untuk Alumni kursus Mekanik yang sudah punya ilmu mekanik dari nuansa Motor yg ingin buka bengkel rumahan berikut daftar peralatan bengkel dan harga bisa berubah sewaktu waktu | LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KURSUS MEKANIK SEPEDA MOTOR | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertama dan Tercepat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sunday, December 14, 2014
DAFTAR PERALATAN UNTUK BUKA BENGKEL MOTOR
Fungsi Utama Ring Piston
FUNGSI UTAMA
RING PISTON
1.
sebagai katup gas.
Untuk
memelihara katup pada silinder liner sehingga mesin dapat menjaga tekanan
kompresi secara teratur dalam hentakan,dan gas pembakaran bisa menyediakan
kerja yang efektif pada piston dalam ekspansi stroke.pelumas melapisi permukaan
piston ring dan dinding silinder ketika kedua permukaan komponen tersebut
bersinggungan,dan katupnya dapat terpelihara karena sisi muka dari ring sebelah
kanan melekat erat dengan groove piston.jika ring piston tidak dipasang dengan
sebagai mana mestinya,oli didalam bak mesin akan berkurang.
2.
sebagai control oli:
fungsi ini
untuk membentuk lapisan yang pas antara permukaan ring piston dan dinding
silinder sehingga gesekan yang terjadi
antara ring piston pada dinding silinder lembut.
3.
sebagai konduksi panas:
fungsi lain
dari ring piston adalah mengeluarkan panas yang berasal dari gesekan piston
dengan dinding silinder,panas tersebut diradiasikan keluar baik melalui dinding
silinder maupun air pendingin atau kisi-kisi.
4.
sebagai bearing :
karena piston
mempunyai gerakan timbale balik yang diakibatkan oleh energi ledakan pembakaran
gas bahan bakar,dan poros mesin mengubah
energi itu menjadi gerkan rotasi,piston telah memaksa komponen untuk bergerak
dengan gaya dorong dari arah samping.
Jenis jenis sistem Katub
JENIS-JENIS
SISTEM KATUP
1.
SOHC(single over head chamshaft) adalh jenis system
katup yang menggunakan 1 buah nocken as yang terpasang di kepala silinder dan
kedua katupnya juga terpasang di kepala silinder,seperti sepeda motor GL
pro,TIGER,Supra,Jupiter,Shogun,smash,dll
2.
DOHC(Double Over Head Chamshaft) adalah system katup
yang menggunakan 2 buah nocken as yang terpasang di kepala silinder dan katupnya jga dipasang di kepala silinder
seperti sepeda motor satria fu, cbr
3.
OHV(Oveer Head Valve) adalah system katup dimana 2 buah
klep berada di kepala silinder,tetapi nocken asnya di bagian crankcase,seperti
sepeda motor CG,Happy,dll.
4.
SV(Said Valve)adalh system katup dimana poros nocken as
dan katupnya tidak berada di kepala silinder,melainkan di samping kepala
silinder,seperti mesin robin dll. K
Keuntungan
dari system OHC(DOHC dan SOHC) bila dibandingkan dengan OHV adalah konstruksi
katup dan kelengkapannya lebih sederhana,karena katup langsung berhubungan
dengan nocken as yang di hubungkan melalui piano klep,pembukaan katup lebih
stabil dan kesalahn timing kecil sekali. Poros nock berputar dengan mengambil
putaran poros engkol,yang dihubungkan dengan rantai penghubung(chaint
belt)tetapi kelemahan menggunakan chaint belt adalah,apabila rantai kendur
mengakibatkan kesalahan timing,oleh karena itu,pabrik mengatasinya dengan vibration
damper dan tensioner.
Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita gabung dan mengikuti PELATIHAN
MEKANIK
Di Pusat Pelatihan Mekanik
KURSUS MEKANIK
NUANSA MOTOR ENGINEERING SCHOOL
MUARA BUNGO – JAMBI
Telp. 0747 321715 – Hp. 0852 6601 0191
Untuk modifikasi
/ korek mesin balap dapat langsung ke
BENGKEL
NUANSA MOTOR
MUARA BUNGO –
JAMBI
HP. 085266010191