses pembentukan komponen bagian belakang
c.  Proses Side Body
Proses pembentukan mobil bagian samping
d. Proses Main Body
Proses penyambungan dari masing-masing inti di atas menjadi satu kesatuan (white body).
3.      Proses Painting
Proses Painting adalah proses pemberian warna pada unit mobil, dan tujuan dari proses pewarnaan adalah untuk melindungi permukaan unit mobil dari elemen-elemen yang bisa merusak mobil, untuk memberikan keindahan pada mobil dan juga memberikan petunjuk khusus. Pengecatan dapat memberikan proteksi terhadap karat, sinar ultraviolet, pasir, dan udara yang mengandung garam, juga dari penampilan dapat memberikan dimensi efek, kehalusan, kilauan (luster) dan efek dari sebuah warna.
Dalam industri otomotif pengecatan dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a.       Cat Stoving
Yaitu cat yang digunakan untuk pengecatan material dari logam, dan untuk cat ini pengeringan harus pada suhu tertentu dan biasanya pengeringan menggunakan oven.
b.      Cat Poliurethane
Yaitu cat yang digunakan untuk pengecatan material dari bahan plastik, dan pengeringannya tidak memerlukan suhu tinggi.
Secara garis besar proses painting pada industri otomotif meliputi :
a)      Pre Treatment System
Yaitu proses perlakuan terhadap permukaan untuk menghindari karat dan pembersihan permukaan untuk persiapan proses painting.
b)      CED Coat (cat dasar)
Yaitu proses pemberian cat dasar dengan menggunakan sistem elektrodeposition, fungsi dari CED ini yang utama adalah sebagai anti karat.
c)      Intermediate Coat
Yaitu untuk pemberian warna kedua sebelum body dilapisi cat utama, agar dalam proses pemberian warna utama didapatkan hasil yang bagus.
d)     Top Coat (cat utama)
Cat ini yang biasa kita sebut cat utama dan secara visual warna yang sebenarnya telah terlihat dengan sempurna.
4.      Proses Assembling Engine (Proses ini berlangsung di Plant Cakung).
Proses Assembling Engine adalah proses pengabungan part-part engine menjadi satu unit engine, dan proses ini terpisah dari proses di atas karena proses ini berjalan pada line sendiri dan berjalan secara paralel dengan proses lain. Proses Assembling engine terdiri dari beberapa proses yaitu :
1.      Proses Casting
Yaitu proses pengecoran atau penuangan dari komponen- komponen melalui proses casting.
2.      Proses Machining
Yaitu proses pengerjaan mesin dari material yang dicasting untuk mendapatkan ukuran sesuai yang diinginkan.
3.      Sub Assembling
Yaitu proses assembling dari part-part engine sebelum masuk ke line assembling.
4.      Assembling
Yaitu proses penggabungan komponen-komponen dari proses machining dan proses sub assembling hingga dapat unit engine.
5.      Quality
Yaitu proses pengecekan dari hasil assembling, dan disini dapat ditentukan apakah engine layak diteruskan ke proses assembling body.
5.  Assembling
Adalah proses penggabungan unit body yang sudah dipainting dengan engine dan komponen-komponen lain, seperti roda, jok, dasboard, interior, dalam dan juga interior luar menjadi satu unit mobil. Proses assembling ini meliputi :
1.      Chasis
Yaitu proses assembling pada bagian-bagian mobil yang berhubungan dengan chasis.
2.      Triming
Yaitu proses assembling pada bagian atas mobil atau pemasangan interior dan eksterior mobil.
3.      Sub Assembling
Yaitu proses assembling part-part mobil sebelum diassembling ke unit mobil.
4.      Final
Yaitu proses assembling untuk kelengkapan mobil sesudah proses triming dan chasis.
6.      Inspection
Yaitu proses pemeriksaan unit mobil sesudah proses assembling,dan proses ini memeriksa semua komponen dan part apakah unit mobil layak untuk di jual. Final Inspection Line adalah tempat untuk menguji kendaraan setelah melewati semua proses
assembly. Semua kendaraan yang dihasilkan oleh assy shop diuji di sini. Dalam pengujian ini terdapat beberapa tahapan sebelum dilepas ke bagian marketing, sesuai dengan urutannya adalah TOE - IN tester, Side Slip, Turning Radius & Headlight tester, CO-HC Analyzer, Under Body Inspection, Appearance Inspection, selain itu masih ada satu lagi pengujian yang harus dilalui diluar Final Inspection Line ini, yakni Shower test.
Proses tahapan pengujian tersebut di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.                                 Toe-In Tester
Test yang pertama adalah toe-in tester. Di bagian ini dilakukan test terhadap kelurusan roda. Setelah kendaraan berada di atas toe tester maka layar monitor akan menampilkan besarnya penyimpangan roda terhadap kelurusannya. Untuk penyetelan, operator akan mengatur kekencangan baut pada tie-rod, sambil terus mengamati layar monitor. Tester ini dilengkapi dengan switch khusus yang bisa diatur untuk menyesuaikan model yang akan ditest. Untuk ST-100 dipakai kode huruf “A”, Baleno memakai huruf “C”, Carry/Futura/FPB memakai huruf “D”, Katana memakai huruf “E” dan ESCUDO memakai huruf “G”. Bagian yang harus diamati saat melalui toe-in tester adalah roda depan. Untuk Baleno harus roda depan dan belakang.
2.                                 Side Slip Tester
Tester ini digunakan untuk mengetahui apakah kelurusan roda sudah memenuhi batas yang diijinkan atau belum. Caranya adalah kendaraan dijalankan melewati slip side tester dengan kondisi rem terbuka penuh dan roda kemudi (steering wheel) tidak dipegang. Jika alarm pada slip side tester berbunyi, maka kendaraan harus menjalani test ulang di toe-in tester. Jika tidak berbunyi maka dapat dilanjutkan untuk test berikutnya.
3.      Turning Radius Tester & Headlight Tester
Besarnya standar sudut belokan untuk masing-masing model berbeda, sehingga perlu dipakai switch seperti pada toe-tester. Kode huruf yang dipakai agak berbeda, huruf “A” untuk Carry/Futura/FPB, huruf “C” untuk Baleno, huruf “D” untuk ST-100, huruf “E” untuk Katana dan huruf “F” untuk ESCUDO.
Cara pengujiannya adalah sebagai berikut :
Setelah kendaraan masuk ke pit (alat test), segera dipilih switch sesuai dengan model yang akan ditest. Kemudian steering wheel diputar penuh ke kiri/kanan penuh. Besarnya sudut belokan ditunjukkan oleh dua buah pointer pada panel yang diletakkan di depan alat uji. Kemudian steering wheel diputar dengan arah terbalik (sampai penuh).
Untuk mengecek posisi/arah sinar headlight, maka lampu harus dihidupkan dulu. Pengaturan posisi headlight dilakukan secara manual. Jika sudah sesuai maka lampu pada Headlight Tester akan menyala pada bagian OK, tetapi jika belum sesuai lampu akan menyala pada NG. Untuk menentukan posisi headlight ini dipakai referensi lampu jauh.
4.   Drum Tester Line
Di Drum tester kendaraan akan mengalami pengecekan beberapa instrumennya, antara lain : air wiper, blade wiper, head lamp, turn signal, AC, blower AC, elektrik, lampu ruangan, kemudian kendaraan menjalani test kecepatan. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui kecepatan kendaraan untuk tiap-tiap tingkat kecepatan serta kemampuan akselerasinya sesuai dengan standard. Drum tester ini berupa drum (dapat berputar) yang dipasang di 2 tempat (depan dan belakang) yang nantinya dipakai untuk menempatkan roda depan dan belakang kendaraan. Jarak keduanya dapat diatur sesuai dengan model kendaraan yang diuji. Untuk menentukan jarak drum tadi, maka sebelum kendaraan melewati alat ini operator harus memilih switch yang sesuai dengan kendaraan yang akan dicek. Untuk drum tester ini kode huruf yang dipakai adalah sebagai berikut : “A” untuk ST-100, “B” untuk Futura/Carry/FPB, “C” untuk Katana dan “E” untuk Baleno.
Drum tester ini juga dilengkapi dengan pintu hisap gas buang (exhaust) yang berfungsi untuk menghisap gas dari muffler kendaraan sehingga tidak menimbulkan gangguan pernafasan. Penghisapan gas ini dilakukan dengan sebuah blower yang ditempatkan di bawah drum tester.
Urutan pengujian dilakukan sesuai dengan perintah yang tertera pada layar monitor, hasil dari tes ini dapat dilihat pada layar monitor.
5.   Brake Tester
Di brake tester dilakukan 2 tahap pengujian yaitu rem untuk roda depan (LH/RH) dan rem untuk roda belakang (LH/RH) yang dilakukan secara bergantian. Pada saat rem ditekan maka pointer pada panel akan menunjukkan besarnya gaya pengereman
pada saat itu. Ada 3 buah pointer pada panel, sebelah kanan untuk roda kanan, sebelah kiri untuk roda kiri dan bagian tengah untuk menunjukkan besarnya perbedaan gaya pengereman pada roda kiri dan kanan.
6.   CO-HC Exhaust Emission Analyzer
Test ini hanya untuk model Katana, Escudo dan Baleno saja. Dimaksudkan untuk mengetahui besarnya kadar CO dan HC yang terdapat pada gas buang kendaraan. Cara pengujiannya adalah dengan memasukkan ujung tester ke dalam pipa muffler (kendaraan dalam kondisi hidup) dan ditunggu beberapa saat. Hasil pengukuran kadar CO-HC dapat dilihat pada panel (digital). Sebagai acuan, dibuat standar untuk kadar CO, HC maksimum yang diizinkan. Untuk CO kadar maksimum yang diizinkan adalah 0.5 - 1.5 %. Jika hasil pengukuran menunjukkan lebih dari itu maka harus dilakukan penyetelan pada engine.
7.   Under Body Inspection
Di bagian ini dilakukan pengecekan terhadap baut-baut yang berada di bagian bawah kendaraan. Ada 2 jalur untuk under body inspection ini, jalur kiri untuk model ST-100, CARRY, FUTURA dan FPB sedangkan jalur kanan untuk model BALENO, KATANA dan ESCUDO. Khusus untuk Katana masih ditambah dengan pengecekan oli transmisi, oli transfer gear dan oli differensial. Sedangkan untuk Escudo dan Baleno hanya ditambah pengecekan oli transmisi saja.
8.   Appearance Inspection
Di bagian ini dilakukan cek terhadap penampilan kendaraan baik dari luar maupun dari dalam, a.l. pemeriksaan terhadap kemungkinan terjadinya penyok pada body, cat yang tidak kuat atau sudah mengelupas dll. Test ini memakan waktu yang relatif cukup lama karena memerlukan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi dalam pengamatan. Di samping itu juga karena cacat yang ada hampir tidak nampak.
9.   Shower Test
Test terakhir bagi kendaraan adalah di bagian shower test. Test ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran ruang/kabin kendaraan terhadap semburan air dari luar.
Cara pengujiannya sebagai berikut :
Kendaraan dimasukkan ke dalam shower test. Ruangan di dalam shower test ini dilengkapi dengan nossel-nossel yang dapat menyemburkan air. Sirkulasi air dilakukan menggunakan dua buah pompa yang bekarja secara paralel. Test
dilakukan selama 3 menit atau lebih. Switch untuk menghidupkan pompa nossel ini dihubungkan dengan sensor yang ditempatkan di dekat pintu masuk shower test, sehingga begitu ada kendaraan masuk otomatis air akan langsung keluar melalui nossel. Dan setelah tiga menit lebih semburan air akan berhenti dengan sendirinya. Semburan air tidak hanya dari atas saja tetapi juga dari depan, belakang, samping dan bawah. Dari test ini akan diketahui ada tidaknya kebocoran pada ruangan kendaraan. Jika ada maka bagian-bagian yang bocor akan ditandai oleh operator dan selanjutnya kendaraan akan dikirim ke bagian repair untuk diperbaiki. Baru kemudian diuji lagi ke shower test.
Berikut ini dapat dilihat alur produksi ( Proceses Squence ) mulai dari awal produksi sampai mobil siap untuk dipasarkan ke konsumen.